fbpx
Trentech.id

Yuk Pelajari Keuntungan dan Cara Gadai Kripto

Cara Gadai Kripto

Tahukah Anda bahwa saat ini kita sudah bisa menggadaikan aset kita tanpa pihak ketiga? Atau mungkin Anda juga baru mengetahui bahwa kita juga sudah bisa menggadaikan/mengagunkan mata uang kripto kita? Lalu, kalau memang sudah ada platform teknologi yang menyediakan hal seperti itu, apa keuntungannya untuk menggadaikan kripto dibanding dengan menggadaikan di pihak ketiga yang sifatnya konvensional?

Saat ini sebenarnya memang sudah ada beberapa platform teknologi untuk menggadaikan kripto secara otomatis tanpa pihak ketiga, hal ini memungkinkan karena teknologi kontrak pintar dari blockchain. Platform untuk menggadaikan kripto pertama kali diperkenalkan oleh MakerDAO yang menggunakan blockchain Ethereum. Kemudian sejak itu, MakerDAO menjadi DeFi (Decentralized Finance) paling banyak digunakan di seluruh komunitas pengguna blockchain dan mata uang kripto sampai saat ini.

Namun, saat ini sudah ada lho platform penggadaian kripto yang menggunakan blockchain Vexanium (protokol yang diluncurkan tim dari Indonesia). Platform yang dinamakan VYNDAO itu baru saja meluncurkan versi beta-nya di tanggal 29 Oktober 2020 yang lalu. Salah satu yang menjadi kelebihan dari VYNDAO dibanding MakerDAO adalah biaya likuidasinya yang sangat murah dan tidak memungut fee karena menggunakan teknologi blockchain Vexanium yang terkenal dengan konsensus DPoS-nya (Delegated Proof of Stake).

Nah setelah mengetahui bahwa sudah ada teknologi seperti MakerDAO dan VYNDAO, mari kita bahas mengenai keuntungan dari menggadaikan crypto kita.

Menghasilkan Stablecoin

Keuntungan yang pertama adalah ketika kita menggadaikan crypto kita maka kita akan mendapatkan koin stabil (stablecoin). Dengan memiliki koin stabil maka akan mempermudah banyak hal yang ingin kita lakukan sebagai pengguna blockchain dan cryptocurrency karena tingkat volatilitasnya yang aman dibandingkan dengan mata uang kripto biasa.

Meminimalisir Risiko Nilai Aset Turun

Dengan menggadaikan mata uang kripto kita, maka kita akan meminimalisir risiko nilai aset turun, karena kita sudah memegang koin stabil bukan mata uang kripto dengan tingkat volatilitas tinggi.

Menjaga Nilai Aset ketika Naik

Jika nilai aset meningkat maka kita hanya perlu menebus apa yang sudah kita gadai atau jaminkan dengan mengembalikan sejumlah nilai koin stabil di awal gadai ditambah fee gadai (jika ada).

Ini adalah 3 manfaat utama dari menggadaikan kripto kita, tapi tentunya masih ada lagi manfaat-manfaat lainnya dari melakukan penggadaian di platform tanpa pihak ketiga seperti MakerDAO dan VYNDAO. Apalagi saat ini dengan masih masa promosi peluncuran beta, jumlah USDV (koin stabil di VYNDAO) yang diciptakan adalah sesuai dengan jumlah koin VEX (koin Vexanium) yang digadaikan 130 persen. Sebagai contoh, jika kita menggadaikan di nilai 0.003 maka akan mendapatkan VEX dinilai dengan 0.0021.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba untuk mendapatkan koin stabil dengan menggadaikan mata uang kripto Anda?

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments