Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Adtech di Indonesia 2019 – Analisis Dari Seorang Industri Insider

30 July 2019
in Startup
Adtech di Indonesia 2019- Analisis Dari Seorang Industri Insider
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

  • Sudut pandang tentang Adtech di Indonesia masih terfragmentasi.
  • Besarnya perbedaan ilmu pengetahuan tentang pemasaran digital
  • Infrastruktur yang belum matang menahan kemajuan industri
  • Kesimpulan
5/5 - (2 votes)

Pertumbuhan pemasaran iklan digital di Indonesia sangatlah cepat. “2019 Global Digital Ad Trends Report” tidak hanya memprediksikan bahwa dana pengeluaran periklanan digital Indonesia akan mencapai  US $ 2,6 miliar di tahun 2019, tetapi juga menyatakan akan ada pertumbuhan yang pesat mencapai rating 26%. Hal ini membuat negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand menjadi tersaingi.

Dalam istilah iklan terprogram (programmatic advertising), kategori yang terhebat dalam dunia Adtech, market di Indonesia sudah menunjukkan performa yang luar biasa baik dan pertumbuhanya pun sudah sesuai dengan alur tren global. Sudah diperkirakan dalam laporan bahwa tingkat pertumbuhan total pengeluaran periklanan bagian programmatic advertising di Indonesia akan mencapai 89% dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini menjadikan negara kepulauan sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Baca lagi

Karakteristik yang Perlu Kamu Cermati dalam Sebuah Strategi Branding

Branding dan Marketing Mana Yang Lebih Penting?

Kesalahan Umum Ketika Merancang Strategi Content Marketing Berikut

[postingan number=3 tag=”startup”]

Meskipun statistik yang dipaparkan di atas terdengar sangat luar biasa, kenyataannya tidak tampak cukup menarik dan optimal. Setelah kami mengalami langsung periklanan digital di Indonesia selama bertahun-tahun, tim Tagtoo menyimpulkan 3 poin terhadap pandangan actual Adtech di Indonesia tahun 2019.

Sudut pandang tentang Adtech di Indonesia masih terfragmentasi.

Di Indonesia belum terlihat adanya pemain Adtech utama dalam bidang programmatic advertising, walaupun mendapatkan pangsa pasar yang signifikan itu hanya dikarenakan Indonesia mengalihkan focus pertumbuhannya kearah ekonomi digital. Dengan adanya persaingan perusahaan Adtech asing dan lokal, sudut pandang/gambaran industri Adtech masih akan terus terpecah-pecah.

Gambaran yang terpecah nyatanya beralasan. Para perusahaan asing merasa kesulitan untuk mendapatkan posisi yang kuat dan stabil di Indonesia dikarenakan adanya budaya bisnis yang “terselubung”(suap) di Indonesia dan ketatnya peraturan dari pemerintah bagi kepemilikan perusahaan asing. Sementara itu, perusahaan lokal masih berjuang untuk mengimbangi perusahaan asing dengan mengembangkan teknologi terkemuka.

Besarnya perbedaan ilmu pengetahuan tentang pemasaran digital

Ketika Indonesia bergerak menuju era digital baru, pemilik bisnis dan wirausahawan menjadi lebih paham dan terbuka terhadap teknologi baru. Kekuatan Adtech yang berorientasi pada performa akan sangat diperlukan karena memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi digital.

Maka itu Indonesia akan menghadapi kesenjangan yang cukup besar dalam bidang ilmu pengetahuan pemasaran digital. Perusahaan besar bersamaan dengan startup unicorn lokal akan terus dapat mengadopsi produk-produk dan layanan Adtech terupdate(terbaru) berkat cadangan modal yang kuat. Sebaliknya, perusahaan kecil dan menengah masih berjuang untuk bertahan sehingga tidak memiliki kesempatan untuk menguasai pemasaran iklan digital, mereka akan terus tertinggal dari hari ke hari.

[postingan number=3 tag=”gojek”]

Infrastruktur yang belum matang menahan kemajuan industri

Walaupun Indonesia memiliki 145 juta penduduk yang menggunakan internet pada tahun 2017, menurut Asosiasi Penyedia Layanan Internet di Indonesia, infrastruktur internet yang tidak sempurna akan terus menjadi penghalang utama bagi Adtech untuk berkembang dengan performa maksimal.

Contohnya dengan mengambil conversion rate, dapat diambil dari tingkat persentase pengunjung website untuk mengukur performa iklan pemasaran digital. Waktu pemuatan halaman yang lambat terkadang menjadi faktor pendorong jatuhnya penilaian conversion rate, alih-alih salah menargetkan pasar.

Masalahnya bukan hanya di seberapa efektifnya Adtech dapat membantu mentargetkan pasar, tapi conversi tidak akan terjadi jika user kehilangan kesabaran dan meninggalkan halaman website sebelum kontennya tampil dengan lengkap.

Kesimpulan

Sudut pandang periklanan digital akan terus berubah di Indonesia. Dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan dan startup yang berusaha memperkuat jaringan online dan meningkatkan penjualan online mereka, permintaan akan iklan digital tentu akan jauh lebih besar lagi di tahun-tahun mendatang.

Yang terpenting, setelah mengikuti tren iklan digital, komunitas Adtech Indonesia akan menjadi permainan yang menarik untuk disaksikan;  siapakah yang akan mampu bertahan sampai akhir dan memenangkan posisi teratas?


Artikel ini ditulis oleh Edison Chen di blog Tagtoo. Diterjemahkan oleh Sherly Venesha.

Tags: adtechdigital marketingmarketing
Previous Post

Inilah Makna Logo Baru Gojek

Next Post

Kamu Wajib Tahu! 8 Website untuk Mencari Referensi Jurnal Indonesia dan Internasional

Sisylia Angkirawan

Sisylia Angkirawan

Related Posts

strategi branding

Karakteristik yang Perlu Kamu Cermati dalam Sebuah Strategi Branding

2 November 2022
1.6k

Siapapun yang berkecimpung dalam urusan marketing pasti mengetahui bahwa branding merupakan proses panjang yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tidak semua kalangan profesional yang memiliki latar belakang marketing...

branding vs marketing

Branding dan Marketing Mana Yang Lebih Penting?

20 March 2022
1.6k

Branding dan Marketing adalah dua istilah yang tidak asing di dalam dunia bisnis. Para pebisnis sudah akrab dengan kedua istilah...

content marketing

Kesalahan Umum Ketika Merancang Strategi Content Marketing Berikut

30 November 2021
1.4k

Content marketing adalah salah satu strategi marketing paling efektif saat ini, menjalankan strategi ini tanpa masalah bukanlah perkara mudah. Tetapi...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1136 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    120 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    402 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    146 shares
    Share 58 Tweet 37
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Ini Dia Mata Kuliah Matematika yang Bermanfaat untuk Lulusan Ilmu Komputer

    146 shares
    Share 58 Tweet 37

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In