Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Riset: Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

18 November 2017
in Business
Mengenal Marketplace Sebelum Menjalankan Toko Online
1.4k
VIEWS
Berikan rating

11 November atau 11.11 diperingati sebagai hari “Jomblo” atau Singles Day. Tanggal ini juga dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari toko online yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa hari lalu kita melihat banyak toko online yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11 ini. Beberapa diantaranya, Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Baca lagi

Ngincer Diskon Harbolnas dari E-commerce? Ketahui Strateginya Dulu!

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Riset ini dilakukan untuk melihat bagaimana popularitas toko online pada momentum 11.11 tahun 2017 ini.

Dalam riset ini, iPrice membandingkan beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Untuk mengukur popularitas toko online ini, iPrice menggunakan data-data yang tersedia di Google Trends.

iPrice membandingkan popularitas toko online berdasarkan waktu dan juga wilayah. Berikut adalah temuan riset ini:

1. Lazada, Shopee, dan Bukalapak Menjadi Toko Online Paling Populer di Wilayah Indonesia

Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga toko online yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia.

Pada peringkat pertama ada Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak

Lazada

Lazada mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia.

Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline, sampai iklan online. Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini.

Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Shopee

Shopee mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan “diskon up to 90%” untuk berbagai macam produk.

Bukalapak

Bukalapak juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Nego Sampai Jodoh”

2. Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

Jika kita melihat data popularitas berdasarakan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang bisa kita dapatkan:

  • Popularitas Toko Online Lazada Meningkat Tajam Setiap Jam 1

Dari gambar yang ada, kita bisa melihat kenaikian yang cukup signifikan dari toko online Lazada pada jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya terjadi pada jam 1 siang.

Hal ini dapat terjadi karena banyaknya “flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.

  • Popularitas Tokopedia Tetap Tinggi Tanpa Promo 11.11

Dalam pengamatan kami, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.

  • Bukalapak dan Shopee Bersaing Sengit

Popularitas Bukalapak dan Shopee saling “menyalip”. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.

  • Popularitas Toko Online Menurun Setelah 11.11

Berdasarkan data yang kami kumpulkan, popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.

Berikut adalah rangkuman mengenai popularitas toko online sebelum dan sesudah Singes Day.

Sumber tulisan dan Data Lengkap: Insights iPrice

Tags: e-commerceSingles Day
Previous Post

Universitas Indonesia Luncurkan Program Startup Binaan

Next Post

Perjuangan Aplikasi Startup Lokal Melawan Aplikasi Buatan Luar di Indonesia

Andrew Prasetya

Andrew Prasetya

Senior Content Marketer from iPrice Group

Related Posts

Ngincer Diskon Harbolnas dari E-commerce? Ketahui Strateginya Dulu!

12 December 2019
1.7k

Segala kegiatan yang dilakukan manusia harus dengan strategi, termasuk saat belanja online. Ibarat ujian nasional, Anda pun perlu strategi saat...

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

3 August 2018
1.4k

Pada tanggal 2 Agustus 2018, e-commerce JD.ID mengumumkan bahwa mereka telah menghadirkan teknologi toko yang beroperasi tanpa kasir di Indonesia. Toko tersebut bernama...

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

11 January 2018
1.4k

Banjir, gempa bumi dan bencana alam lainnya bisa datang kapan saja. Bagi orang-orang yang tinggal di negara Barat, sudah merupakan...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1135 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    120 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    401 shares
    Share 160 Tweet 100
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    146 shares
    Share 58 Tweet 37
  • Ini Dia Mata Kuliah Matematika yang Bermanfaat untuk Lulusan Ilmu Komputer

    146 shares
    Share 58 Tweet 37
  • Belajar dari Pitch Deck GoJek Sebelum Menjadi Unicorn

    121 shares
    Share 48 Tweet 30

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In