fbpx
Trentech.id

Dengan Tool Baru ini, Kamu Dapat Kurangi Waktu Penggunaan Facebook dan Instagram

Waktu penggunaan Facebook dan Instagram masyarakat Indonesia seringkali disebut berlebihan. Namun, ketiadaan bukti yang bisa dilihat langsung oleh para penggunanya menjadi pemicu timbulnya keraguan akan hal tersebut. Kini, kamu bisa cek sendiri durasi penggunaan dua sosial media itu.

Sebuah tool baru saja diluncurkan. Tool tersebut memiliki fungsi untuk mengetahui waktu penggunaan Facebook dan Instagram, bagi penggunanya sendiri. Jadi, pengguna diyakini tidak hanya mampu lebih memperhatikan waktu mereka di dalam sosial media, namun juga menguranginya.

Tool yang mampu memantau waktu penggunaan Facebook dan Instragam tersebut ada di dalam panel settings kedua sosial media itu. Saat ini, peluncuran telah dilakukan secara global, namun belum semua pengguna dapat menggunakannya.

Tool tersebut memiliki nama Your Activity atau panel aktivitas kamu.Baik di dalam Facebook atau Instagram, panel tersebut memiliki tempat dan kegunaan yang serupa.Tujuan utamanya satu, yakni mengetahui waktu penggunaan Facebook dan Instagram.

Bagaimana Cara Penggunaannya?

waktu penggunaan facebook
sumber: GSM Arena

Di dalam panel tersebut kamu akan disuguhkan dengan bar grafik yang dibagi menjadi 7 hari, angka besar, dan rata-rata penggunaan harian pada bagian atasnya. Saat kamu ingin menurunkan waktu penggunaan Facebook dan Instargam, kamu cukup mengatur pengingat harian, yang akan muncul pada panel notifikasi.

Ketika waktu yang kamu tetapkan telah mencapai batas, maka pengingat akan muncul secara otomatis. Kamu pun bisa mengatur waktu dalam menggunakan kedua sosial media tersebut, yang seringkali bikin orang ketaguhan.

Kamu pun bisa membandingkan waktu penggunaan Facebook dan Instragram di setiap harinya. Tool ini tentu sangat membantu pengguna yang sulit mengurangi waktu penggunaan mereka terhadap kedua aplikasi tersebut.

Sehingga, kasus-kasus yang disebabkan oleh penggunaan berlebihan seperti yang telah terjadi, mungkin tidak akan terulang kembali. Tentu itu adalah harapan utama bagi kita semua.

Namun, jika kamu merasa notifikasi tersebut mengganggu, maka kamu cukup mematikannya melalui laman settings aplikasi Android. Notifikasi dapat dimatikan untuk sementara waktu, sehingga kamu yang merasa kurang nyaman, tidak perlu lagi memanfaatkannya.

Hadirnya tool waktu penggunaan Facebook dan Instagram ini seharusnya lebih cepat muncul. Karena, mulai banyak pengguna yang lupa waktu saat memainkan kedua sosial media tersebut. Mari kita ambil sisi positifnya saja, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. [ts/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements