Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

Riset: Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

18 November 2017
in Business
Mengenal Marketplace Sebelum Menjalankan Toko Online
1.4k
VIEWS
Berikan rating

11 November atau 11.11 diperingati sebagai hari “Jomblo” atau Singles Day. Tanggal ini juga dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari toko online yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa hari lalu kita melihat banyak toko online yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11 ini. Beberapa diantaranya, Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Riset ini dilakukan untuk melihat bagaimana popularitas toko online pada momentum 11.11 tahun 2017 ini.

Dalam riset ini, iPrice membandingkan beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Untuk mengukur popularitas toko online ini, iPrice menggunakan data-data yang tersedia di Google Trends.

iPrice membandingkan popularitas toko online berdasarkan waktu dan juga wilayah. Berikut adalah temuan riset ini:

1. Lazada, Shopee, dan Bukalapak Menjadi Toko Online Paling Populer di Wilayah Indonesia

Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga toko online yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia.

Pada peringkat pertama ada Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak

Lazada

Lazada mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia.

Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline, sampai iklan online. Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini.

Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Shopee

Shopee mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan “diskon up to 90%” untuk berbagai macam produk.

Bukalapak

Bukalapak juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Nego Sampai Jodoh”

2. Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

Jika kita melihat data popularitas berdasarakan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang bisa kita dapatkan:

  • Popularitas Toko Online Lazada Meningkat Tajam Setiap Jam 1

Dari gambar yang ada, kita bisa melihat kenaikian yang cukup signifikan dari toko online Lazada pada jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya terjadi pada jam 1 siang.

Hal ini dapat terjadi karena banyaknya “flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.

  • Popularitas Tokopedia Tetap Tinggi Tanpa Promo 11.11

Dalam pengamatan kami, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.

  • Bukalapak dan Shopee Bersaing Sengit

Popularitas Bukalapak dan Shopee saling “menyalip”. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.

  • Popularitas Toko Online Menurun Setelah 11.11

Berdasarkan data yang kami kumpulkan, popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.

Berikut adalah rangkuman mengenai popularitas toko online sebelum dan sesudah Singes Day.

Sumber tulisan dan Data Lengkap: Insights iPrice

Tags: e-commerceSingles Day
Previous Post

Universitas Indonesia Luncurkan Program Startup Binaan

Next Post

Perjuangan Aplikasi Startup Lokal Melawan Aplikasi Buatan Luar di Indonesia

Andrew Prasetya

Andrew Prasetya

Senior Content Marketer from iPrice Group

Related Posts

Ngincer Diskon Harbolnas dari E-commerce? Ketahui Strateginya Dulu!

12 December 2019
1.6k

Segala kegiatan yang dilakukan manusia harus dengan strategi, termasuk saat belanja online. Ibarat ujian nasional, Anda pun perlu strategi saat...

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

3 August 2018
1.4k

Pada tanggal 2 Agustus 2018, e-commerce JD.ID mengumumkan bahwa mereka telah menghadirkan teknologi toko yang beroperasi tanpa kasir di Indonesia. Toko tersebut bernama...

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

11 January 2018
1.4k

Banjir, gempa bumi dan bencana alam lainnya bisa datang kapan saja. Bagi orang-orang yang tinggal di negara Barat, sudah merupakan...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    902 shares
    Share 360 Tweet 225
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    324 shares
    Share 130 Tweet 81
  • 5 Pertanyaan Seputar Startup yang Wajib Anda Jawab Sebelum Membangun Startup

    135 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Kamu Bisa Membuat 6 Hal Ini Dengan Javascript

    132 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Inilah 5 Hacker Indonesia Level Dewa yang Diakui dan Ditakuti Dunia

    155 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Kamu Wajib Tahu! 8 Website untuk Mencari Referensi Jurnal Indonesia dan Internasional

    116 shares
    Share 46 Tweet 29
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    227 shares
    Share 91 Tweet 57
  • Ini Dia Cara Membuat Template WordPress Dengan Bootstrap Mudah

    129 shares
    Share 52 Tweet 32
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    165 shares
    Share 66 Tweet 41
  • Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya

    123 shares
    Share 49 Tweet 31

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.