Rekrutmen Referral: Cara Ampuh Merekrut Karyawan Berkualitas

employee referral hiring program Qneksi
5/5 - (4 votes)

Referral adalah sumber perekrutan dengan kualitas dan kecepatan terbaik bagi pemberi kerja secara global, terhitung lebih dari 40 persen dari keseluruhan perekrutan pada tahun 2020 berasal dari referral. Namun terlepas dari status itu, rekrutmen referral cenderung tidak difokuskan, hanya menjadi opsi, bukan fokus utama. Padahal strategi referral dapat memberikan hasil yang jauh lebih kuat dibanding strategi rekrutmen tradisional pada umumnya.  

Referral menjadi sebuah jalan ampuh bagi para rekruter jika ingin merekrut kandidat yang berkualitas dan lebih cepat, hal ini karena referral menggunakan metode “pengenalan” dimana kandidat yang diproses merupakan seseorang yang memiliki kenalan didalam sebuah lingkar industri, bidang, atau jabatan tertentu, sehingga skill dan pengalamannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun demikian, kebanyakan perusahaan masih mengalami kendala terkait rekrutmen referral seperti: 

  1. Skala dan jangkauan yang terbatas, terlebih untuk perusahaan kecil dan menengah.
  2. Tidak adanya sistem yang proper untuk merampingkan proses rekrutmen referral dan komunikasi kepada para pemberi referral.
  3. Tidak mengetahui bagaimana cara menjaga motivasi para peserta program referral, sehingga program referral tidak memberikan hasil yang konsisten. 
  4. Cost to hire yang terkesan tinggi tanpa membandingkan risiko waktu dan tenaga atau biaya apabila menggunakan strategi lain (i.e. portal lowongan dan Headhunter)

Terlihat bahwa Anda harus menggunakan sistem sehingga proses rekrutmen referral bisa berjalan praktis dan sistematis untuk semua pihak. Tanpa sistem, kecil kemungkinan strategi rekrutmen referral bisa berjalan efektif. Dan akhirnya, Anda Kembali lagi ke pilihan yang ada saat ini, portal lowongan, Linkedin, atau Jasa Headhunter.

Mengapa Anda Harus Memanfaatkan Employee program

Referral pada nyatanya adalah strategi yang paling hemat biaya serta produktif untuk menemukan kandidat berkualitas. Dan alasannya cukup sederhana yaitu: 

Alasan #1: Menghemat Budget

Ketika Anda merekrut melalui referral, Anda akhirnya mengeluarkan budget yang jauh lebih fleksible dibanding Anda menggunakan jasa Headhunter. Tentunya, budget hanya dikeluarkan ketika ada yang terekrut saja. Jika tidak ada yang terekrut, untuk apa budget dikeluarkan seperti kebanyakan portal lowongan yang meminta Anda membayar langganan agar bisa memasang lowongan. 

Alasan #2: Mempercepat Proses Rekrutmen

Merekrut seseorang dari referral dapat menghemat banyak waktu proses rekrutmen Anda. Perbedaan paling kontras adalah biasanya untuk memproses kandidat referral tidak membutuhkan terlalu banyak tahapan dibanding memproses kandidat yang Anda temukan secara online dari portal lowongan. 

Dalam beberapa kasus, bahkan kandidat referral tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses orientasi. Karena mereka sudah mengenal seseorang di perusahaan Anda.

Alasan #3: Menghasilkan Perekrutan yang Lebih Baik

Sebuah studi baru –  baru ini  mengkonfirmasi bahwa kandidat yang dipekerjakan sebagai hasil dari rekrutmen referral cenderung bertahan lebih lama dari kandidat non-referral. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa kandidat telah menentukan apakah mereka akan cocok atau tidak untuk perusahaan berdasarkan informasi orang yang menjadikanya referral.

Referral terbukti memiliki turnover rate yang sangat rendah jika dibandingkan kandidat dari sumber tradisional seperti portal lowongan dimana perusahaan membuka lowongan untuk semua orang, dan semua orang bisa mengirimkan lamaran. Pada praktiknya rekrutmen referral menjadi sebuah jalan keluar bagi rekruter yang selama ini mendapatkan banyak pelamar namun sedikit saja yang memenuhi kualifikasi.

Melihat fenomena dan kebutuhan ini, Qneksi muncul sebagai sebuah platform rekrutmen referral yang bisa digunakan secara GRATIS oleh semua pihak. Qneksi menyebut dirinya sebagai The “Uber” for Hiring dimana perusahaan bisa membuka lowongan pekerjaan gratis tanpa batas dan setiap orang bisa merekomendasikan orang-orang terdekat yang relevan atau disebut sebagai referrer tanpa harus takut sembarang orang mengirimkan lamaran.

Jika referral tersebut berhasil dipekerjakan oleh perusahaan yang memasang lowongan, maka referrer akan mendapatkan reward yang bisa ditukarkan dengan uang, voucher atau donasi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Qneksi, Anda bisa mengunjungi langsung https://www.qneksi.com

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments