Trentech.id

JavaScript Menjadi Bahasa Favorit Developer Web

Situs favorit para programmer untuk mencari solusi pemrograman Stack Overflow baru-baru ini mengumumkan hasil survei mengenai kondisi developer dari seluruh dunia.

Survei tersebut diikuti oleh sekitar 50.000 developer yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Sebagian besar mereka berasal dari AS dan Eropa. Dari survei tersebut ditemukan beberapa fakta menarik dari para developer yang sering mengakses Stack Overflow.

Stack 1

Pertama adalah jabatan dari developer, yang mana 28 persen responden merupakan full-stack web developer, kemudian disusul oleh back-end web developer dengan 12,2 persen responden. Lalu yang cukup mengejutkan 11,4 persen responden menyatakan bahwa mereka adalah pelajar.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Stack Overflow bisa dibilang menjadi situs favorit bagi para pelajar untuk menanyakan dan mencari solusi berbagai hal yang berhubungan dengan pemrograman.

Stack 3

Kedua, adalah teknologi yang paling banyak digunakan oleh para developer. Untuk pengembangan website, mulai dari full-stack, front-end, sampai back-end. Sebagian besar developer menyatakan bahwa bahasa pemrograman yang mereka gunakan adalah JavaScript. Sedangkan bahasa pemrograman PHP, berada di urutan ketiga untuk front-end, dan berada di urutan keempat untuk Full-stack dan back-end.

Stack 2

Lalu untuk pengembangan aplikasi mobile, Java dan Objective-C adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para developer. Tidak mengherankan mengingat platform Android dan iOS masih mendominasi smartphone.

Hasil menarik lain dari survei tersebut adalah mengenai isu ketimpangan gender yang menimpa dunia developer. Dari hasil survei tersebut terungkap bahwa dunia teknologi masih di dominasi oleh kaum adam, dengan 92,8 persen responden adalah laki-laki. Jumlah kaum hawa yang tercatat hanya 5,8 persen saja.

Stack 4

Angka tersebut memang tidak terlalu mengejutkan. Karena wanita di perusahaan teknologi lebih banyak yang berprofesi sebagai desainer, quality assurance, dan front-end developer.

Selain fakta-fakta di atas, hasil survei tersebut juga memberikan beragam informasi menarik lain mengenai kondisi developer secara global. Bagi kamu yang tertarik bisa mengunjungi situs Stack Overflow untuk melihat hasil survei yang lebih detail.

  Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart
Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements