fbpx
Trentech.id

Ini Dia Rekomendasi Software untuk Mengelola Payroll

Salah satu sumber daya utama sebuah perusahaan adalah tenaga kerja atau karyawan. Sebagai pekerja yang telah memberikan kontribusi bagi keuntungan perusahaan, sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memberikan upah gaji kepada para karyawannya. Selain sebagai bentuk apresiasi, pemberian gaji yang sesuai juga bisa meningkatkan kembali semangat kerja karyawan untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

Meski begitu, hingga saat ini masih sering terdengar permasalahn terkait keterlambatan pemberian gaji karyawan oleh perusahaan. Hal ini bisa menjadi masalah yang serius apabila terus dibiarkan. Nantinya, reputasi perusahaan akan menjadi buruk dan para karyawan tidak bisa lagi bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu, diperlukan pengelolaan administrasi yang baik dalam proses penggajian karyawan.

Mengelola gaji karyawan saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan jasa dan kemampuan teknologi seperti payroll software. Dengan memanfaatkan payroll software, ada banyak perubahan yang bisa dirasakan perusahaan apabila dibandingkan dengan pengelolaan gaji secara manual.

Pencatatan Data Karyawan

Menggunakan payroll software bisa meringangkan beban perusahaan, khususnya bagian Human Resources (HR), dalam melakukan pencatatan data karyawan. Suatu perusahaan cenderung memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, apalagi jika perusahaan tersebut telah besar dan memiliki beban pekerjaan yang banyak. Pencatatan data karyawan secara manual akan menjadi sangat tidak efektif, karena perusahaan tidak bisa memantau data karyawan satu persatu.

Baca Juga: 7 Tips Mengelola Data Karyawan secara Efektif

Oleh sebab itu, menggunakan payroll software seperti LinovHR bisa menjadi solusi. Efektivitas dalam pengelolaan data karyawan menjadi salah satu perubahan positif yang bisa dirasakan perusahaan apabila dibandingkan dengan pengelolaan secara manual.

Menghindari Kesalahan Penghitungan Gaji

Kesalahan dalam melakukan penghitungan gaji bisa menjadi fatal, apalagi jika kesalahan tersebut membawa kerugian bagi pihak karyawan dan pihak perusahaan. Namun, dengan menggunakan jasa payroll software seperti LinovHR, kesalahan-kesalahan kecil dalam penghitungan gaji bisa terhindarkan.

Selain penghitungan gaji, payroll software juga membantu menghindarkan perusahaan dari resiko keterlambatan dalam pemberian gaji. Secara otomatis, payroll software bisa melakukan pembayaran sesuai tanggal yang telah ditentukan dalam sistem sejak awal. Software pun juga akan secara otomatis mencetak slip tanda gaji secara tepat waktu dan menyerahkannya kepada para karyawan.

Keamanan yang Terjamin

Dibandingkan dengan meminta pihak HR untuk mendata karyawan secara manual, tentunya mendata dengan menggunakan software payroll menjadi lebih aman. Semakin sedikit orang yang mengetahui data pribadi karyawan dan perusahaan, maka akan semakin baik. Selain itu, tidak sembarang orang memiliki akses untuk memantau data-data pribadi tersebut.

Payroll software menjaga keamanan data dengan verifikasi username dan password. Pada payroll software LinvoHR, kekebalan akan virus pun sudah dikembangkan, sehingga data dalam software tidak akan mudah terserang virus dan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, tingkat keamanan menggunakan payroll software lebih terjamin bagi perusahaan dan karyawan-karyawannya.

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements