Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Ini Dia Peranan Analytics dalam Sebuah Bisnis

12 February 2018
in Business

Setelah beberapa kali membaca artikel kami tentang analytics, mungkin beberapa di antara kamu ada yang bergumam, “Sebenarnya, buat apa sih analytics itu?”

Salah satu terobosan besar yang terjadi di dunia bisnis saat ini mungkin adalah penggunaan analytics. Pemanfaatan data kini sangatlah vital. Seorang product guy haruslah benar-benar familier dalam penggunaan data untuk membuat sebuah produk yang dapat diterima oleh penggunanya.

Penggunaan analytics sebagai sebuah tool untuk mengolah data adalah sebuah kemampuan wajib.

Selain itu, perkembangan pasar yang pesat berkat globalisasi serta jumlah perangkat yang terhubung menjadikan kita mudah untuk mengumpulkan data. Tool untuk mengumpulkan data juga telah semakin beragam serta berkembang secara pesat.

Karenanya, penggunaan analytics sebagai sebuah tool untuk mengolah data adalah sebuah kemampuan wajib untuk dimiliki oleh semua pihak yang terlibat dalam pembuatan sebuah produk.

Dalam artikel ini, saya ingin menyorot beberapa kegunaan analytics dalam perusahaan. Dengan pemahaman data yang baik, diharapkan akan tercipta sebuah produk yang tepat guna serta diterima baik oleh pengguna.


Daftar Isi

  • Memahami perilaku pengguna dan konsumen
  • Mengukur perkembangan produk
  • Membuktikan ide produk benar-benar bekerja
  • Mendukung pengambilan keputusan

Memahami perilaku pengguna dan konsumen

Analytics | Perilaku Pengguna

Sumber: Pexels

Kebanyakan orang biasanya langsung mengira bahwa analytics adalah web analytics—seperti yang kita temukan pada Google Analytics. Anggapan ini ada benarnya, tetapi analytics tidak hanya sebatas itu.

Pada dasarnya, analytics digunakan untuk memahami perilaku pengguna dan konsumen ketika sedang memakai produk. Dengan analytics, kita jadi mengetahui fitur mana yang paling banyak diminati atau tidak diacuhkan oleh pengguna. Selain itu, analytics juga akan membantu kita untuk membuat sebuah fitur yang yang tepat guna.

Upaya analytics telah digunakan selama lebih dari tiga puluh tahun untuk mengambil berbagai keputusan, menyusun strategi bisnis, membuat produk, dan berbagai kegunaan lainnya. Dengan memahami apa yang dilakukan oleh pengguna berdasarkan data, pembuat produk akan mengerti tentang apa yang sebenarnya diinginkan dan dibenci oleh para pengguna dan konsumennya.

Sebelum kamu benar-benar menggelontorkan sebuah fitur ke dalam produk, lihatlah terlebih dahulu data perilaku dari pengguna. Apakah mereka benar-benar menyukai fitur tersebut atau tidak. Jika tidak, mungkin saja kamu akan membuang sumber dayamu untuk hal yang nihil.

Mengukur perkembangan produk

Analytics | Perkembangan Produk

Sumber: Pexels

Di Tech in Asia, tim produk kami melakukan analytics menggunakan data yang berasal dari pengguna untuk membuat berbagai fitur yang ada di dalam produk-produk kami. Dengan proses pengumpulan data seperti HXC dan riset lainnya, kami berusaha untuk mengetahui lebih banyak tentang apa saja yang diharapkan oleh seorang pengguna dari produk yang kami buat.

Dari data yang diperoleh, kami beberapa kali membuang fitur yang tidak digunakan atau tidak diinginkan pengguna. Tidak sedikit juga fitur yang kami tambahkan untuk menjawab kebutuhan pengguna.

Jika tidak dibutuhkan, buang. Jika dirasa perlu, adopsi.

Ketimbang mengira-ngira fitur terbaik dari roadmap kompetitor, kami lebih memilih data dari pengguna untuk membuat fitur. Berdasarkan data tersebut, kami akan membuat berbagai fitur dan mengukur efektivitasnya kembali lewat feedback dari pengguna kami.

Dengan bantuan data, kami akan dengan mudah memantau perkembangan sebuah produk. Apakah sebuah fitur benar-benar dibutuhkan atau tidak. Jika tidak dibutuhkan, buang. Jika dirasa perlu, adopsi. Dengan ini produk akan terus berkembang tanpa adanya spekulasi yang tidak perlu.

Membuktikan ide produk benar-benar bekerja

Analytics | Pembuktian Ide

Sumber: Pexels

Agar sebuah fitur, workflow, atau desain baru dapat terbukti bekerja, kamu dapat menjalankan tes seperti A/B testing untuk melihat hasil serta membandingkannya. Dengan hasil data dari pengujian, kamu mampu untuk membuktikan bahwa ide yang diutarakan benar-benar bekerja.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan meminta pengguna secara sukarela menjalankan dua alternatif atau lebih dari pilhan ide yang ada. Data perilaku pengguna kemudian direkam untuk kemudian dijadikan acuan memutuskan alternatif mana yang terbaik untuk dikembangkan.

A/B testing tidak perlu dilakukan untuk semua ide yang kamu miliki. Tetapi apabila dibutuhkan sebuah pengambilan keputusan terhadap hal yang melibatkan risiko tinggi dan/atau biaya operasional besar—atau membutuhkan perubahan dari perilaku pengguna—metode ini dapat menjadi sebuah solusi yang cukup efektif.

Bahkan ketika volume traffic membuat upaya pengumpulan hasil statistik menjadi sulit atau menghabiskan terlalu banyak waktu, kamu dapat tetap mengumpulkan data riil dari prototipe langsung (live-data prototype) guna mendapatkan informasi dalam pengambilan keputusan.

Mendukung pengambilan keputusan

Analytics | Pengambilan Keputusan

Sumber: Pexels

Di dalam sebuah organisasi, biasanya pengambilan keputusan didasarkan atas opini dari anggotanya. Semakin besar sebuah organisasi, semakin banyak pula opini yang akan timbul sebelum akhirnya diambil sebuah keputusan. Karenanya, dibutuhkan sebuah data pendukung yang dapat digunakan untuk memperkuat sebuah opini.

Data memang bukanlah segalanya, akan tetapi kita tidak dapat menutup mata bahwa data dapat membantu kita untuk mengambil keputusan. Dengan dukungan data, sebuah opini tidak hanya menjadi asumsi kosong yang—mungkin saja—tidak dapat menghadirkan sebuah keputusan tepat bagi organisasi.

Hal sama juga berlaku dalam pengembangan produk. Apabila menurut seseorang sebuah fitur dapat tepat guna, belum tentu menurut data di atas kertas.

Di Tech in Asia sendiri, kami menggunakan data untuk memutuskan berbagai hal, seperti arah editorial, penentuan fitur pada produk, cara penyajian artikel, serta banyak hal lainnya. Dan dalam pelaksanaannya, ternyata data yang kami kumpulkan ini berhasil membuat kami mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pengguna atas suatu produk dibuat.


Di dalam iklim bisnis seperti sekarang ini, kita tidak bisa menerka apa saja yang akan terjadi. Karenanya dengan memanfaatkan analytics, diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengambil setiap keputusan secara tepat dan efektif berdasarkan data yang terkumpul.

Apakah kamu memiliki cerita menarik seputar penerapan analytics di perusahaan? Atau ingin berbagi kisah sukses ketika berhasil mengambil keputusan berdasarkan data? Bagikan kepada kami di kolom komentar! [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: analyticsbisnisperanan analyticssebuah bisnis
1.4k
VIEWS
Previous Post

Cari SDM untuk Startup Ternyata Lebih Sulit Ketimbang Investor

Next Post

Ketahuilah! Google Terapkan Page Speed Sebagai Faktor Hasil Pencarian Mobile

Related Posts

octa brocker

Mendiversifikasi Risiko Kripto Melalui CFD: Perluas Cakrawala Finansial bersama Octa Broker

6 March 2025
1.4k

Pasar mata uang kripto dikenal akan volatilitasnya. Untuk melawan fluktuasi harga, trader perlu menggunakan tools manajemen risiko yang ketat. Opsi...

pengusaha 2025

Tips Sukses Startup: Tools Penting Pengusaha Masa Kini di Tahun 2025

8 January 2025
1.4k

Menjadi wirausahawan di abad ke-21 ini sangat berbeda dengan wirausaha di masa lalu. Jika kita melihat lebih dari satu dekade...

riset pasar untuk startup

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

27 December 2024
1.5k

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan...

Terpopuler

  • cara jualan laris konten website

    Gunakan Cara Ini! Agar Konten Website Anda Menciptakan Penjualan Luar Biasa

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • WhatsApp Kembangkan Fitur Matikan Last Seen untuk Kontak Tertentu

    119 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Ini Dia Peluang Chatbot Sebagai Produk AI di Masa Depan Menurut Founder Kata.ai

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • Sertifikasi PCI DSS BingX Jadi Tolak Ukur Baru Keamanan Data Web3

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Riset Ungkap Penambang Bitcoin Bakal Melonjak pada 2025

    111 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Investor Chainlink Targetkan ROI 10.000% di 2025

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    612 shares
    Share 245 Tweet 153
  • Cara Daftar IMEI Resmi di Indonesia dengan Mudah

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Bukalapak Akuisisi Startup 5 Startup Lokal Senilai US$ 1 Miliar

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    1098 shares
    Share 439 Tweet 275

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News