Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan

13 May 2019
in News
Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan
1.4k
VIEWS
5/5 - (2 votes)

Dalam sebuah survei yang diumumkan UC Browser pada tahun 2016 lalu, traffic e-commerce selama bulan Ramadan mengalami peningkatan sebesar 53 persen dibanding di hari-hari normal. Lonjakan traffic ini terjadi pada situs e-commerce yang bermain di ranah business-to-consumer (B2C).

Survei tersebut juga sejalan dengan hasil penelitian mengenai perilaku netizen di Indonesia ketika memasuki bulan Ramadan yang diumumkan oleh Google. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa tema yang berhubungan dengan aktivitas belanja ternyata lebih banyak dicari selama Ramadan.

Baca lagi

Bukalapak Akuisisi Startup 5 Startup Lokal Senilai US$ 1 Miliar

Tokopedia Launching Layanan Umroh Melengkapi Tokopedia Salam

Google : Netizen Indonesia Tak Hanya Cari Diskon Selama Ramadan

Menariknya, demi memaksimalkan potensi tersebut, para pelaku e-commerce tanah air mulai berkreasi dari cara konvensional yang biasa dilakukan selama ini, yakni mengadakan diskon besar untuk menarik perhatian pembeli selama Ramadan. Lantas, hal baru apa yang mereka lakukan dalam rangka menyambut lonjakan kunjungan pada Ramadan tahun 2017?


Program mudik gratis

kompetisi #MudikBersamaJDID
Mudik merupakan ritual yang selalu identik dengan hari raya Idulfitri di Indonesia. Ritual tersebutlah yang disasar oleh e-commerce JD.ID untuk menarik minat netizen selama Ramadan nanti lewat program #MudikBersamaJDID.

Menurut Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Teddy Arifianto, program tersebut merupakan bagian kampanye untuk bulan Ramadan. Salah satu tujuannya memang untuk mendapatkan pengguna baru.

“Sebagai salah satu pemain e-commerce, kita yang pertama mengadakan mudik gratis. Tahun lalu lebih pada promo diskon produk menyambut Hari Raya Lebaran. Di sini ada pengalaman yang kita cari, pengalaman orang mudik sampai pengalaman berbelanja. Kalau pengalaman bagus, ya user acquisition. Mereka akan repeat purchase, jadi top of mind,” ujar Teddy kepada Tech in Asia Indonesia.


Hadiah langsung

Berbeda dengan JD.ID yang menyediakan program mudik gratis, Blibli sebagai salah satu e-commerce besar di tanah air menjalin kerja sama dalam menyediakan promosi yang memanjakan pengguna. Hal itulah yang mereka lakukan dengan Unilever, setelah kedua belah pihak pada Mei 2017 mengumumkan kerja sama strategis.

Pada Ramadan tahun ini, Blibli dan Unilever mengadakan program Unilever 1001 Inspirasi Ramadan hingga tanggal 2 Juli 2017. Iming-iming hadiah langsung menjadi senjata e-commerce milik PT Global Digital Niaga ini bagi pengguna yang membeli produk Unilever melalui platform mereka.


Buka studio foto

Momen Ramadan bukan hanya memanjakan para konsumen, tapi juga para pedagang yang berkesempatan meraup lonjakan penghasilan. Pendekatan kepada para pedaganglah yang menjadi program Alfacart untuk memeriahkan Ramadan pada tahun 2017.

Alfacart memilih membuka studio foto bagi pedagang di Tanah Abang demi menggaet pengguna baru pada Ramadan tahun ini. Mereka mengajak pedagang memperbesar pasarnya dengan berjualan secara online.


Hadiah uang belanja

Program BERBUKA dapat Amplop Bukalapak | Screenshot

Mirip dengan amplop berisi uang yang biasa dibagikan ke anak-anak kecil saat Lebaran, Bukalapak mengadakan program bagi-bagi uang belanja menjelang Ramadan 2017. Mereka mengusung kampanye BERBUKA dapat Amplop, dengan kata BERBUKA merupakan singkatan dari “Berbelanja di Bukalapak”.

Pihak Bukalapak menyatakan program ini berbeda dari cashback, karena uang belanja yang didapatkan pengguna akan masuk ke akun Bukadompet dan hanya bisa dibelanjakan kembali di platform Bukalapak. [tia/ap]

Tags: bukalapakdiskondiskon ramadhanjd.idramadhantokopediatren muslimtrenmuslim
Previous Post

Google : Netizen Indonesia Tak Hanya Cari Diskon Selama Ramadan

Next Post

Whatsapp Dihack, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Melindunginya

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

bukalapak akuisisi startup

Bukalapak Akuisisi Startup 5 Startup Lokal Senilai US$ 1 Miliar

25 March 2022
1.5k

Manajemen PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menyatakan entitas usahanya mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) bidang pendidikan berbasis daring (online), PT Belajar Tumbuh...

Tokopedia Salam

Tokopedia Launching Layanan Umroh Melengkapi Tokopedia Salam

28 November 2019
1.4k

Terus melengkapi ekosistem Tokopedia Salam, perusahaan teknologi tersebut kembali luncurkan Tokopedia Umroh. Hingga saat ini sudah 20 biro perjalanan umroh...

Google : Netizen Indonesia Tak Hanya Cari Diskon Selama Ramadan

Google : Netizen Indonesia Tak Hanya Cari Diskon Selama Ramadan

13 May 2019
1.4k

Google belum lama ini kembali melakukan penelitian mengenai perilaku konsumen di Indonesia ketika memasuki bulan Ramadan. Salah satu temuan yang...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1008 shares
    Share 403 Tweet 252
  • Indeed PHK 2.200 Karyawan

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Inilah 5 Hacker Indonesia Level Dewa yang Diakui dan Ditakuti Dunia

    162 shares
    Share 65 Tweet 41
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    224 shares
    Share 90 Tweet 56
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    170 shares
    Share 68 Tweet 43
  • Setelah Netflix, Kini Giliran Disney PHK Ribuan Karyawan

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    353 shares
    Share 141 Tweet 88
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • 8 Games yang Sangat Bagus Tapi Tak Laku, Apa Penyebabnya?

    125 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Ini Dia Cara Membuat Template WordPress Dengan Bootstrap Mudah

    133 shares
    Share 53 Tweet 33

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz