5 Situs Penyedia Sumber Daya yang Dapat Membantu Kamu dalam Mendirikan dan Mengembangkan Startup

Di awal tahun monyet api ini apakah kamu masih berpikiran untuk mendirikan startup? Atau kamu sudah punya startup, tapi sedang terganjal masalah dana dan sumber daya (resource)? 5 situs penyedia sumber daya berikut dapat membantu kamu dalam mendirikan dan mengembangkan startup.

Startup Stash

Startup Stash

Ingin mendirikan startup, tapi tidak tahu dari mana memulai? Situs ini dapat membantu kamu mempersiapkan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendirikan sebuah startup. Mulai dari mencari ide, membeli domain situs, analisis pasar, dan lainnya.

Startup Stash telah mengoleksi sekitar 400 informasi produk dan layanan yang terbagi menjadi 40 kategori. Semuanya kategori tersebut berhubungan dengan startup.

Freebie.Supply

Freebie Supply

Sebagai perusahaan rintisan, kamu tentunya memiliki dana dan sumber daya yang terbatas. Khususnya untuk mendukung pengembangan produk. Akan tetapi jangan khawatir, karena ada Freebie.Supply, sebuah situs yang menyediakan berbagai sumber daya gratis untuk pengembangan produk kamu.

Di Freebie.Supply kamu akan menemukan berbagai sumber daya yang dapat membantu produktivitas, pembuatan desain, hingga pemasaran dari startup kamu. Layanan ini cocok untuk kamu yang ingin mendirikan startup, namun memiliki dana minim.

FounderKit

Founders Kit

Apabila situs sebelumnya menyediakan sumber daya yang gratis, FoundersKit sebaliknya. Situs ini menyediakan berbagai macam tool berbayar yang dapat membantu pengembangan produk kamu. Akan tetapi menariknya adalah, kamu hanya cukup membayar $56 (sekitar Rp700.000) per tahun untuk bisa mengakses berbagai tool yang bernilai setara dengan $6.000 (sekitar Rp80 juta).

Tool yang disediakan sangat beragam. Seperti Marvel untuk desain prototipe, Treehouse untuk belara pemrograman online, Stamplay untuk membuat aplikasi web, dan masih banyak lagi. Investasi yang menarik dan bisa dibilang cukup terjangkau untuk startup baru.

Startup Launch List

Startup Launch List

Oke, anggap saja produk dari startup kamu telah selesai dalam versi beta dan tahap selanjutnya adalah meluncurkan produk tersebut ke publik. Sebagai orang yang belum memiliki banyak pengalaman, meluncurkan produk tanpa persiapan merupakan mimpi buruk.

Jadi situs ini dapat membantu untuk mempersiapkan kamu yang ingin meluncurkan produk ke publik. Startup Launch List menyediakan berbagai jenis referensi artikel dari orang-orang yang telah berpengalaman mendirikan startup teknologi, seperti Paul Graham, Fred Wilson, Chris Dixon, dan lainnya.

Growth Tool

Growth Tools

Setelah meluncurkan produk, langkah penting selanjutnya adalah mengembangkan startup kamu. Mulai dari mengembangkan basis pengguna, produk, penjualan, dan lainnya. Lalu bagaimana caranya?

Jawabannya bisa kamu temukan melalui Growth Tool, sebuah situs yang mengkurasi berbagai macam sumber daya yang dapat membantu proses pengembangan startup kamu. Layanan yang disediakan cukup banyak, mulai dari analisis, e-mail marketing, SEO, landing page, media sosial, A/B testing, dan lainnya. [md/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments