Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Pentingnya Mengoptimalkan Toko Fisik Layaknya Toko Online

18 August 2017
in Business
Pentingnya Mengoptimalkan Toko Fisik Layaknya Toko Online
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

  • Berhubungan dengan komunitas lokal
  • Tetap mengandalkan toko online dan offline
  • Mengandalkan SEO berkualitas tinggi
  • Beri insentif untuk konsumen offline
  • Buat program loyalitas
Berikan rating

Meskipun model bisnis online menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi, namun masih banyak pemiliki toko fisik yang masih menjadikan pengadaan toko sementara (pop up store) sebagai salah satu andalan distribusi penjualan.

Artikel ini akan membahas lebih dalam strategi yang perlu dilakukan oleh Anda pemilik toko fisik sekaligus penjual online, untuk mengoptimalkan toko fisik jadi lebih menguntungkan bagi bisnis Anda. Berikut rangkumannya:

Baca lagi

Ini Dia 5 Solusi Membuat Toko Online Gratis Tanpa Koding

Berhubungan dengan komunitas lokal

Ketika harga sewa toko melambung, ada ROI marketing yang nyata bisa ditemukan dalam lokasi persewaan toko. Seringkali merek online harus bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Hal ini tentunya memakan waktu yang sangat panjang. Mereka pun biasanya mengandalkan peranan dari kehumasan yang bisa memakan biaya besar atau menghabiskan ongkos tersebut untuk membuat iklan banner.

Sebaliknya, jika Anda memiliki toko fisik, ini akan memberi Anda sinyal bahwa perusahaan itu diinvestasikan untuk masyarakat luas. Anda bisa berkesempatan mengikuti ruang oleh komunitas mengikuti pameran di lingkungan sekitar.

Tetap mengandalkan toko online dan offline

Mempertahankan toko fisik tidak mengharuskan Anda untuk menjaga ruang gudang berisi barang-barang bernilai jutaan dolar. Pelanggan bermindset modern umumnya sudah familiar dengan membeli barang secara online dan banyak diantara mereka yang puas meninggalkan toko tanpa menenteng barang belanjaan di tangan mereka.

Fakta ini akan bermanfaat bagi Anda untuk mengurangi kebutuhan terhadap keberadaan gudang yang besar. Ongkos yang diperlukan untuk menyewa gudang lebih luas dapat lebih ditekan. Kemudian mengalihkan ongkos tersebut untuk pemasaran online.

Mengandalkan SEO berkualitas tinggi

Saat ini konsumen mengandalkan pencarian online sebelum mereka mengunjungi toko fisik. Maka dari itu, praktik SEO sangat penting untuk strategi pemasaran yang baik. Pastikan setiap kata kunci sudah Anda pakai agar toko offline makin mudah ditemukan calon konsumen.

Beri insentif untuk konsumen offline

Orang itu umumnya menyukai diberi insentif. Sebaiknya Anda tawarkan program customer referral untuk mereka yang berhasil membawa seorang teman saat berbelanja di toko. Insentif adalah alat yang hebat untuk mendorong pembelian baru.

Referral bisa menjadi jalur penjualan terbesar bagi bisnis Anda, lebih besar dari biaya pemasaran, media sosial, PR, atau iklan banner. Dari sana Anda bisa menanyakan langsung ke konsumen bagaimana pengalaman mereka saat berkunjung ke toko. Apabila mereka punya pengalaman yang baik, Anda jadi tidak ragu untuk bertanya lebih lanjut apakah mereka memiliki teman atau rekan untuk dibawa ke toko.

Buat program loyalitas

Saat membangun loyalitas, umumnya konsumen mencari lebih dari sekadar barang yang mereka cari di rak toko. Mereka mencari pengalaman yang menarik dan unik untuk menjadi alasan kuat kembali ke toko yang sama kembali berbelanja.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan untuk hal ini adalah menghadirkan stylist agar hubungan dengan konsumen jadi lebih intim. Stylist dapat menyarankan tren baju seperti apa yang cocok. Lalu menyapa seluruh pengunjung dengan memanggil nama mereka, meluangkan waktu untuk barang apa yang ingin dicari, dan lainnya. Cara ini diyakini dapat meningkatkan empati yang membuat konsumen kembali datang ke toko Anda pada masa mendatang. [ds/ap]

Tags: mengoptimalkantoko fisiktoko online
Previous Post

Apakah Kamu Menjual Produk ke Pengguna yang Salah? Ini Dampaknya!

Next Post

Belajar Dari CTO Mister Aladin, 3 Strategi Skalabilitas Website Dengan Traffic Tinggi

Related Posts

Ini Kebiasaan Jeff Bezos yang Membuatnya Sukses Mendirikan Amazon

Ini Kebiasaan Jeff Bezos yang Membuatnya Sukses Mendirikan Amazon

18 July 2023
1.5k

Sekitar 22 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 5 Juli 1994, Jeff Bezos mendirikan sebuah e-commerce yang bernama Amazon dari garasi...

contoh pitch deck bisnis

Kerangka Pitch Deck Bisnis yang Efektif untuk Mempersuasi Investor

8 June 2023
1.5k

Pitch deck adalah presentasi singkat yang digunakan oleh para pengusaha untuk mempresentasikan ide bisnis mereka kepada investor. Presentasi ini membutuhkan...

cara membagi saham

Panduan Lengkap Cara Membagi Saham Startup

21 September 2023
1.4k

Memiliki sebuah startup adalah mimpi bagi banyak orang. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah bagaimana cara...

Terpopuler

  • fitur flipper zero

    Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    347 shares
    Share 139 Tweet 87
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1349 shares
    Share 539 Tweet 337
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    321 shares
    Share 128 Tweet 80
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    464 shares
    Share 186 Tweet 116
  • Qlapa Gulung Tikar

    198 shares
    Share 79 Tweet 50
  • Cara Membeli Flipper Zero Indonesia

    114 shares
    Share 46 Tweet 29
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    177 shares
    Share 71 Tweet 44
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    209 shares
    Share 84 Tweet 52
  • Cara Remote Flipper Zero: Mengendalikan Perangkat dengan Mudah

    122 shares
    Share 49 Tweet 31
  • 5 Pokemon Terkuat dan Terfavorit

    195 shares
    Share 78 Tweet 49

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In