fbpx
Trentech.id

Cara Membuat Link Whatsapp Secara Otomatis Tercepat

Cara Membuat Link Whatsapp Secara Otomatis Tercepat

Whatsapp merupakan aplikasi chat paling populer. Berikut cara membuat link Whatsapp yang akan mempermudah aktifitas bisnis anda. Buat anda yang sedang cari tutorial optimasi fitur situs toko online, mungkin ini bisa kamu coba, yaitu Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung. Jadi, maksudnya adalah saat ada calon customer yang ingin menghubungi admin melalui whatsapp maka customer tinggal klik tombol atau link, kemudian otomatis masuk ke chat whatsapp tanpa perlu menambahkan contact terlebih dahulu.

tampilan link whatsapp dan tombol whtasapp
gambar: kirim.email

Untuk membuat link WhatsApp menuju chat langsung ini sangat mudah. Sebenarnya di website resmi WhatsApp sendiripun sudah ada tutorialnya. Namun bila Anda sudah sampai pada halaman ini, Anda bisa mempraktekkan apa yang kami tulis berikut ini. Karena ada beberapa pengembangan yang di website resmi WhatsApp tidak ada. Tentunya ini akan ada manfaatnya untuk Anda.

Langsung saja, berikut ini cara membuat link WhatsApp menuju chat langsung untuk Anda.

Rumus dasar Link WhatsApp

https://api.whatsapp.com/send?phone=

contoh https://api.whatsapp.com/send?phone=6281933357030

Yang perlu Anda perhatikan disini adalah harus menggunakan kode internasional. Untuk Indonesia Anda bisa menggunakan kode 62 untuk menggantikan nomor 0 di awal nomor telepon HP Anda. Selain itu jangan menggunakan spasi atau tanda strip/ dash (-) untuk memisahkan nomor HP Anda.

Menambahkan Isi Pesan Whatsapp

Anda bisa juga menambahkan text pada rumus dasar di atas. Sehingga orang yang klik link tersebut pada aplikasi WhatsApp nya sudah secara otomatis ada tulisan. Ini cocok digunakan apabila dalam toko online Anda masih menggunakan format-format untuk order.

Untuk menambahkan teks secara otomatis Anda tingga tambahkan rumus berikut ini :

https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorTeleponWhatsapp&text=TeksBerkodeUrl

contoh https://api.whatsapp.com/send?phone=6281933357030&text=Saya%20tertarik%20untuk%20berlangganan%20KIRIM.EMAIL

Yang perlu Anda perhatikan adalah tanda %20. Tanda tersebut menggantikan spasi. Karena dalam struktur url spasi tidak boleh digunakan. Anda bisa menggunakan format lain seperti ganti baris atau enter dengan %0A.

Setelah Anda memahami rumus di atas, Anda bisa langsung menempatkannya di blog, email, Facebook atau dimanapun yang Anda inginkan. Kalau itu terlalu panjang, Anda bisa mempersingkat dengan bantuan aplikasi short url seperti bit.ly atau goo.gl.

Cara Membuat Link WhatsApp Paling Cepat

Untuk orang awam mungkin langkah di atas cukup sulit, tapi tenang saja ada cara yang paling cepat. Silahkan kunjungi WaLink dan anda hanya perlu memasukan nomor dan isi pesan saja, dan klik generate maka link whatsapp akan jadi saat itu juga.

WALINK GENERATOR

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment