Trentech.id

Pelajari Empat Cara Tepat Mengelola Akun Media Sosial Bisnis

Media sosial sudah menjadi salah satu tools yang sangat populer untuk berpromosi, membina relasi dan memberikan informasi kepada publik. Terutama jika startup Anda baru saja diluncurkan, memanfaatkan media sosial dengan benar bisa mendorong pertumbuhan bisnis hingga akuisisi pelanggan. Artikel berikut akan mengupas empat cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membantu bisnis melalui media sosial.

Manfaatkan kalangan terdekat

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat akun media sosial startup mulai dibuat adalah dengan mengundang kalangan terdekat seperti keluarga, teman hingga rekan kerja. Mintalah kepada mereka untuk mempromosikan produk atau layanan yang startup Anda miliki. Dengan cara tersebut yaitu merekrut dari kalangan terdekat, Anda mampu untuk menciptakan buzz yang positif, terutama bagi mereka yang telah memiliki jumlah pengikut di akun media sosial.

Manfaatkan social media tools

Saat ini tidak cukup satu saja akun media sosial yang wajib dimiliki oleh brand, dari berbagai pilihan yang idealnya terapkan berbagai kegiatan pemasaran di 2-3 akun media sosial. Agar kegiatan tersebut bisa dimonitor dan dikelola dengan mudah, manfaatkan social media management tools yang saat ini beredar dan gratis, seperti Hootsuite dan lainnya.

Perkerjakan staf media sosial

Media sosial membutuhkan perhatian ekstra setiap harinya, untuk bisa memonitor semua tren hingga perubahan yang ada idealnya perkerjakan seorang staf yang bisa mengelola akun media sosial startup. Bukan hanya memonitor dan mempublikasikan informasi atau promosi seputar brand Anda, namun staf media sosial tersebut atau yang lebih dikenal dengan Social Media Manager, harus bisa membuat konten yang kreatif, menarik dan engaging di akun media sosial tersebut, demikian juga ketika adanya krisis atau masalah yang terjadi dengan brand Anda.

  Inilah 4 Bos Startup yang Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Teliti semua konten media sosial

Untuk menghindari terjadinya efek negatif atau kontroversi dari brand, idealnya teliti dan periksa terlebih dahulu konten dari media sosial yang akan dipublikasikan. Dengan demikian brand Anda bisa terhindar dari respons negatif hingga pemberitaan yang buruk. Periksa juga penulisan hingga pengejaan semua konten yang akan dipublikasikan, agar bisa diterima dengan baik oleh pengikut akun media sosial Anda. [ds/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements