fbpx
Trentech.id

Apakah Kamu Menjual Produk ke Pengguna yang Salah? Ini Dampaknya!

Salah satu konsep terpenting dan inti dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana menjual produk kita kepada pengguna. Kita bisa menghasilkan produk berkualitas dan memiliki tim yang solid, tapi jika tidak tahu bagaimana cara menjual yang baik, bisnis kita tidak pernah bisa berkembang. Menjual ke orang yang salah juga merupakan hal yang menghambat perkembangan bisnis. Orang yang salah di sini adalah orang yang tidak bisa mendapatkan atau tidak membutuhkan value yang ditawarkan.

Berikut beberapa dampak yang bisa terjadi jika kita menjual produk ke orang-orang yang salah.

Biaya pelayanan pelanggan yang tinggi

Yang paling bahaya dari menjual produk ke pengguna yang salah adalah feedback negatif yang bermunculan. Jika pengguna yang ditargetkan dari awal merupakan pembeli yang salah, produk tidak akan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Demikian pula sebaliknya, jika tidak peka menilai pengguna maka produk akan dikembangkan akan mengarah ke jalur yang salah. Tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya.

Banyaknya feedback negatif tentu akan menguras banyak energi di sektor pelayanan pelanggan. Banyak komplain dan sejenisnya, karena pada dasarnya sebuah produk tidak akan bekerja dengan baik dengan pengguna yang salah.

Salah satu cara mengidentifikasi pengguna yang salah dengan melihat bagaimana mereka menanggapi sebuah produk. Biasanya pengguna yang salah tidak menemukan value yang ditawarkan dan sebagian dari mereka terlalu sering menanyakan diskon.

Merusak reputasi

Media sosial telah mengubah bagaimana cara bisnis mengelola citra mereka di publik. Semakin banyak ulasan positif di media sosial artinya semakin baik citra bisnis di masyarakat. Masalahnya jika produk terjual ke pengguna yang salah dan mereka tidak bisa mendapatkan value, konsumen ini tidak bisa mendapatkan apa yang ingin mereka dapatkan. Mereka ini yang jika banyak menuliskan di media sosial bisa berdampak pada reputasi produk dan bisnis secara umum.

  BLANJA.com Bangkrut Terkena Efek Pandemi

Dampak negatif ini juga akan melebar dan menjangkiti moral tim yang merasa mengembangkan sesuatu yang tidak berguna. Padahal yang mereka kembangkan bukan tidak berguna, tetapi tidak tepat sasaran.

Untuk bisa mengatasi kesalahan menjual kepada pengguna yang salah, bisnis harus waspada ketika mencoba melebarkan basis pengguna. Selalu pastikan mereka memenuhi kriteria sebagai target pasar yang diinginkan. Pastikan semua data yang didapat bisa divalidasi. [ds/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments