Seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang akhir tahun Google selalu merilis daftar penelusuran teratas di platform mereka. Daftar ini memuat kata kunci yang paling sering dicari masyarakat di berbagai negara dalam kurun satu tahun tersebut.
Sejumlah peristiwa penting dan tren di tanah air pun tak luput terekam dalam daftar ini. Kata kunci apa saja yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia sepanjang 2016?
Pokémon GO yang meroket sekaligus tenggelam
Tahun 2016 menjadi tahun emas bagi Pokémon GO, game augmented reality berbasis lokasi. Di Indonesia, game besutan Nintendo ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam pencarian teratas Google. Bahkan, pencarian kata kunci Pokémon GO melonjak di bulan Juli 2016, sebelum game ini rilis secara resmi di tanah air.
Tak cuma di Indonesia, Pokémon GO juga menyedot perhatian masyarakat Asia, seperti di Hong Kong, Jepang, dan Taiwan. Game ini bahkan menduduki posisi sepuluh pencarian teratas di India, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Meledak secara tiba-tiba, tidak membuat Pokémon GO berumur panjang. Game ini kehilangan dua belas juta pengguna hanya satu bulan setelah game tersebut dilempar ke pasaran.
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari mengekor Pokémon GO dalam pencarian terpopuler Google. Fenomena alam yang terjadi pada Maret 2016 ini ternyata memancing rasa penasaran masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari total. Di belakangnya terdapat kata kunci Timnas Indonesia (Indonesia Football team).
Samsung Z2
Selain penelusuran terpopuler secara umum, Google juga merangkum berbagai pencarian lain berdasarkan kategori. Di kategori teknologi, misalnya, smartphone Samsung Z2 menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Ia bahkan mengungguli pesaingnya Oppo F1 yang hanya meraih posisi keempat. Line Webtoon, JOOX music, Oppo F1, dan Roblox menyusul di belakang Samsung Z2 berturut-turut pada posisi kedua hingga kelima.
Conjuring 2
Kehebohan film Conjuring 2 turut mendongkrak hasil pencariannya di Google. Conjuring 2 menduduki posisi pertama dalam kategori film, disusul oleh kata kunci “Deadpool”, “Now You See Me 2”, “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1”, dan “Train to Busan”.
Popularitas film Conjuring 2 juga turut mengerek ketenaran sosok hantu di dalamnya yang bernama Valak. Sosok Valak yang menyeramkan justru mendorong banyak orang membuat meme lucu. Alhasil, meme Valak ini menempati urutan pertama pencarian terpopuler Google untuk kategori meme. Kata kunci meme berikutnya dalam kategori ini adalah Dimas Kanjeng, Mukidi, Mario Teguh, dan dear mantan.
Bagaimana cara…
Meskipun , kategori “bagaimana cara” masih muncul di pencarian terpopuler Google tahun ini. “Cara shalat gerhana” menjadi kata kunci yang paling banyak dicari dalam kategori ini. Di posisi kedua hingga kelima berturut-turut diisi oleh kata kunci “cara bikin jeans belel”, “cara bikin slime”, “cara move on”, dan “cara memutihkan badan”.
Selain kategori-kategori di atas, ada kata kunci lain yang cukup unik, yaitu “dekat sini”. Pasalnya, kata kunci ini ini tak muncul dalam pencarian Google di tahun-tahun sebelumnya. Kata kunci “salon dekat sini” berhasil menempati posisi pertama, disusul oleh kata kunci “toko bunga dekat sini”, “hotel bintang 5 dekat sini”, “pom bensin dekat sini”, dan “toko action figure dekat sini”. [tia/ap]
Apakah kata kunci yang disebutkan di atas merupakan salah satu yang kerap kamu cari?
Sumber : Techinasia