Trentech.id

Ingin Bangun Marketplace Sukses? Yuk Cermati 8 Hal Berikut

Sebelum Anda berencana meluncurkan marketplace, ada baiknya untuk mengetahui dengan jelas apa itu marketplace, konsep seperti apa yang baiknya diterapkan, hingga hal-hal penting lainnya yang mendukung berjalannya marketplace yang tepat dan tentunya minim risiko.

Saat ini sudah banyak marketplace lokal hingga asing yang beredar di tanah air, seperti bazarharian, puali, cipika store dan lain-lain . Meskipun masing-masing menawarkan pilihan, harga hingga promosi yang berbeda, namun hanya beberapa marketplace saja yang digemari, dan pada akhirnya menjadi unggulan. Sebut saja Bukalapak dan Tokopedia, startup dengan konsep layanan marketplace yang sudah terkenal secara global. Artikel berikut ini akan mengupas seperti konsep marketplace yang ideal dan tentunya memiliki potensi untuk sustainable.

Pilih nama yang tepat

Pemilihan nama ternyata cukup mempengaruhi kesuksesan sebuah marketplace. Idealnya Anda ingin menggunakan nama yang gampang diingat, sederhana namun tetap terdengar dan terlihat menarik. Jika marketplace Anda berencana untuk melakukan ekspansi secara global, pastikan nama tersebut sesuai untuk masing-masing negara yang ditargetkan.

Marketplace ‘rewarding’ namun sarat dengan tantangan

Marketplace memiliki dua konsumen yang saling membutuhkan, yaitu pemilik toko (merchant) dan pembeli. Dalam hal ini fungsi marketplace adalah harus meyakinkan kedua belah pihak bahwa layanan dan perhatian merupakan prioritas, agar pemilik toko puas dan pembeli bisa mempercayakan kedua belah pihak yaitu marketplace dan pemilik toko. Untuk itu menjadi hal yang penting bagi marketplace untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat buruk terhadap relasi dengan pemilik toko dan pembeli.

Perhatikan manajemen risiko

Menjadi hal yang penting untuk semua marketplace memberikan keyakinan dan trust factorkepada calon pelanggan dan pemilik toko, dengan demikian marketplace bisa menjalankan bisnisnya dengan lancar dan berpotensi untuk mengalami peningkatan. Untuk itu perhatikan manajemen risiko dan kerahkan semua upaya untuk memastikan proses pembelian aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

  Yuk Pelajari Proses Memvalidasi Ide Startup

Proses kurasi merchant

Hal ini tentunya menjadi hal yang paling krusial untuk diperhatikan, memiliki jumlah merchantatau toko online dalam jumlah yang besar tentunya merupakan keuntungan lebih, namun yang tidak kalah penting adalah proses kurasi yang harus Anda lakukan pemilik marketplace. Dengan demikian marketplace Anda bisa terhindar dari toko fiktif, produk palsu dan pemberian harga yang tidak masuk akal. Lakukan proses ini secara teratur dengan peraturan dan proses filteringyang tepat dan sesuai dengan kultur marketplace.

Fokus target pasar

Marketplace yang sukses adalah marketplace yang bisa memberikan pilihan produk secara khusus dan tentunya dicari oleh pengguna. Jika marketplace Anda ingin menjadi pilihan favorit, tawarkan beberapa produk untuk target pasar tertentu dan pastikan kualitas terbaik. Jangan terlalu agresif menawarkan produk secara luas untuk semua target pasar, hal tersebut bisa membuat marketplace Anda tidak unik dan terkesan berlebihan, dan pastinya tidak tepat sasaran.

Perhatikan komunitas online

Media sosial tentunya menjadi pilihan utama untuk marketplace menciptakan komunitas antar pemilik toko atau pengguna setia. Sebelum Anda menentukan platform media sosial apa yang paling ideal untuk dipilih dalam hal pengelolaan komunitas, pastikan platform tersebut sesuai dan tentunya memudahkan saat proses skalabilitas dilakukan. Semakin aktif engagement yang dilakukan kepada komunitas, semakin besar kemungkinan jumlah komunitas untuk bertambah. Jangan jadikan besarnya jumlah membuat komunitas menjadi tidak lagi personal dan menyulitkan sesama anggota untuk berkomunikasi.

Kualitas vs kuantitas

Kedua pilihan tersebut bisa mempengaruhi skalabilitas marketplace, untuk itu perhatikan dengan baik cara-cara yang bakal Anda terapkan, apakah itu melakukan proses kurasi pedagang dan pembeli secara ketat yang pastinya akan mempengaruhi kuantitas. Namun di sisi lain jika Anda terlalu banyak mengizinkan merchant atau pemilik toko untuk bergabung tanpa melakukan proses kurasi, akan mempengaruhi kualitas produk. Idealnya lakukan kedua proses tersebut secara seimbang dan tentunya sesuai untuk marketplace.

Visi dan misi

Pada akhirnya marketplace adalah usaha yang paling sulit untuk dibangun. Dibutuhkan sedikitnya 5 sampai 10 tahun hingga marketplace bisa mencapai product market fit, likuiditas dan skalabilitas. Yang perlu diperhatikan adalah, bangun marketplace dengan passion yang besar dan visi serta misi yang terbaik, dan selalu berikan efek positif untuk semua orang. [ds/ap]

  Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis
Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements