Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

Adtech di Indonesia 2019 – Analisis Dari Seorang Industri Insider

30 July 2019
in Startup
Adtech di Indonesia 2019- Analisis Dari Seorang Industri Insider
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

5/5 - (2 votes)

Pertumbuhan pemasaran iklan digital di Indonesia sangatlah cepat. “2019 Global Digital Ad Trends Report” tidak hanya memprediksikan bahwa dana pengeluaran periklanan digital Indonesia akan mencapai  US $ 2,6 miliar di tahun 2019, tetapi juga menyatakan akan ada pertumbuhan yang pesat mencapai rating 26%. Hal ini membuat negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand menjadi tersaingi.

Dalam istilah iklan terprogram (programmatic advertising), kategori yang terhebat dalam dunia Adtech, market di Indonesia sudah menunjukkan performa yang luar biasa baik dan pertumbuhanya pun sudah sesuai dengan alur tren global. Sudah diperkirakan dalam laporan bahwa tingkat pertumbuhan total pengeluaran periklanan bagian programmatic advertising di Indonesia akan mencapai 89% dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini menjadikan negara kepulauan sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Baca Juga:
  • 5 Laporan Bisnis yang Harus Dibuat Startup Tahap Awal agar Tetap Bertahan di Tahun 2023
  • Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup
  • Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

Meskipun statistik yang dipaparkan di atas terdengar sangat luar biasa, kenyataannya tidak tampak cukup menarik dan optimal. Setelah kami mengalami langsung periklanan digital di Indonesia selama bertahun-tahun, tim Tagtoo menyimpulkan 3 poin terhadap pandangan actual Adtech di Indonesia tahun 2019.

Sudut pandang tentang Adtech di Indonesia masih terfragmentasi.

Di Indonesia belum terlihat adanya pemain Adtech utama dalam bidang programmatic advertising, walaupun mendapatkan pangsa pasar yang signifikan itu hanya dikarenakan Indonesia mengalihkan focus pertumbuhannya kearah ekonomi digital. Dengan adanya persaingan perusahaan Adtech asing dan lokal, sudut pandang/gambaran industri Adtech masih akan terus terpecah-pecah.

Gambaran yang terpecah nyatanya beralasan. Para perusahaan asing merasa kesulitan untuk mendapatkan posisi yang kuat dan stabil di Indonesia dikarenakan adanya budaya bisnis yang “terselubung”(suap) di Indonesia dan ketatnya peraturan dari pemerintah bagi kepemilikan perusahaan asing. Sementara itu, perusahaan lokal masih berjuang untuk mengimbangi perusahaan asing dengan mengembangkan teknologi terkemuka.

Besarnya perbedaan ilmu pengetahuan tentang pemasaran digital

Ketika Indonesia bergerak menuju era digital baru, pemilik bisnis dan wirausahawan menjadi lebih paham dan terbuka terhadap teknologi baru. Kekuatan Adtech yang berorientasi pada performa akan sangat diperlukan karena memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi digital.

Maka itu Indonesia akan menghadapi kesenjangan yang cukup besar dalam bidang ilmu pengetahuan pemasaran digital. Perusahaan besar bersamaan dengan startup unicorn lokal akan terus dapat mengadopsi produk-produk dan layanan Adtech terupdate(terbaru) berkat cadangan modal yang kuat. Sebaliknya, perusahaan kecil dan menengah masih berjuang untuk bertahan sehingga tidak memiliki kesempatan untuk menguasai pemasaran iklan digital, mereka akan terus tertinggal dari hari ke hari.

Baca Juga:
  • Dampak Kenaikan Tarif Ojek Online
  • Gojek Rugi Puluhan Milyar Gara-gara Bug GPC
  • Menelisik Nasib Driver Uber Pasca Hengkang dari Indonesia

Infrastruktur yang belum matang menahan kemajuan industri

Walaupun Indonesia memiliki 145 juta penduduk yang menggunakan internet pada tahun 2017, menurut Asosiasi Penyedia Layanan Internet di Indonesia, infrastruktur internet yang tidak sempurna akan terus menjadi penghalang utama bagi Adtech untuk berkembang dengan performa maksimal.

Contohnya dengan mengambil conversion rate, dapat diambil dari tingkat persentase pengunjung website untuk mengukur performa iklan pemasaran digital. Waktu pemuatan halaman yang lambat terkadang menjadi faktor pendorong jatuhnya penilaian conversion rate, alih-alih salah menargetkan pasar.

Masalahnya bukan hanya di seberapa efektifnya Adtech dapat membantu mentargetkan pasar, tapi conversi tidak akan terjadi jika user kehilangan kesabaran dan meninggalkan halaman website sebelum kontennya tampil dengan lengkap.

Kesimpulan

Sudut pandang periklanan digital akan terus berubah di Indonesia. Dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan dan startup yang berusaha memperkuat jaringan online dan meningkatkan penjualan online mereka, permintaan akan iklan digital tentu akan jauh lebih besar lagi di tahun-tahun mendatang.

Yang terpenting, setelah mengikuti tren iklan digital, komunitas Adtech Indonesia akan menjadi permainan yang menarik untuk disaksikan;  siapakah yang akan mampu bertahan sampai akhir dan memenangkan posisi teratas?


Artikel ini ditulis oleh Edison Chen di blog Tagtoo. Diterjemahkan oleh Sherly Venesha.

Tags: adtechdigital marketingmarketing
Previous Post

Inilah Makna Logo Baru Gojek

Next Post

Kamu Wajib Tahu! 8 Website untuk Mencari Referensi Jurnal Indonesia dan Internasional

Sisylia Angkirawan

Sisylia Angkirawan

Related Posts

strategi branding

Karakteristik yang Perlu Kamu Cermati dalam Sebuah Strategi Branding

2 November 2022
1.5k

Siapapun yang berkecimpung dalam urusan marketing pasti mengetahui bahwa branding merupakan proses panjang yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tidak semua kalangan profesional yang memiliki latar belakang marketing...

branding vs marketing

Branding dan Marketing Mana Yang Lebih Penting?

20 March 2022
1.6k

Branding dan Marketing adalah dua istilah yang tidak asing di dalam dunia bisnis. Para pebisnis sudah akrab dengan kedua istilah...

content marketing

Kesalahan Umum Ketika Merancang Strategi Content Marketing Berikut

30 November 2021
1.4k

Content marketing adalah salah satu strategi marketing paling efektif saat ini, menjalankan strategi ini tanpa masalah bukanlah perkara mudah. Tetapi...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    926 shares
    Share 370 Tweet 231
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    329 shares
    Share 132 Tweet 82
  • Menjelajahi Kelebihan dan Keterbatasan Chatbot AI BARD

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    231 shares
    Share 92 Tweet 58
  • Masa Depan Zoom Tercoreng PHK: Dampak dan Prospek

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Startup Kecerdasan Buatan (AI) Membawa Solusi Baru dalam Industri

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Alasan Mahasiswa IT Harus Bisa Coding

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Sistem Baru TikTok: Solusi Terbaru untuk Kreativitas dan Keamanan Pengguna

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Inovasi dan Peningkatan dalam IPhone 16: Review Lengkap

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Dampak PHK Masal eBay pada Karyawan dan Industri E-commerce

    108 shares
    Share 43 Tweet 27

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.