Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Pelajari Artificial Intelligence, Media Sosial, dan Masa Depan Pemasaran Digital

10 October 2017
in News
Pelajari Artificial Intelligence, Media Sosial, dan Masa Depan Pemasaran Digital
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Keberadaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini memungkinkan komputer, robot, hingga software bisa berpikir layaknya manusia. Kemampuan yang ditanamkan pada AI ini berdasar pada penelitian yang dilakukan terhadap cara otak manusia bekerja, bagaimana manusia belajar, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah.

AI juga rupanya memberikan banyak keuntungan bagi media sosial. Beberapa platform besar telah menginvestasikan cukup banyak waktu dan uang untuk meneliti potensi AI.

Baca lagi

Meningkatkan Produktivitas Microsoft Integrasikan AI Copilot ke Word, Excel, & PowerPoint

Mengenal Konsep Active Learning, Masa Depan Generatif AI

Cara Memperbaiki ChatGPT is at Capacity Right Now di Windows

Linkedin mengakuisisi Bright.com pada 2014 karena teknologi machine learningmiliknya. Mereka percaya teknologi Bright.com bisa meningkatkan akurasi pemberian rekomendasi karyawan ataupun lowongan pekerjaan bagi pengguna Linkedin.

Sumber gambar: Pexels

Sumber gambar: Pexels

Perusahaan riset pasar Forrester bahkan memprediksi di tahun 2017 ini, investasi terhadap kecerdasan buatan akan meningkat sebesar 300 persen. Prediksi tersebut disebabkan oleh kemampuan AI dalam mengolah data menjadi insight yang berguna.

Hal tersebut dapat membantu para penjual yang kini marak menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran. Dengan 2,4 miliar orang di dunia yang saling berinteraksi dan berbagi konten melalui media sosial, serta kecanggihan AI yang berkembang cukup pesat, sepertinya AI dan media sosial akan memiliki masa depan yang cerah di ranah marketing.

Pertambahan insight di ranah pemasaran

Sumber gambar: Pexels

Sumber gambar: Pexels

Ada miliaran interaksi dan post yang dibagikan di media sosial setiap hari. AI mampu mengolah jumlah informasi yang sangat besar tersebut, kemudian mengambil intisarinya untuk menunjukkan perilaku para pengguna media sosial. Dengan AI, tidaklah sulit untuk memahami maksud dari tulisan kamu di sebuah post, hingga proses seseorang dalam mengambil keputusan sebelum membeli sebuah barang.

Kemampuan tersebut membantu platform media sosial untuk menyajikan konten yang benar-benar sesuai dengan ketertarikan kamu. Jadi, lini masa kamu selalu diisi oleh post atau konten yang relevan.

Sumber gambar: Pixabay

Sumber gambar: Pixabay

Konten di media sosial yang lebih sesuai dengan minat masing-masing pengguna ini memiliki banyak sisi yang bisa dieksplorasi dari segi pemasaran. Dari situ, kemudian muncul beberapa cabang baru di ranah pemasaran untuk meningkatkan pehamaman penjual terhadap pelanggan dan menentukan strategi.

Di antaranya adalah, audience clustering yang membantu penjual lebih mendalami pengelompokan target, predictive marketing yang bisa diandalkan untuk memprediksi tren ataupun pengambilan keputusan pengguna, dan brand sentiment analysis yang dapat membantu penjual memahami respons pembeli terhadap sebuah produk.

Memahami makna gambar tanpa kata

Sumber gambar: Pexels

Sumber gambar: Pexels

Media sosial adalah salah satu tempat yang paling disukai orang untuk berbagi konten, termasuk gambar atau foto. Pada tahun 2016 saja, sebanyak 3,2 miliargambar dibagikan setiap hari di media sosial.

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang cukup memperhatikan kesukaan orang berbagi foto di media sosial. Raksasa teknologi ini mengembangkan teknologi facial recognition yang dapat meningkatkan akurasi identifikasi wajah seseorang ketika kamu melakukan photo tagging.

Tak hanya sampai di situ, Facebook tengah mengarahkan pengembangan teknologi tersebut untuk tujuan bisnis. Nantinya, algoritme AI milik Facebook dapat memberikan penawaran khusus atau diskon secara real time kepada pengguna yang mengunggah foto mereka di hotel, restoran, atau pusat perbelanjaan.

Pada tahun 2015, Pinterest mengakuisisi penyedia layanan machine learning Kosei. Akuisisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan teknologi visual graph milik Pinterest agar dapat membantu brand menjangkau orang yang tepat di waktu yang tepat. Dengan begitu, penjual dapat memasarkan produk melalui gambar untuk menarik target yang lebih sesuai.

Sumber gambar: Pexels

Sumber gambar: Pexels

Saat pengguna media sosial membagikan sebuah gambar, belum tentu mereka menyertakan caption atau hashtag yang menyebutkan merek terkait. Hal ini mungkin agak menyulitkan penjual yang ingin mencari tahu reaksi konsumen terhadap suatu produk di media sosial.

Kemampuan AI dalam memproses gambar akan sangat membantu dalam kondisi tersebut. Perusahaan dapat mengotomatiskan pencarian dan identifikasi gambar yang berkaitan dengan sebuah brand tertentu.

Jadi nantinya, keyword tidak akan diperlukan lagi dalam mencari gambar. AI sudah bisa melihat di mana saja gambar logo sebuah brand atau produk tertentu dan memberikan informasi yang relevan terkait reaksi pengguna walaupun tanpa mereka menyebutkan merek.

Chatbot siap berkuasa

Sumber gambar: Pexels

Sumber gambar: Pexels

Sebuah riset menyebutkan, 85 persen aktivitas customer service akan dibantu oleh AI pada tahun 2020. Ini artinya, sebentar lagi kamu akan banyak berinteraksi dengan chatbot saat menghubungi layanan pelanggan suatu perusahaan di media sosial.

Dalam beberapa hal, mesin memiliki kelebihan dibandingkan manusia. Manusia bisa lelah dan mengantuk, sementara mesin tidak. Alih-alih membuat para pegawai customer service harus terjaga di malam hari demi melayani pengguna yang melayangkan komplain di tengah malam, AI bisa menggantikan tugas mereka dengan chatbot di media sosial.

Chatbot bisa memberikan respons otomatis yang lebih cepat meski di jam yang tidak normal. Kemampuan AI dalam membaca pola dan perilaku konsumen juga dapat membantu chatbot dalam memberikan respons yang sesuai.

It’s going to be interesting to see how society deals with artificial intelligence, but it will definitely be cool

 Colin Angle, Co-founder, iRobot

AI memang sangat membantu media sosial dalam memberikan user experience yang baik dan meningkatkan interaksi pengguna. Kombinasi AI dan media sosial juga memberikan berbagai kemudahan bagi penjual dan meningkatkan strategi pemasaran ke level selanjutnya.

Namun, kecanggihan AI ada baiknya tidak membuat kita terlalu manja dan menyerahkan semuanya pada produk-produk AI. Bagaimana pun juga, pemasaran yang terbaik adalah saat membuat orang tersentuh secara emosional melalui interaksi dengan manusia lain.

Kebijakan dan keseimbangan dalam menyambut perkembangan teknologi mutlak diperlukan. Maka, keberadaan AI sebaiknya menjadi “pembantu” manusia dalam berpikir dengan lebih efisien, alih-alih menggantikan otak manusia dengan komputer. [tia/ap]

Tags: aiartificial inteligent
Previous Post

Seperti Apa Perkiraan AI di Masa Depan?

Next Post

Pro dan Kontra Startup Melakukan “Stealth Mode”

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

ai copilot

Meningkatkan Produktivitas Microsoft Integrasikan AI Copilot ke Word, Excel, & PowerPoint

20 March 2023
1.4k

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengintegrasikan AI Copilot ke dalam produk-produk andalannya seperti Word, Excel, dan PowerPoint. AI Copilot...

active learning

Mengenal Konsep Active Learning, Masa Depan Generatif AI

6 March 2023
1.4k

Generative AI, atau kecerdasan buatan yang dapat menciptakan konten baru yang menyerupai karya manusia, telah menjadi salah satu tren paling...

Cara mengatasi ChatGPT is at Capacity Right Now

Cara Memperbaiki ChatGPT is at Capacity Right Now di Windows

1 March 2023
1.4k

Terkadang, saat menggunakan aplikasi di Windows, pengguna dapat mengalami pesan kesalahan yang menunjukkan "ChatGPT is at capacity right now". Pesan...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1008 shares
    Share 403 Tweet 252
  • Indeed PHK 2.200 Karyawan

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    224 shares
    Share 90 Tweet 56
  • Inilah 5 Hacker Indonesia Level Dewa yang Diakui dan Ditakuti Dunia

    162 shares
    Share 65 Tweet 41
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    170 shares
    Share 68 Tweet 43
  • Setelah Netflix, Kini Giliran Disney PHK Ribuan Karyawan

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    353 shares
    Share 141 Tweet 88
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Ini Dia Cara Membuat Template WordPress Dengan Bootstrap Mudah

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • 8 Games yang Sangat Bagus Tapi Tak Laku, Apa Penyebabnya?

    125 shares
    Share 50 Tweet 31

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz