Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Karakteristik yang Perlu Kamu Cermati dalam Sebuah Strategi Branding

2 November 2022
in Business
strategi branding

Siapapun yang berkecimpung dalam urusan marketing pasti mengetahui bahwa branding merupakan proses panjang yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tidak semua kalangan profesional yang memiliki latar belakang marketing menguasai bagaimana trik membentuk strategi branding yang bagus.

Sebaliknya, contoh sukses dari pembentukan brand yang bagus sendiri juga tidak selalu bisa diimplementasikan kepada produk lainnya. Selalu saja karakteristik tertentu yang perlu diikuti pemegang brand agar bisa mencapai pengaruhnya hingga meraih titik maksimal.

CEO Snapcart, Reynazran Royono, yang menjabat sebagai CEO Berniaga.com ini membeberkan sejumlah karakteristik penting dalam sebuah strategi branding yang efektif.

Daftar Isi

  • Sebuah brand perlu berani dan radikal
  • Identitas brand harus melekat ke konsumen
  • Sebuah brand harus bisa menerima persaingan kompetitif

Sebuah brand perlu berani dan radikal

strategi branding

Karakteristik berani dalam proses branding sendiri bisa diartikan banyak hal. Berani membuat sesuatu yang berbeda dibandingkan aslinya, atau mungkin berani menciptakan hal baru yang berbeda dari apa yang sebelumnya sudah ada di luar sana.

Di atas panggung, Rey mencontohkan merk minuman berenergi Kratingdaeng dan Red Bull sebagai perbandingan dua model karakteristik branding.

krating daeng vs redbull

Rey menyoroti keberanian Red Bull dalam mengemas sebuah brand yang sedikit lebih “radikal” dibandingkan Kratingdaeng. Dibandingkan minuman aslinya yang berasal dari Thailand, Dietrich Mateschitz berani mengemas “Kratingdaeng” sebagai brand baru yang menyasak pasar berbeda.

Jika Kratingdaeng di negara asalnya identik dengan minuman buruh kelas menengah ke bawah. Sebaliknya Red Bull identik dengan brand olah raga esktrem dan aktivitas kelab malam.

Keberanian ini menciptakan peluang baru yang lebih kuat dan jauh mengalahkan brandsebelumnya. “Sebuah brand yang kuat tidak dibentuk secara tidak sengaja, tetapi ia dibentuk agar terus bertahan lama” ungkap Rey. Keberanian ini membuat Red Bull jauh lebih dikenal luas dibandingkan Kratingdaeng yang bahkan di negara asalnya sendiri sudah tak mendominasi pasar minuman berenergi.

Identitas brand harus melekat ke konsumen

brand equity pyramid

Berangkat dari pengalamannya menjadi CEO Berniaga.com dan Snapcart, Rey menekankan pentingnya brand untuk menghadirkan jarak yang intim kepada konsumen. “Sebuah band harus dinamis tidak boleh kaku, dan harus bisa menyentuh konsumennya lewat berbagai channel,” jelas Rey. “Penerapan strategi branding yang bagus harus berkembang dari ide awal pembuatan brand itu sendiri,” ungkap Rey sambil memperlihatkan piramida “The Brand Equity”.

Dalam gambar diagram tersebut diperlihatkan bagaimana brand awalnya dibentuk dari identitas (Salience), lalu terus dikembangkan melalui beberapa fase hingga akhirnya membekas di benak para konsumennya.”Resonansi brand yang kuat cenderung mendorong konsumen untuk setia, dan menggunakan produk tersebut berulang-ulang,”

Untuk mencapai posisi tersebut Rey mengakui bahwa hal itu merupakan bagian sulit dan juga menantang dalam pengembangan brand. Agar brand tetap relevan, kamu perlu melakukan audit efektifitas brand strategy kamu dengan menganalisis kembali apa dan bagaimana kamu mengkomunikasikan brand tersebut kepada konsumen.

Selama audit brand, kamu akan melihat kembali bagaiaman posisi brand lewat penilaian kualitas yang meliputi bagaimana brand tersebut digambarkan, demografis target audiens, bagaimana strategi brading nya dijalankan, dan lain-lain.

Sebuah brand harus bisa menerima persaingan kompetitif

redbull monster

Terakhir, Rey menjelasakan bagaimana brand yang baik harus bisa menerima keberadaan kompetitor dan menjadikannya sebagai pemicu progres dan inovasi produk yang lebih baik.

Rey sendiri menjelaskan persaingan Red Bull dengan minuman berenergi Monster Drink sebagai contoh positif dalam kompetisi produk. Baik Monster Drink dan Red Bull sama-sama “bermain” dalam pangsa pasar yang sama. Keduanya membidik audiens yang dekat dengan olah raga ekstrem dan kehidupan kelab malam.

Dalam era di mana perkembangan produk serba sangat dinamis seperti sekarang ini, produsen dituntut selalu mengikuti tren dan terus-menerus mengembangkan produk dan brand mereka. “Inovasi produk inilah yang kelak akan terus membuat brand tersebut bertahan di tengah derasnya persaingan industri dari waktu ke waktu.

“Pastikan kamu menyegarkan strategi branding tersebut dari waktu ke waktu karena ia harus fleksibel dengan perkembangan tren” tutup Rey..


Demikianlah strategi branding yang bisa kamu terapkan pada bisnis kamu. Jika kamu memiliki strategi branding lain silahkan bagikan pengalamanmu.

5/5 - (2 votes)

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: brandbrandingbusinessceo snapcartkrating daeng vs red bullmarketingReynazran Royonostrategi brandstrategi branding
1.6k
VIEWS
Previous Post

Rekomendasi Film Belajar Bisnis dari Drama Korea

Next Post

5 Laporan Bisnis yang Harus Dibuat Startup Tahap Awal agar Tetap Bertahan di Tahun 2023

Related Posts

octa brocker

Mendiversifikasi Risiko Kripto Melalui CFD: Perluas Cakrawala Finansial bersama Octa Broker

6 March 2025
1.4k

Pasar mata uang kripto dikenal akan volatilitasnya. Untuk melawan fluktuasi harga, trader perlu menggunakan tools manajemen risiko yang ketat. Opsi...

pengusaha 2025

Tips Sukses Startup: Tools Penting Pengusaha Masa Kini di Tahun 2025

8 January 2025
1.4k

Menjadi wirausahawan di abad ke-21 ini sangat berbeda dengan wirausaha di masa lalu. Jika kita melihat lebih dari satu dekade...

riset pasar untuk startup

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

27 December 2024
1.5k

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan...

Terpopuler

  • cara jualan laris konten website

    Gunakan Cara Ini! Agar Konten Website Anda Menciptakan Penjualan Luar Biasa

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • PT. Perdana Gapuraprima Mulai Menggunakan Prime System Sebagai Sales Management System

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • Mengenal AsgardCMS, CMS Yang Menggunakan Framework Laravel

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • IndiHome Bergabung dengan Telkomsel pada 1 Agustus, Tarif Lebih Mahal?

    140 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Cara Daftar IMEI Resmi di Indonesia dengan Mudah

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Ini Dia Lima Fakta Menarik Bekerja di Startup

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Yuk Intip Teknologi Apa Saja yang Ada di Bukalapak

    119 shares
    Share 48 Tweet 30
  • 5 Buku Nonfiksi yang Menjadi Favorit Bill Gates di Tahun 2016

    115 shares
    Share 46 Tweet 29
  • 4 Kripto yang Dapat Diakumulasi Minggu Ini untuk Keuntungan Jangka Panjang

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Dampak Akuisisi Tokopedia, GoTo Rugi Besar

    124 shares
    Share 50 Tweet 31

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News