fbpx
Trentech.id

Mengenal Coffindo, Startup Seputar Kopi yang Kini Membuka Roasting and Cupping Class

Coffindo adalah startup yang menjual produk dengan merk Coffindo dan merk lain untuk melengkapi kebutuhan para pembuat kopi baik di Hotel, Resto, Cafe dan mereka yang ingin membuka usaha-usaha yang berhubungan dengan kopi. Coffindo sendiri menyediakan produk sendiri seperti kopi dari perkebunan sendiri yang diolah dan disajikan dalam bentuk kemasan maupun dalam cup, sehingga kami menjamin kualitas dan rasa kopi itu sendiri, kami juga memiliki mesin kopi sendiri dengan kualitas yang tinggi sehingga menjamin para pebisnis dalam usaha dan penikmat kopi dalam rasa.

Coffindo menjual kopi dalam bentuk biji, dalam bentuk kemasan dan cup, juga mesin coffee maker, fully automatic, grinder, mesin kopi kapsul, professional machine, pump espresso, roaster machine. Juga Tools seperti canister, decanter, dripper, filter, glass, hand grinder, jigger, kettle, knock box, milk juge, pitcher, shaker, spoon, tamper, tea pot, thermometer, water dripper, whipper. Juga Brewers seperti espreso maker, french press, syphon, V60, vietnam drip. Selain brand Coffindo sendiri, kami juga menjual brand lain seperti La Marzocco, Nespresso, Bialetti, Delonghi, Hario, Kenwood, Wacaco, Yama, Tiamo, Diguo, Latina, Orchestrale, Quamar, d’ANCAP, Mazzer, Renmei, Isis, Blanco, L-BEANS, whip-it, Kalita.


Untuk membahas coffee roasting class alangkah lebih baik mengerti terlebih dulu apa itu coffee roasting. Coffee roasting adalah sebuah proses yang berperan penting dalam cita rasa kopi. Namun, coffee roasting belum banyak dikenal oleh peminum kopi. Tidak sedikit hal menarik dari penyangraian biji kopi ini, seperti tingkatan pemanggangan yang akan berpengaruh pada rasa kopi yang bermacam-macam.

Beberapa informasi tentang coffee roasting yang perlu diketahui, yaitu roasting yang merupakan proses penting untuk menghasilkan kualitas aroma dan rasa dari kopi yang akan dinikmati. Dalam presentase, proses roasting berpengaruh menghasilkan aroma dan rasa kopi hingga 30%. Angka presentasi itu didapat dari asumsi 55% pembentukan aroma dan rasa kopi terdapat di kebun (kondisi iklim, ketinggian tanam, varietas kopi, proses pasca panen dan lain sebagainya) dan 15% dari coffee brewing.

Pada saat proses roasting, biji kopi mentah (raw green bean) dengan karakteristik soft, “grassy” smell sedikit sekali rasa diubah menjadi roasted Bean yang memiliki karakteristik beraroma unik dan kaya rasa. Dalam proses roasting ini, greenbean yang akan diproses harus memiliki kadar air 12-14%.

Di awal, roaster akan berusaha membuang rasa-rasa mengganggu yang dimiliki si kopi. Rasa earthy, grassy, astringent, carbony, woody atau gangguan rasa lain akan lebih aman bila dibuang saat awal. Bila di tengah proses roaster baru menyadari adanya rasa-rasa yang tak diinginkan, berarti dia akan membakar lebih lama untuk membuang rasa ini. Itu berarti kopi akan dibakar lebih gosong daripada seharusnya.

Pada umumnya green bean dengan kualitas baik akan memiliki rasa optimal di profil medium roast. Di profile ini kompleksitas rasa kopi masih akan terwakili utuh. Di sana ada acidity, sweetness, aroma, body dan after taste. Di profile yang cenderung dark roast, rasa asam (acid) akan turut terbakar. Padahal rasa fruity seringnya tersembunyi dibalik rasa ini.

Di medium profile, glukosa di biji kopi bisa muncul dengan optimal. Glukosa ini bila terbakar gosong akan menghasilkan rasa yang sangat pahit. Sama halnya bila kita membuat caramel yang terlalu gosong.

Pada umumnya, roaster yang baik akan menghindar membuat kopi di area dark roast, atau hanya dilakukan bila hanya terpaksa. Dark roast profile dipilih bila memang ada rasa mengganggu yang tak bisa dihilangkan dengan cara yang aman untuk tetap di profile medium roast.

Profil dark roast seringnya menghasilkan body rasa pahit yang terlalu tebal. Jarang ada orang yang mampu menikmati kopi di profil ini tanpa ada campuran apapun. Tapi kalau buat cappucino, atau kopi pakai gula sih enak-enak saja.

Setelah mengetahui apa itu roasting, untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang kopi dapat dengan mengikuti coffee roasting class yang ditujukan bagi orang dengan minat terjun kedalam dunia perkopian atau pun mereka para penikmat kopi yang ingin mencoba untuk menciptakan cita rasa kopi yang diinginkan. Di Indonesia sekarang ini minum kopi bukanlah hanya sekedar rutinitas orang tua yang biasa menikmati di pagi hari bersama dengan koran yang menemaninya, namun sekarang ini kopi menjadi kegiatan dari semua kalangan baik dalam acara formal maupun non formal.

Bahkan di masa modern ini telah banyak bisnis coffee shop maupun coffee roaster yang dibangun oleh para pemuda di Indonesia ini. Bisnis ini pun sangat menjanjikan di masa mendatang bagi para pemuda yang telah merintisnya.

Untuk yang ingin terjun kedalam dunia perkopian lebih mendalam dapat mengikuti pelatihan roasting dan cupping class yang dilaksanakan di Coffee cabang Makassar pada tanggal 4 sampai 5 Oktober 2017 pada pukul 09.00 – 16.00 WITA. Coffindo Akan Menyelenggarakan Roasting Class di Makassar.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments