fbpx
Trentech.id

Ini Dia 10 Film Tentang Hacker Ini yang Wajib Kamu Tonton

Bagi seorang geek, tentu kamu mengenal istilah hacker, walaupun tidak mengerti betul bagaimana cara seorang hacker meretas suatu komputer atau sistem. Atau barangkali kamu mau menjadi seorang hacker?

Jika begitu, maka berikut beberapa film hacker yang wajib kamu tonton.

1. WarGames

IMDB

Untuk kamu yang mungkin baru mengenal istilah hacker, WarGames merupakan film produksi tahun 1983, dan memiliki dampak yang besar bagi orang lain bagi terbentuknya sebuah opini publik tentang hacker.

WarGames dibintangi oleh Matthew Broderick, Ally Sheedy, dan John Wood, menceritakan seorang hacker muda yang menemukan celah backdoor (Istilah dalam dunia hacker) di komputer pusat militer, dan menemukan hal-hal mengejutkan setelah itu. Apa saja yang dilakukan dan ditemukan oleh Hacker muda tersebut?

2. BlackHat

IMDB

Jika WarGames menceritakan dunia Hacker pada era 80an, cobalah untuk menonton BlackHat jika kamu ingin tahu dunia hacker pada era sekarang ini. Film tersebut dibintangi oleh Chris Hemsworth, yang melaksanakan tugas gabungan bersama Kepolisian Amerika dan China untuk melacak jaringan cybercrime tingkat tinggi di seluruh dunia.

Diceritakan bahwa sang tokoh utama dalam film ini tak berdaya dengan masalah dunia nyata yang membuat film ini semakin seru untuk ditonton.

3. The Girl With the Dragon Tattoo

IMDB

Jika kamu ingin film hacker dengan cerita mencekam dan rincian teknis yang bagus, coba tontonlah Film The Girl With the Dragon Tattoo. Film yang semula dibuat di Swedia ini dibintangi oleh Noomi Repace, berperan sebagai Lisbeth Salander selaku penyidik masalah hacker komputer.

Kemudian perusahaan film Hollywood membuat ulang, dengan Rooney Mara memainkan peran sebagai Salander. Seorang eartawan bernama Mikael Blomkvist menyewa Salander untuk menyelidiki sebuah tuduhan pembunuhan, yang kemudian membuat sang wartawan harus berada dalam masalah rumit.

4. Who Am I: No System Is Safe

IMDB

Who Am I: No System Is Safe adalah film hacker produksi Jerman. Menceritakan sekelompok hacker yang bertujuan mencari ketenaran dunia. Film ini dibuat setelah mewawancarai kisah perjalanan seorang hacker pada sebuah ruang interogasi.

Film ini dikenal oleh sebab penggambaran mengenai IRC Windows, Darknet, dan sebagainya dalam bentuk kereta bawah tanah yang tenang, dan dengan orang-orang bertopeng di dalamnya. Jika kamu menyukai plot twist yang tidak terduga, jangan lewatkan film Who Am I.

5. The Matrix

IMDB

Ya, sebuah film, menceritakan sang tokoh utama bernama Neo yang memiliki dua kehidupan yakni sebagai hacker dan seorang programmer komputer. Neo selalu mempertanyakan keadaan di sekitarnya dan terus mencari keberadaan hacker misterius bernama Morpheus.

The Matrix ini merupakan film hacker tersukses dengan menampilkan aksi seru dan spesial efek yang memukau.

6. Sneakers

IMDB

Sneakers adalah film hacker yang sering diabaikan dan perlu mendapat perhatian karena kepentingan pemerintah dan juga risiko yang dibawanya. Film ini berkisah tentang sekelompok ahli sistem keamanan, di mana kepala sistem keamanan akhirnya diperas oleh agen pemerintah untuk mencuri perangkat dekripsi tingkat lanjut.

Selama runtime, Sneakers berfokus pada yurisdiksi curang FBI, CIA, dan NSA. Setelah skenario tersebut, membuat kita harus tetap waspada terhadap pencurian data.

7. Hackers

IMDB

Tahun 90an, Hackers merupakan film yang tayang di Amerika Serikat saat orang-orang mulai menggunakan komputer sehari-hari. Film ini bercerita tentang “Zero Cool” yang menulis virus berbahaya di usia 11 tahun. Sehingga menyebabkan kecelakaan saham terbesar dalam sejarah.

  Lakukan 5 Hal ini Agar Kehidupanmu Berubah Lebih Baik

Akibatnya, dia secara hukum dilarang menggunakan komputer sampai usia 18 tahun. Setelah larangan dicabut, sebuah cerita menarik terjadi. Simak saja dalam film Hackers.

8. Office Space

IMDB

Office Space bukan merupakan tipikal film hacker yang menampilkan aksi hacker di setiap adegan. Namun hanya sedikit adegan hacking yang terdapat dalam film ini. Meskipun adegan yang ditampilkan sedikit (Tapi penting), peretasan yang ditunjukkan di film ini bisa dipercaya.

Komedi kultus ini menunjukkan bahwa karyawan menanam virus di sistem akuntansi perusahaan dan menuai beberapa kesenangan sekaligus penghargaan.

9. Live Free or Die Hard

IMDB

Live Free or Die Hard adalah film yang asyik untuk ditonton. Banyak aksi, lelucon, dan John McClane yang menangani masalah. Namun jangan harap dapat melihat keakuratan teknis atau kemungkinan adegan hacking.

Dalam film ini, penjahat adalah hacker, dan mereka mampu melakukan hampir semua hal dengan keahlian mereka. Seperti apa? Lihat saja filmnya.

10. Mr. Robot

IMDB

Pada deretan terakhir, merupakan sebuah film hacker sekuel yang saat ini telah memasuki Season 3. Menceritakan seorang hacker dengan kepribadian ganda, yang dibintangi Rami Malek sebagai Elliot Alderson dan Cristian Slater sebagai Mr Robot.

Film ini berkisah tentang sekelompok hacker bernama f_society yang berusaha mengubah dunia dengan menjatuhkan perusahaan besar bernama e-corp yang menguasai dunia. Termasuk juga perusahaan yang telah membuat ayahnya meninggal terkena kanker.

Banyak hal menarik yang ditemukan dalam film ini. Mulai dari memperlihatkan langsung aksi peretasan, sekelompok hacker berbahaya dark army, sampai memperlihatkan adegan-adegan menegangkan yang belum terdapat dalam film hacker lainnya.

  Lakukan 5 Hal ini Agar Kehidupanmu Berubah Lebih Baik

Jika kamu memiliki referensi Film Hacker lain, silahkan berbagi pada kolom komentar di bawah ini. [idn/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements