fbpx
Trentech.id

Bisnis Saya Tidak Kunjung Berkembang? Begini Evaluasinya

Salah satu syarat bagi bisnis startup untuk mencapai kesuksesan adalah terus bertumbuh (scaling-up). Baik dari segi fitur atau layanan, pengguna, hingga profit atau pendapatan. Pertumbuhan bisnis harus menjadi perhatian khusus karena berdampak bagi keberlangsungan bisnis. Untuk mengevaluasi pertumbuhan bisnis, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika lajunya masih jalan di tempat.

Kurangnya peluang

Untuk bisa bertumbuh harus wajib memiliki ruang dan peluang. Jika bisnis menghadapi posisi stuck atau tidak mengalami pertumbuhan dalam waktu yang lama hal yang paling mungkin adalah sudah tidak ada peluang untuk tumbuh. Di sinilah seorang pemimpin harus menganalisis, mulai dari model bisnis, ekosistem, hingga target pengguna. Lakukan ekspansi jika perlu, tambah jumlah layanan jika dibutuhkan.

Kebosanan

Hal selanjutnya yang diperhatikan adalah kebosanan. Dalam menjalankan sebuah bisnis kebosanan bisa melanda banyak aspek, seperti kebosanan pada strategi marketing, kebosanan dengan inovasi yang tidak ada perubahan berarti maupun kebosanan yang melanda orang-orang di dalam tim. Di titik inilah pemimpin perlu mengambil langkah bijak, seperti mencari insight baru dari orang-orang di luar tim, atau melakukan inovasi yang cukup membuat antusiasme secara menyeluruh.

Melihat ke dalam tim

Selanjutnya, jika bisnis tidak kunjung juga mendapatkan pertumbuhan sebagai pemimpin wajib untuk melakukan evaluasi. Tidak ada salahnya mendatangkan satu-dua orang yang memiliki kompetensi lebih untuk mengubah keadaan. Atau paling tidak pemimpin bisa memberikan kebijakan untuk setidaknya mengubah suasana atau memberikan kesempatan anggota tim untuk berkreasi lebih.

Prioritas fokus

Fokus adalah hal penting lainnya yang harus diprioritaskan. Jangan sampai fokus bisnis diletakkan ke hal-hal yang tidak semestinya. Jika di tahap awal fokus bisa diletakkan untuk melakukan eksplorasi pasar dan menggali peluang, target pengguna dan pembenahan model bisnis. Hal tersebut bisa menjadi kunci. Selanjutnya bisa fokus pada bagaimana terus menumbuhkan bisnis. [ds/ap]

  Bermitra Dengan UMKM, Aplikasi Ini Membantu Tingkatkan Pengunjung Toko Anda
Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements