fbpx
Trentech.id

Ketahuilah! Google Terapkan Page Speed Sebagai Faktor Hasil Pencarian Mobile

Google belum lama ini mengumumkan bahwa dimulai pada bulan Juli 2018, page speed atau kecepatan muat halaman akan menjadi faktor peringkat hasil pencarian di perangkat mobile.

“Speed Update” yang diterapkan oleh Google hanya akan mempengaruhi situs-situs dengan kecepatan muat paling lama. Memiliki kecepatan muat yang lambat tidak serta merta menurunkan peringkat sebuah situs. Apabila situs tersebut masih memiliki konten yang bagus meskipun lambat, ia masih bisa berada di peringkat atas.

Sebelum diterapkan di pencarian mobilepage speed sudah menjadi faktor peringkat hasil pencarian desktop. Keputusan ini tentunya dibuat Google untuk membantu user yang berada di perangkat mobile agar mendapatkan hasil yang lebih baik dengan waktu yang lebih singkat.

Berdasarkan data statista.com, penetrasi pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2017 adalah 39.7% dari populasi. Itu artinya lebih dari 103 juta masyarakat Indonesia sudah menggunakan Internet dan 76.11 juta di antaranya menggunakan internet dari perangkat mobile. Jadi, jika ingin tetap bersaing dari hasil pencarian perangkat mobile, kita harus memperbaiki performa aplikasi web kita sejak sekarang agar tak kalah dari situs-situs lainnya. [cp/ap]

Advertisements
  Kumpulan 200 Grup, Channel, dan Bot Telegram untuk Programmer

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements