Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Ini Dia 3 Cara Mengantisipasinya Algoritma Instagram Terus Berubah di Tahun 2018

6 August 2020
in Business

Perubahan algoritma media sosial yang terjadi belakangan ini tidak hanya berdampak besar kepada para penggunanya saja, tetapi juga para pelaku digital marketing di berbagai penjuru dunia. Perubahan ini berlaku di hampir semua media sosial populer, mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Senada dengan Facebook, Instagram yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone juga baru-baru ini merombak algoritmanya. Tak lagi menampilkan konten secara kronologis, tampilan konten di antarmuka (Feed) tiap pengguna kini terkesan acak dan kurang relevan dibanding dulu.

Lantas apa saja yang perlu kamu pertimbangkan agar strategi pemasaranmu di Instagram bisa berjalan efektif? Berikut adalah tiga hal yang perlu kamu perhatikan berdasarkan laporan platform digital marketing Later.

Instagram on iPhone | Featured


Daftar Isi

  • Fokus gapai tingkat engagement tinggi
  • Berdayakan fitur Stories
  • Sertakan hashtag yang benar-benar relevan

Fokus gapai tingkat engagement tinggi

Algoritma Instagram kini mementingkan faktor engagement (keterlibatan) para pemakainya terhadap suatu konten dibanding kronologi waktu pengunggahan. Faktor tersebut mencakup:

  • Jumlah Like,
  • Komentar,
  • Durasi sebuah video ditonton,
  • Share,
  • Pengiriman pesan lewat Direct Message, dan
  • Sejumlah interaksi lainnya.

Urutan foto dan video dalam Feed Instagram pada akun milikmu didasarkan pada sejarah ketertarikanmu terhadap suatu jenis konten, hubunganmu dengan orang yang mengunggah konten, dan ketepatan waktu saat konten tersebut dipublikasikan.

Ketika sebuah konten memperoleh banyak interaksi, algoritma Instagram akan menganggap konten tersebut berkualitas tinggi. Algoritma kemudian cenderung memunculkan konten tersebut pada Feed para pengguna lainnya, yang kemudian berpotensi dilihat oleh lebih banyak orang lagi.

 

Perilaku algoritma tersebut mendorong agar kreator lebih kreatif dalam mengemas konten. Mereka perlu membuat konten yang meninggalkan kesan kuat kepada audiensnya agar para follower terdorong melakukan interaksi.

Sejumlah cara bisa dilakukan demi memperoleh interaksi dari follower. Beberapa di antaranya adalah mengemas konten sebaik mungkin, memanfaatkan format konten selain gambar seperti video, animasi bergerak, hingga penulisan teks caption yang menarik guna mengundang Like dari follower.

Setidaknya tunjukkan perhatian kamu pada mereka dengan membubuhkan Like pada komentar pengguna

Seberapa aktif dirimu menjalin interaksi dengan audiens juga dapat meningkatkan nilai engagement. Sebisa mungkin jangan melewatkan komentar pada konten yang kamu unggah, meski komentar tersebut disampaikan pada konten lama.

Jika kamu mendapati komentar yang tidak memerlukan tanggapan, setidaknya tunjukkan perhatian kamu pada mereka dengan membubuhkan Like pada komentar pengguna.


Berdayakan fitur Stories

Sudah bukan rahasia jika Facebook tengah fokus pada pengembangan fitur video instan, atau dikenal dengan nama Stories di hampir semua platform media sosial yang mereka kelola. Meski kemunculannya cukup kontroversial karena dianggap menjiplak fungsi serupa pada Snapchat, namun tak dapat dipungkiri bahwa fitur tersebut sangat populer hingga mampu jadi lebih unggul.

Meski tidak ada tanggapan resmi dari Instagram, algoritma di dalamnya dipercaya ikut memperhitungkan segala interaksi yang terjadi di Stories. Interaksi yang dimaksud mulai dari pengiriman pesan, hingga saat konten buatanmu diteruskan (forward) kepada pengguna lainnya.

Trik untuk menyiasati algoritma ini adalah memanfaatkan fungsi interaktif pada Instagram Stories secara efektif

Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan kiriman Stories Instagram yang kamu buat, semakin besar pula kemungkinan konten milikmu akan muncul di halaman Feed mereka.

Salah satu trik untuk menyiasati algoritma ini adalah memanfaatkan fungsi interaktif pada Instagram Stories secara efektif. Kamu bisa memberikan pesan ajakan untuk berkirim pesan, memanfaatkan fitur polling, atau menyertakan tautan situs web (hanya tersedia untuk akun tipe bisnis yang telah memiliki jumlah follower lebih dari 10.000 orang).


Hashtag Instagram | Screenshot

Sertakan hashtag yang benar-benar relevan

Walaupun terdapat segelintir perubahan, namun Instagram masih memperhitungkan beberapa indikator lama. Salah satunya adalah penggunaan hashtag ke dalam caption konten yang relevan.

Kejadian shadow banning yang ramai diperbincangkan 2017 lalu mungkin membuatmu gentar menggunakan hashtag untuk memancing follower baru. Walaupun demikian, pemanfaatan hashtag tetap merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan follower, sekaligus meningkatkan engagement ke dalam topik yang sedang naik daun di Instagram.

Algoritma Instagram menyukai penggunaan hashtag secara spesifik dan relevan terhadap konten. Dalam perkembangan teknologi computer learning saat ini, algoritma tersebut bisa jadi akan lebih pintar dalam mengamati relevansi hashtag dengan sebuah konten dibanding dulu.


Sejauh ini algoritma Instagram masih berpusat pada faktor keterlibatan atau engagement, dan ini tampaknya akan terus berlanjut di masa depan. Meski begitu, Facebook bisa saja diam-diam menghadirkan perubahan mendadak, hingga berpotensi mengubah strategi pemasaran di media sosial yang sebelumnya telah jamak digunakan.

Hal tersebut mendorong para Social Media Strategist perlu terus beradaptasi, jeli membaca situasi di lapangan, dan menakar kualitas serta relevansi sebuah konten agar bisa mencapai target yang ingin dicapai. Selalu andalkan Instagram Analytics dan beragam aplikasi pendukung yang bisa kamu pakai untuk menguji apa saja strategi yang bekerja (dan apa yang tidak) agar brand kamu tetap berjaya di media sosial tanpa perlu tergantung pada iklan berbayar. [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: algoritmaalgoritma baru instagramalgoritma instagraminstagram
1.4k
VIEWS
Previous Post

Wah, Pizza Hut Indonesia Hadirkan Dua Robot Pintar Keluaran Sanbot

Next Post

Ini Dia Cara Efektif Melakukan Digital Marketing Untuk Startup Baru Paling Efektif

Related Posts

octa brocker

Mendiversifikasi Risiko Kripto Melalui CFD: Perluas Cakrawala Finansial bersama Octa Broker

6 March 2025
1.4k

Pasar mata uang kripto dikenal akan volatilitasnya. Untuk melawan fluktuasi harga, trader perlu menggunakan tools manajemen risiko yang ketat. Opsi...

pengusaha 2025

Tips Sukses Startup: Tools Penting Pengusaha Masa Kini di Tahun 2025

8 January 2025
1.4k

Menjadi wirausahawan di abad ke-21 ini sangat berbeda dengan wirausaha di masa lalu. Jika kita melihat lebih dari satu dekade...

riset pasar untuk startup

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

27 December 2024
1.5k

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2388 shares
    Share 955 Tweet 597
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    570 shares
    Share 228 Tweet 143
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    939 shares
    Share 376 Tweet 235
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    294 shares
    Share 118 Tweet 74
  • Penyebab Zenius Tutup Setelah 20 Tahun Beroperasi

    206 shares
    Share 82 Tweet 52
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    240 shares
    Share 96 Tweet 60
  • Strategi Zalora Sukses Raih Profit

    126 shares
    Share 50 Tweet 32
  • Daftar Emiten Saham Kapal Induk

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Cara Upgrade ChatGPT Plus

    146 shares
    Share 58 Tweet 37
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    154 shares
    Share 62 Tweet 39

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News