Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

cara kerja powerbank
5/5 - (1 vote)

Powerbank merupakan suatu barang elektronik yang berfungsi untuk mengisi daya yang ada di dalam berbagai gadget. Tidak hanya untuk smartphone, tetapi juga dapat kompatibel dengan alat elektronik atau gadget lain baik itu kipas, drone, alat cukur, konsol game dan lain sebagainya.

Kegunaan powerbank yang semakin semakin fleksibel dan gampang digunakan membuat powerbank semakin ramai diminati oleh banyak orang. Dengan ramainya pembelian power bank, membuat orang-orang harus tahu cara kerja powerbank. Tujuannya adalah  supaya semakin melek terhadap perkembangan teknologi dan tentunya agar dapat membeli powerbank terbaik yang ada di pasaran. 

Bagi yang bertanya-tanya tentang cara kerja powerbank, berikut ini akan membahas secara spesifik tentang bagaimana cara kerja powerbank dalam mengisi daya ke gadget atau alat elektronik yang dimiliki. Mari kita simak ulasannya!

Komponen Power Bank

Dilansir dari electronicsbeliever, cara kerja powerbank tidak lepas dari komponen powerbank dalam mencharger baterai ke smartphone atau gadget lainnya. Beberapa komponen tersebut diantaranya seperti port input, sirkuit charging, sirkuit discharging, port output dan juga indikator.

Port input adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai saluran penghubung untuk mengisi daya powerbank. Sirkuit charging  adalah komponen yang didesain untuk mengisi ulang daya dari charger ke powerbank serta mampu untuk mengatur besaran tegangan arus hingga disuplai ke dalam baterai.

Selanjutnya adalah sirkuit discharging. Komponen ini berfungsi untuk mengatur arus yang diambil dari baterai di dalam powerbank supaya tidak kosong, karena arus yang kosong di dalamnya dapat menyebabkan pendeknya umur baterai. Port output adalah suatu komponen yang digunakan untuk menghubungkan powerbank dengan gadget yang digunakan, hingga terakhir indikator yang berfungsi untuk pemantauan visual yang dapat dilihat dari lampu indikator di dalam powerbank.

Kini powerbank sudah semakin canggih dengan kehadiran berbagai fitur canggih seperti fast charging atau pengisian cepat, keselamatan dan lain sebagainya.

Cara Kerja Power Bank

Komponen powerbank adalah hal dasar yang harus diingat sebelum mengetahui cara kerjanya. Mengenai cara kerja powerbank, ini tidak lepas dari baterai dan atau rangkaian yang ada di dalam produk tersebut.

Setiap powerbank memiliki rangkaian dan jenis baterai yang berbeda-beda. Biasanya powerbank terbaik lebih tahan lama dan pilihan baterai yang digunakan cenderung bagus. Ini berbeda dengan powerbank kualitas abal-abal yang dianggap mudah rusak dan umur baterai tidak berumur panjang.

Dilansir dari Elekkomp, cara kerja powerbank dilihat dari adanya baterai di dalam powerbank tersambung secara paralel, yang menghasilkan arus besar dengan voltase dalam status tetap. Besarnya arus yang dialirkan dari powerbank tidak lepas dari jumlah Ampere yang tertera di dalam spesifikasi powerbank yang dimiliki. Cara kerja ini dapat dilihat dari besarnya kapasitas powerbank dalam mengisi daya di smartphone atau di gadget lain.

Sebagai contoh bila ada powerbank yang terisi penuh dengan kapasitas 10.000 mAH, yang dihubungkan dengan baterai smartphone sebesar 2500 mAH, maka pengisian daya dapat dilakukan sebanyak empat kali.  

Input dan output juga berpengaruh pada cara kerja powerbank. Input dalam powerbank merupakan sistem  yang bertugas untuk mempercepat pengisian daya. Semakin besar input yang dimiliki (dalam bentuk Ampere), maka akan semakin cepat pula proses pengisian daya.

Hal ini agak berbeda dengan output. Supaya dapat melakukan pengisian baterai secara normal, dibutuhkan output powerbank yang sama dengan output gadget yang dimiliki. Misalnya, suatu powerbank memiliki output sebesar 2 A, maka sudah seharusnya memilih output yang juga sebesar 2A.

Bila masih ragu, cara teraman agar powerbank bekerja optimal juga dapat dilakukan dengan menyamakan input dan output power bank dengan smartphone atau gadget yang dimiliki.

Penutup

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja powerbank, kini saatnya Anda harus mengetahui apa-apa saja tips yang  harus dilakukan dalam membeli powerbank. Beberapa langkah tersebut di antaranya adalah dengan pilih powerbank dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan dan pastikan powerbank memiliki sertifikat terpercaya seperti CE atau FCC.

Di samping itu, pemilihan powerbank juga harus dilihat dengan cara pastikan powerbank memiliki garansi resmi, adanya fitur tambahan berupa fitur pengaman, dan tentunya pilih model yang sesuai dengan selera. 

Dengan demikian, akan mendapatkan powerbank terbaik yang membuat baterai gadget Anda menjadi lebih tahan lama.

Itulah artikel tentang bagaimana cara kerja powerbank, semoga Anda mengerti lebih dalam tentang powerbank, sehingga Anda bisa mendapatkan produk powerbank yang awet dan tahan lama. 

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments