Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

Ini Dia 3 Cara Mengantisipasinya Algoritma Instagram Terus Berubah di Tahun 2018

23 February 2018
in Business
Ini Dia 3 Cara Mengantisipasinya Algoritma Instagram Terus Berubah di Tahun 2018
1.3k
VIEWS

Daftar Isi

  • Fokus gapai tingkat engagement tinggi
  • Berdayakan fitur Stories
  • Sertakan hashtag yang benar-benar relevan
Berikan rating

Perubahan algoritma media sosial yang terjadi belakangan ini tidak hanya berdampak besar kepada para penggunanya saja, tetapi juga para pelaku digital marketing di berbagai penjuru dunia. Perubahan ini berlaku di hampir semua media sosial populer, mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Senada dengan Facebook, Instagram yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone juga baru-baru ini merombak algoritmanya. Tak lagi menampilkan konten secara kronologis, tampilan konten di antarmuka (Feed) tiap pengguna kini terkesan acak dan kurang relevan dibanding dulu.

Lantas apa saja yang perlu kamu pertimbangkan agar strategi pemasaranmu di Instagram bisa berjalan efektif? Berikut adalah tiga hal yang perlu kamu perhatikan berdasarkan laporan platform digital marketing Later.

Instagram on iPhone | Featured


Fokus gapai tingkat engagement tinggi

Algoritma Instagram kini mementingkan faktor engagement (keterlibatan) para pemakainya terhadap suatu konten dibanding kronologi waktu pengunggahan. Faktor tersebut mencakup:

  • Jumlah Like,
  • Komentar,
  • Durasi sebuah video ditonton,
  • Share,
  • Pengiriman pesan lewat Direct Message, dan
  • Sejumlah interaksi lainnya.

Urutan foto dan video dalam Feed Instagram pada akun milikmu didasarkan pada sejarah ketertarikanmu terhadap suatu jenis konten, hubunganmu dengan orang yang mengunggah konten, dan ketepatan waktu saat konten tersebut dipublikasikan.

Ketika sebuah konten memperoleh banyak interaksi, algoritma Instagram akan menganggap konten tersebut berkualitas tinggi. Algoritma kemudian cenderung memunculkan konten tersebut pada Feed para pengguna lainnya, yang kemudian berpotensi dilihat oleh lebih banyak orang lagi.

 

Perilaku algoritma tersebut mendorong agar kreator lebih kreatif dalam mengemas konten. Mereka perlu membuat konten yang meninggalkan kesan kuat kepada audiensnya agar para follower terdorong melakukan interaksi.

Sejumlah cara bisa dilakukan demi memperoleh interaksi dari follower. Beberapa di antaranya adalah mengemas konten sebaik mungkin, memanfaatkan format konten selain gambar seperti video, animasi bergerak, hingga penulisan teks caption yang menarik guna mengundang Like dari follower.

Setidaknya tunjukkan perhatian kamu pada mereka dengan membubuhkan Like pada komentar pengguna

Seberapa aktif dirimu menjalin interaksi dengan audiens juga dapat meningkatkan nilai engagement. Sebisa mungkin jangan melewatkan komentar pada konten yang kamu unggah, meski komentar tersebut disampaikan pada konten lama.

Jika kamu mendapati komentar yang tidak memerlukan tanggapan, setidaknya tunjukkan perhatian kamu pada mereka dengan membubuhkan Like pada komentar pengguna.


Berdayakan fitur Stories

Sudah bukan rahasia jika Facebook tengah fokus pada pengembangan fitur video instan, atau dikenal dengan nama Stories di hampir semua platform media sosial yang mereka kelola. Meski kemunculannya cukup kontroversial karena dianggap menjiplak fungsi serupa pada Snapchat, namun tak dapat dipungkiri bahwa fitur tersebut sangat populer hingga mampu jadi lebih unggul.

Meski tidak ada tanggapan resmi dari Instagram, algoritma di dalamnya dipercaya ikut memperhitungkan segala interaksi yang terjadi di Stories. Interaksi yang dimaksud mulai dari pengiriman pesan, hingga saat konten buatanmu diteruskan (forward) kepada pengguna lainnya.

Trik untuk menyiasati algoritma ini adalah memanfaatkan fungsi interaktif pada Instagram Stories secara efektif

Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan kiriman Stories Instagram yang kamu buat, semakin besar pula kemungkinan konten milikmu akan muncul di halaman Feed mereka.

Salah satu trik untuk menyiasati algoritma ini adalah memanfaatkan fungsi interaktif pada Instagram Stories secara efektif. Kamu bisa memberikan pesan ajakan untuk berkirim pesan, memanfaatkan fitur polling, atau menyertakan tautan situs web (hanya tersedia untuk akun tipe bisnis yang telah memiliki jumlah follower lebih dari 10.000 orang).


Hashtag Instagram | Screenshot

Sertakan hashtag yang benar-benar relevan

Walaupun terdapat segelintir perubahan, namun Instagram masih memperhitungkan beberapa indikator lama. Salah satunya adalah penggunaan hashtag ke dalam caption konten yang relevan.

Kejadian shadow banning yang ramai diperbincangkan 2017 lalu mungkin membuatmu gentar menggunakan hashtag untuk memancing follower baru. Walaupun demikian, pemanfaatan hashtag tetap merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan follower, sekaligus meningkatkan engagement ke dalam topik yang sedang naik daun di Instagram.

Algoritma Instagram menyukai penggunaan hashtag secara spesifik dan relevan terhadap konten. Dalam perkembangan teknologi computer learning saat ini, algoritma tersebut bisa jadi akan lebih pintar dalam mengamati relevansi hashtag dengan sebuah konten dibanding dulu.


Sejauh ini algoritma Instagram masih berpusat pada faktor keterlibatan atau engagement, dan ini tampaknya akan terus berlanjut di masa depan. Meski begitu, Facebook bisa saja diam-diam menghadirkan perubahan mendadak, hingga berpotensi mengubah strategi pemasaran di media sosial yang sebelumnya telah jamak digunakan.

Hal tersebut mendorong para Social Media Strategist perlu terus beradaptasi, jeli membaca situasi di lapangan, dan menakar kualitas serta relevansi sebuah konten agar bisa mencapai target yang ingin dicapai. Selalu andalkan Instagram Analytics dan beragam aplikasi pendukung yang bisa kamu pakai untuk menguji apa saja strategi yang bekerja (dan apa yang tidak) agar brand kamu tetap berjaya di media sosial tanpa perlu tergantung pada iklan berbayar. [tia

/ap]
Tags: algoritmaalgoritma baru instagramalgoritma instagraminstagram
Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

Related Posts

fitur baru instagram

Makin Keren! Ini 4 Fitur Instagram Terbaru 2022 yang Perlu Kamu Coba

18 June 2022
1.4k

Instagram masih menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan di dunia. Instagram banyak digemari oleh semua kalangan, dari...

data science pada bank

Proses Data Science Pada Bank-Bank Besar Indonesia

27 May 2022
1.4k

Data Science termasuk salah satu profesi yang kini sangat dicari oleh perusahaan teknologi. Kebutuhan yang besar ini rupanya tidak sejalan...

Mengamankan Akun Instagram

Begini Langkah Mudah Mengamankan Akun Instagram dari Serangan Hacker

15 April 2022
1.4k

Sebagai salah satu media sosial populer yang memiliki banyak pengguna di seluruh penjuru dunia, Instagram (IG) kini sudah menjadi hal...

Terpopuler

  • tidak bisa akses whatsapp

    Cek Deretan HP yang Tak Bisa Lagi Akses WhatsApp di Tahun Ini

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    404 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Pakai Sensor RGBW Pertama di Dunia, Cek Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    191 shares
    Share 76 Tweet 48
  • Inilah Kumpulan Co-Working Space di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

    124 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Cara Ampuh Market Validation untuk Melakukan Validasi Ide Startup

    156 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Kehidupan

    140 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Proses Data Science Pada Bank-Bank Besar Indonesia

    112 shares
    Share 45 Tweet 28
  • Ini Dia 6 Tips Main PUBG Mobile Paling Laki

    111 shares
    Share 44 Tweet 28

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.