fbpx
Trentech.id

Beberapa Cara Melakukan Branding Untuk Produk Anda

Beberapa Cara Melakukan Branding Untuk Produk Anda

Brand merupakan salah satu unsur terpenting dari sebuah produk. Sebuah brand dapat menunjukkan nilai bisnis dari sebuah perusahaan. Branding yang baik dapat mengangkat sebuah perusahaan ke tempat yang tinggi. Maka dari itu para digital agency Indonesia juga banyak yang mulai menawarkan jasa branding. Dengan pengalaman yang cukup dan langkah yang tepat, produk yang Anda miliki akan lebih dikenal di masyarakat. Dan tidak menutup kemungkinan akan bersaing dengan produk-produk lain yang sudah ada.

Untuk melihat seperti apa pentingnya melakukan branding dan efeknya pada produk Anda, mari kita tengok beberapa brand raksasa yang sudah mendunia seperti Coca-Cola, Adidas, dan KFC. Bahkan sebuah brand juga dapat menentukan kelas produk Anda. Misalnya Mercedes-Benz dan BMW yang jika kita mendengar kedua merk itu, hal yang pertama terlintas di kepala kita adalah harganya yang menjunjung tinggi sampai ke langit. Tergantung dari kemana kita mau menempatkan produk kita nanti kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan branding yang baik. 

Berfokus pada Anda Sasaran 

Kekuatan merek Anda bergantung pada kemampuan Anda untuk fokus. Itulah sebabnya mendefinisikan target pasar Anda akan membantu untuk meningkatkan efektivitas merek produk Anda. Pelajari cara untuk menentukan target pasar Anda dalam minggu-minggu ini dari buku-buku bisnis untuk memulai langkah utama dalam melakukan branding yang baik.

Kelola dan Pantau Reputasi Online Anda

Ada beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk melindungi merek Anda dan juga ada beberapa alat yang dapat membantu memonitoring. Jadi, tidak terlalu sulit untuk terus mengawasi perkembangan brand Anda dari ranah media sosial, karena dewasa ini media sosial sudah jadi alat branding yang sangat kuat, tapi juga dapat menjadi boomerang bila tak dikelola dengan baik. 

Buatlah Transisi Halus 

Membuat perubahan transisi dengan merek Anda bisa menjadi usaha yang sukses, namun dibutuhkan perencanaan yang matang, mendidik, penjelasan. Pelajari apa yang diperlukan untuk membuat proses lancar dan sukses. 

Meningkatkan Ekuitas Brand 

Ekuitas  brand / merek tergantung  kepada bagaimana Anda membangun brand Anda. Nilai ekuitas juga cenderung berubah-ubah sesuai dengan apa yang telah Anda upayakan. Ekuitas tidak sekonyong-konyong ada, karena ada cara untuk meningkatkannya. Caranya dengan memilih nama atau logo identitas merek yang baik. Yang paling penting adalah komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten agar dapat mempertahankan ekuitas brand Anda. 

Kontinuitas 

Kontinuitas dalam pemasaran sangat penting. Ini adalah strategi dan proses mengkoordinasikan semua elemen dari pesan pemasaran untuk mencapai yang konsisten, mudah diingat, keseluruhan tampilan dan nuansa untuk sebuah perusahaan, layanan, atau produk. Pelajari cara membuat kontinuitas dalam pesan pemasaran Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda.

  Branding dan Marketing Mana Yang Lebih Penting?
Angga Permana

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.