Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Ingin Bangun Marketplace Sukses? Yuk Cermati 8 Hal Berikut

3 November 2016
in Startup
APJII : Hasil Survei Pengguna Internet 2016 Menemukan Fakta Mencengangkan
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

  • Pilih nama yang tepat
  • Marketplace ‘rewarding’ namun sarat dengan tantangan
  • Perhatikan manajemen risiko
  • Proses kurasi merchant
  • Fokus target pasar
  • Perhatikan komunitas online
  • Kualitas vs kuantitas
  • Visi dan misi
Berikan rating

Sebelum Anda berencana meluncurkan marketplace, ada baiknya untuk mengetahui dengan jelas apa itu marketplace, konsep seperti apa yang baiknya diterapkan, hingga hal-hal penting lainnya yang mendukung berjalannya marketplace yang tepat dan tentunya minim risiko.

Saat ini sudah banyak marketplace lokal hingga asing yang beredar di tanah air, seperti bazarharian, puali, cipika store dan lain-lain . Meskipun masing-masing menawarkan pilihan, harga hingga promosi yang berbeda, namun hanya beberapa marketplace saja yang digemari, dan pada akhirnya menjadi unggulan. Sebut saja Bukalapak dan Tokopedia, startup dengan konsep layanan marketplace yang sudah terkenal secara global. Artikel berikut ini akan mengupas seperti konsep marketplace yang ideal dan tentunya memiliki potensi untuk sustainable.

Baca lagi

Analisis Pitch Deck Zomato: Bagaimana Pitch Deck Zomato Berhasil Mencuri Perhatian Investor

Bagaimana Mengatur Timing Fundraising yang Tepat untuk Bisnis Startup di Era Gig Economy

Airbnb Catat Pertumbuhan Pendapatan 40 Persen di Tahun 2022, 2023?

Pilih nama yang tepat

Pemilihan nama ternyata cukup mempengaruhi kesuksesan sebuah marketplace. Idealnya Anda ingin menggunakan nama yang gampang diingat, sederhana namun tetap terdengar dan terlihat menarik. Jika marketplace Anda berencana untuk melakukan ekspansi secara global, pastikan nama tersebut sesuai untuk masing-masing negara yang ditargetkan.

Marketplace ‘rewarding’ namun sarat dengan tantangan

Marketplace memiliki dua konsumen yang saling membutuhkan, yaitu pemilik toko (merchant) dan pembeli. Dalam hal ini fungsi marketplace adalah harus meyakinkan kedua belah pihak bahwa layanan dan perhatian merupakan prioritas, agar pemilik toko puas dan pembeli bisa mempercayakan kedua belah pihak yaitu marketplace dan pemilik toko. Untuk itu menjadi hal yang penting bagi marketplace untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat buruk terhadap relasi dengan pemilik toko dan pembeli.

Perhatikan manajemen risiko

Menjadi hal yang penting untuk semua marketplace memberikan keyakinan dan trust factorkepada calon pelanggan dan pemilik toko, dengan demikian marketplace bisa menjalankan bisnisnya dengan lancar dan berpotensi untuk mengalami peningkatan. Untuk itu perhatikan manajemen risiko dan kerahkan semua upaya untuk memastikan proses pembelian aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

Proses kurasi merchant

Hal ini tentunya menjadi hal yang paling krusial untuk diperhatikan, memiliki jumlah merchantatau toko online dalam jumlah yang besar tentunya merupakan keuntungan lebih, namun yang tidak kalah penting adalah proses kurasi yang harus Anda lakukan pemilik marketplace. Dengan demikian marketplace Anda bisa terhindar dari toko fiktif, produk palsu dan pemberian harga yang tidak masuk akal. Lakukan proses ini secara teratur dengan peraturan dan proses filteringyang tepat dan sesuai dengan kultur marketplace.

Fokus target pasar

Marketplace yang sukses adalah marketplace yang bisa memberikan pilihan produk secara khusus dan tentunya dicari oleh pengguna. Jika marketplace Anda ingin menjadi pilihan favorit, tawarkan beberapa produk untuk target pasar tertentu dan pastikan kualitas terbaik. Jangan terlalu agresif menawarkan produk secara luas untuk semua target pasar, hal tersebut bisa membuat marketplace Anda tidak unik dan terkesan berlebihan, dan pastinya tidak tepat sasaran.

Perhatikan komunitas online

Media sosial tentunya menjadi pilihan utama untuk marketplace menciptakan komunitas antar pemilik toko atau pengguna setia. Sebelum Anda menentukan platform media sosial apa yang paling ideal untuk dipilih dalam hal pengelolaan komunitas, pastikan platform tersebut sesuai dan tentunya memudahkan saat proses skalabilitas dilakukan. Semakin aktif engagement yang dilakukan kepada komunitas, semakin besar kemungkinan jumlah komunitas untuk bertambah. Jangan jadikan besarnya jumlah membuat komunitas menjadi tidak lagi personal dan menyulitkan sesama anggota untuk berkomunikasi.

Kualitas vs kuantitas

Kedua pilihan tersebut bisa mempengaruhi skalabilitas marketplace, untuk itu perhatikan dengan baik cara-cara yang bakal Anda terapkan, apakah itu melakukan proses kurasi pedagang dan pembeli secara ketat yang pastinya akan mempengaruhi kuantitas. Namun di sisi lain jika Anda terlalu banyak mengizinkan merchant atau pemilik toko untuk bergabung tanpa melakukan proses kurasi, akan mempengaruhi kualitas produk. Idealnya lakukan kedua proses tersebut secara seimbang dan tentunya sesuai untuk marketplace.

Visi dan misi

Pada akhirnya marketplace adalah usaha yang paling sulit untuk dibangun. Dibutuhkan sedikitnya 5 sampai 10 tahun hingga marketplace bisa mencapai product market fit, likuiditas dan skalabilitas. Yang perlu diperhatikan adalah, bangun marketplace dengan passion yang besar dan visi serta misi yang terbaik, dan selalu berikan efek positif untuk semua orang. [ds/ap]

Tags: bazarhariancipika storemarketpalcepualistartup
Previous Post

Tak Mau Ketinggalan, Twitter Hadirkan Layanan Serupa Chatbot di Fitur DM

Next Post

Mau Tahu Kenapa Lazada Mengakuisisi Redmart? Simak Ulasanya

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

pitch deck zomato

Analisis Pitch Deck Zomato: Bagaimana Pitch Deck Zomato Berhasil Mencuri Perhatian Investor

3 March 2023
1.4k

Zomato, perusahaan layanan pengiriman makanan dan reservasi restoran terkemuka di India, dikenal karena pitch deck-nya yang sukses. Pitch deck adalah...

pitching startup

Bagaimana Mengatur Timing Fundraising yang Tepat untuk Bisnis Startup di Era Gig Economy

21 February 2023
1.4k

Platform penyedia layanan jasa, baik dalam bidang keuangan maupun pengiriman barang, terus tumbuh dan berkembang pesat di era digital ini....

airbnb 2022

Airbnb Catat Pertumbuhan Pendapatan 40 Persen di Tahun 2022, 2023?

20 February 2023
1.4k

Airbnb adalah salah satu platform pemesanan akomodasi online terbesar di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2008 ini telah berevolusi...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1011 shares
    Share 404 Tweet 253
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    354 shares
    Share 142 Tweet 89
  • Mengenal Lean Product Development dan Berbagai Keunggulannya

    139 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Yuk Ketahui Sejarah Perkembangan Aplikasi Chat di Seluruh Dunia

    153 shares
    Share 61 Tweet 38
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    171 shares
    Share 68 Tweet 43
  • Google Buat Email Lebih Dinamis Dengan AMP Untuk Email

    138 shares
    Share 55 Tweet 35
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    172 shares
    Share 68 Tweet 43
  • 4 Tip Agar Rapat Tim Kerja Memberi Hasil Luar Biasa

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • Apa Itu Bisnis Model Kanvas dan Pentingnya untuk Sebuah Startup?

    130 shares
    Share 52 Tweet 33
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    139 shares
    Share 56 Tweet 35

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz