fbpx
Trentech.id

Bermitra Dengan UMKM, Aplikasi Ini Membantu Tingkatkan Pengunjung Toko Anda

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor penting perekonomian Indonesia. Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik, dan United Nation Population Fund, memprediksi jumlah pelaku UMKM di Indonesia pada 2018 sebanyak 58,97 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018 diprediksi mencapai 265 juta jiwa. Proses membentuk jenis usaha ini tidak terlalu rumit dan modal yang dibutuhkan pun cendrung kecil. Namun tahukah Anda jika UMKM memiliki dampak yang besar bagi roda perekonomian Indonesia? UMKM ibarat peribahasa “Kecil-kecil cabe rawit”, apalagi ditambah dengan perkembangan teknologi berbasis aplikasi yang semakin memudahkan para pelaku usaha untuk mulai membangun UMKM dengan jenis usaha yang beragam. Tidak hanya sampai di situ, dukungan pemerintah di bawah Kementerian Koperasi dan UKM membuat perjalanan dan perkembangan UMKM semakin mudah dengan memberikan banyak manfaat khususnya bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah, seperti memberikan pelatihan, modal atau dalam pengembangan usaha.

Lantas bagaimana UMKM bisa menjadi penting bagi roda perekonomian Indonesia? Berikut manfaatnya:

Solusi Usaha Bagi Masyarakat Kecil

UMKM sebagai salah satu solusi perekonomian masyarakat menengah ke bawah, yang memiliki latar belakang pendidikan kurang walaupun faktanya ada pelaku usaha ini yang memiliki pendidikan tinggi. Masyarakat dapat memulai usaha ini sesuai dengan kemampuannya tanpa ada persyaratan khusus.

Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Meningkatnya penyerapan tenaga kerja untuk memenuhi sektor UMKM memberikan kesempatan kepada masyarakat dengan latar belakang pendidikan rendah untuk memperoleh pekerjaan. Jika UMKM tetap stabil, dampaknya akan besar yaitu mengurangi angka kemiskinan.

  Inilah Pentingnya Tempat Duduk Pada Pertemuan Investor

Kestabilan Perekonomian Indonesia

Apabila UMKM terus berkembang dan tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia, maka akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi negara. Manfaat sederhananya kehidupan masyarakat ekonomi menengah ke bawah akan membaik. Secara tidak langsung angka pendapatan nasional Indonesia pun akan meningkat.

Melihat peran penting UMKM ini, bukan mustahil jika Indonesia ke depan akan memiliki penyebaran ekonomi yang merata. Namun tentu saja masih ada kendala untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah tidak semua pelaku UMKM dapat dengan mudah mengembangkan usahanya terutama dari segi promosi. Banyak UMKM yang sebenarnya menarik tapi kurang mendapat perhatian masyarakat karena lokasinya yang tidak strategis dan sulit diakses. Sebagai contoh penjual bakso atau pelaku-pelaku usaha mikro dan kecil lainnya yang hanya mengandalkan konsumen yang datang langsung ke toko/tenant atau rekomendasi dari mulut ke mulut. Padahal perkembangan teknologi digital sangat membantu para pelaku usaha kecil untuk dapat mengenalkan usahanya secara mudah dan praktis.

“Kami dari Cari Aja, aplikasi pencarian tempat berdasarkan posisi GPS ingin memberikan solusi bagi teman-teman pelaku usaha UMKM untuk membantu mempromosikan dan meningkatkan jumlah kunjungan di toko Anda. Teman-teman yang usahanya belum terdaftar di aplikasi Cari Aja bisa langsung “add place” dan segera melakukan “claim as owner” agar calon konsumen bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai toko Anda” ujar Ibu Fera selaku Chief Marketing Officer aplikasi Cari Aja.

Cari Aja adalah aplikasi pencarian tempat di sekitar yang dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Fitur pertama adalah “Tambah Tempat” atau “Add Place” yang memungkinkan Anda untuk mendaftarkan usaha Anda di aplikasi Cari Aja. Fitur ini gratis, tanpa dipungut biaya, dan prosesnya pun sangat mudah. Di aplikasi Cari Aja pengguna juga dapat melakukan panggilan telepon ke toko Anda untuk melakukan reservasi ataupun pemesanan langsung.

  Template Invoice Gratis, Buat Bisnis Anda Lebih Dipercayai Pelanggan?

Apabila toko/usaha Anda sudah terdaftar di aplikasi Cari Aja, Anda dapat memanfaatkan fitur kedua, yakni melakukan “Klaim Sebagai Pemilik” atau “Claim as Owner” yang memberikan Anda akses khusus sebagai mitra Cari Aja untuk mengelola sendiri toko Anda, seperti update foto dan harga, jadwal buka/tutup, memberikan informasi promo, dan masih banyak lagi. Toko yang sudah diklaim sebagai pemilik akan mendapatkan icon contreng biru sebagai penanda. Ini tentunya akan memudahkan konsumen untuk terus mendapat informasi terbaru dari toko Anda, yang memancing mereka untuk dating langsung ke toko Anda.

Aplikasi Cari Aja

“Cari Aja ingin merangkul teman-teman UMKM sebagai mitra kami. Dengan dua fitur utama bagi merchant ini, kami berharap dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan jumlah kunjungan di toko Anda, yang pada akhirnya dapat mencetak angka penjualan” tambah Ibu Fera.

Advertisements
Please Login to comment
Advertisements