Memiliki dan menjalankan perusahaan rintisan terkadang cukup menyulitkan. Perusahaan rintisan seringkali mengalami kendala dalam manajemen dan anggaran yang menantang. Perusahaan yang sedang merintis perlu mengelola, menyampaikan, dan menganalisis konsep mereka dengan perangkat yang inovatif agar memiliki manajemen yang baik dan mampu bersaing.
Oleh karena itu, penggerak startup perlu mempertimbangan untuk memanfaatkan berbagai aplikasi bantuan untuk mengorganisir bisnis. Aplikasi tersebut dapat menghemat biaya, membuat kinerja lebih efisien, dan akan memungkinkan pemilik untuk lebih berfokus pada hal-hal penting lainnya. Di bawah ini adala 5 aplikasi penting yang wajib dimiliki sebagai salah satu bentuk investasi ketika Anda merintis sebuah bisnis!.
[postingan number=3 tag=”startup”]
Aplikasi untuk memanajemen proyek
Manajemen bisnis sangat penting demi keberhasilan perusahaan rintisan. Pada tahap awal peluncuran produk atau layanan, mengesankan nilai yang baik dari klien, kolaborasi tim jarak jauh, dan masih banyak lagi hal yang dapat membuat Anda stres. Tetapi dengan memiliki aplikasi manajemen proyek yang inovatif dapat meredakan ketegangan dan tantangan saat memulai proyek. Beberapa aplikasi manajemen proyek yang wajib Anda miliki adalah untuk:
- Merencanakan proyek secara nyata
- Manajemen sumber daya atau beban kerja
- Memudahkan kolaborasi
- Manajemen dokumen
- Linimasa visual
- Meninjau dan menyetujui manajemen
- Memudahkan integrasi ke aplikasi dan perangkat lunak lainnya
Memang telah ada aplikasi manajemen proyek tradisional seperti Asana dan Trello. Tetapi setiap tahunnya selalu ada aplikasi manajemen proyek yang diluncurkan. Salah satunya adalah Scoro. Scoro adalah solusi komprehensif yang menggabungkan semua fitur yang pastinya Anda butuhkan dalam perangkat lunak manajemen proyek. Fitur terpopuler dari Scoro yaitu mengolah proyek dengan sub-tugas dan tenggat waktu hingga mengutip serta membuat fraktur sesuai dengan template yang Anda tetapkan.
[postingan number=3 tag=”hacker”]
Aplikasi untuk Manajemen Keuangan
Alasan yang kerap menyebabkan kegagalan sebuah startup adalah karena kehabisan uang. Inilah sebabnya memiliki manajemen keuangan merupakan hal yang krusial bagi perusahaan yang sedang merintis. Memang, mengelola keuangan merupakan hal yang membosankan dan memakan waktu. Sedangkan menyewa pakar keuangan terkadang dapat memperbesar anggaran perusahaan.
Demi mengakalinya, Anda dapat memanfaatkan perangkat lunak sosial yang dapat membantu Anda dalam hal keuangan. Ada berbagai alat manajemen keuangan yang dapat mengotomatiskan banyak tugas keuangan perusahaan sehingga Anda dapat berfokus pada urusan yang lainnya. Ada beberapa fitur utama yang dimiliki perangkat lunak manajemen keuangan seperti:
- Otomatisasi prosedur akuntansi umum
- Manajemen arus kas
- Pelacakan arus kas
- Pelaporan dan analisis
- Perencanaan dan peramalan
- Manajemen anggaran
- Manajemen penggajian
- Pengauditan
Salah satu aplikasi yang favorit digunakan adalah QuickBooks. Perangkat lunak ini membantu Anda dalam hal penggajian, pengeluaran, mengirimkan faktur ke berbagai pelanggan hingga memastikan saluran komunikasi terbuka antara bisnis dengan pelanggan.
[postingan number=3 tag=”games”]
Aplikasi untuk Mengamankan Jaringan
Keamanan adalah sesuatu yang wajib disertakan saat Anda merintis sebuah perusahaan. Ini karena startup merupakan target yang sangat rentan terhadap serangan siber. Meski begitu, keamanan seringkali bukan menjadi hal yang prioritas bagi pemilik startup karena besarnya biaya yang harus terkuras.
Maka dari itu, perusahaan rintisan setidaknya harus menggunakan aplikasi keamanan seperti VPN. VPN merupakan solusi alat keamanan yang sangat baik karena memungkinkan Anda untuk terhubung dengan internet secara aman. VPN akan mengamankan koneksi Anda setiap kali perangkat terhubung ke internet sehingga mengurangi resiko serangan peretas yang kerap terjadi.
Aplikasi Pemasaran
Memiliki strategi pemasaran yang dirancang dengan baik merupakan kunci untuk memulai bisnis. Menggunakan teknik pemasaran yang berbeda dapat membantu Anda mengembangan basis pelanggan, meningkatkan jumlah klien hingga mempopulerkan merek serta reputasi Anda secara keseluruhan. Kabar baiknya, untuk mendapatkan fasilitas tersebut Anda tidak perlu lagi mempekerjakan pakar pemasaran.
[postingan number=3 tag=”programmer”]
Berbagai aplikasi pemasaran telah dirilis dan terbukti dapat meningkatkan jangkauan pasar perusahaan rintisan. Salah satu aplikasi yang populer digunakan adalah HubSpot. Dengan HubSpot, semua aplikasi dan data yang digunakan untuk menjalankan strategi pemasaran akan berada dalam satu platform yang mudah untuk digunakan. Fitur HubSpot akan sangat membantu Anda, yaitu meliputi:
- Blogging
- SEO
- Pelacakan dan manajemen iklan
- Manajemen media sosial
- Video
- Obrolan secara langsung
Aplikasi untuk Desain
Terlepas apakah Anda menguasai desain produk atau tidak, Anda harus mempertimbangkan investasi pada aplikasi untuk mendesain. Representasi visual mereka Anda adalah faktor terpenting dalam hal pengenalan merek. Jadi, penting untuk memiliki logo yang menarik, situs web modern ramah pengguna, dan unggahan media sosial yang menarik.
Anda bisa mendapatkan semua hal tersebut dengan anggaran yang lebih murah berkat adanya perangkat lunak desain. Saat ini, Anda dapat menemukan lusinan, bahkan ratusan aplikasi desain luar biasa yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan tertentu. Di bawah ini merupakan beberapa pilihan perangkat lunak desain yang populer digunakan.
- Adobe Illustrator
- Adobe Photoshop
- Adobe InDesign
- Canva
- PicsArt
- DesignBold
- MockFlow
- Balsamiq
Tak hanya untuk perangkat komputer, aplikasi tersebut bahkan memiliki versi ponsel pintar. Jadi, Anda dapat melakukan pekerjaan yang terkait dengan desain kapanpun dan dimanapun. Beberapa aplikasi tersebut juga tersedia dengan gratis. Manfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah usaha Anda dalam membantu perusahaan rintisan. Pilih dan sesuaikan aplikasi yang dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien.
[postingan number=3 tag=”business”]