Trentech.id

Berkontribusi untuk Sosial dengan IT

Setiap orang pasti pernah berpikir apa yang kita bisa lakukan bagi sekitar. Apa yang bisa mereka berikan kepada masyarakat luas. Tentu saja dengan kemampuan yang kita miliki tentunya. Berkontribusi disini bisa dalam banyak hal bisa berupa tenaga, barang, uang dan lainya. Alasan kita harus berkontribusi tentu saja apabila kita membantu banyak orang akan menambah efek positif kedalam diri kita. Selain itu kita bisa mendapatkan banyak hal seperti membuat bahagia dan lainya.

Kontribusi untuk sosial sendiri ini banyak bentuk, seperti bisa membantu ke yayasan sosial, membantu ke panti asuhan, dan lainya. Tetapi karena saya sebagai web developer tentu saja yang saya jelaskan adalah bagaimana berkontribusi kepada sosial di bidang IT. Tentu saja banyak bentuk cara yang kita bisa lakukan untuk berkontribusi.

Awalnya kita bisa menentukan kemampuan apa yang kita bisa sumbangkan setelah itu bisa mencari melalui media mana kita bisa berkontribusi. Sebagai contoh saya sebagai web developer bisa berkontribusi terhadap pembuatan website lembaga-lembaga sosial. Seperti website panti asuhan, website lembaga penyelamatan hutan, website penyelamatan hewan terlantar dan lainya. Tentu saja anda bisa melakukan kontribusi lebih dari itu sesuai bidang yang anda geluti.

Tadi saya berperan sebagai web developer, kali ini saya berperan sebagai keseharian saya sebagai mahasiswa tentunya. Mungkin mahasiswa yang setiap hari masih disibukan dengan tugas tugas kuliah belum terpikirkan untuk berkontribusi untuk sosial. Sebagian mahasiswa mungkin akan berkontribusi apabila ada acara sosial dikampus yang digalang organisasi kampus.

Tetapi kita sebagai mahasiswa bisa melakukan selain hal tersebut, kita bisa melakukan hal terkecil seperti membuat grup kecil dikelas lalu setiap anak bisa sharing seputar ilmu yang dia kuasai. Terus bergantian antara setiap orang sehingga ilmu yang mereka dapat lebih banyak dan pemikiran mereka pun lebih luas. Dengan begitu domino efek pun terjadi dimana setiap anak terbiasa membagi ilmu yang mereka kuasai ke anak lain. Tentu saja sangat berpengaruh ke sosial karena dengan begitu ilmu yang dimiliki dapat mereka gunakan sebaiknya bagi diri mereka dan lingkunganya.

  Ramalan Tapat Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana

Mungkin sebagian masih bingung mau berkontribusi apa untuk sosial, tetapi tidak ada salahnya apabila dimulai dengan langkah-langkah kecil setiap hari yang kita dapat lakukan. Dengan begitu kita akan terbiasa berkontribusi dan membantu sesama.

by Indra Nugraha – Kontributor TrenTech.id

Advertisements

Indra Nugraha

Fullstack Web Developer | Javascript Ethusiast

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements