Trentech.id

Simak Cara Mengkonversikan Ide Menjadi Bisnis dengan Cepat

Membangun bisnis bisa menjadi perjalanan panjang yang melelahkan, sarat dengan kendala dan perubahan yang terjadi. Jika saat ini Anda memiliki ide dan berniat untuk menurunkan ide tersebut menjadi bisnis, artikel berikut ini bisa membantu untuk melancarkan rencana, bagaimana membuat ide kreatif menjadi bisnis yang menguntungkan.

Lemparkan produk ke publik segera

Salah satu cara ampuh untuk melihat apakah ide Anda bakal menjadi favorit dan pilihan publik adalah dengan langsung melemparkan ide atau layanan tersebut kepada publik. Buatlah prototype yang sederhana kemudian coba ‘goda’ target pasar Anda dengan produk yang akan diluncurkan, dari situ nantinya akan terlihat dengan jelas apakah ide Anda baik atau buruk. Faktor penentu ide anda diterima baik oleh publik adalah, ketika anda mampu membangun pengguna yang setia dan tentunya reputasi yang baik dari brand sejak awal.

Buatlah business plan

Bukan hanya bermanfaat untuk memberikan penjelasan secara detil tentang bisnis yang Anda miliki, business plan juga bisa menjadi senjata ampuh untuk meyakinkan kepada calon investor bahwa Anda fokus dengan usaha yang dijalankan. Banyak perusahaan hingga bank yang melihat seperti apa business plan yang dimiliki sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman dana.

Pastikan business plan memuat data dan informasi yang akurat, singkat dan relevan, kemudian jangan lupa untuk mengetahui siapa target pasar yang disasar dan uraikan semua dalam business plan, dan yang terakhir buatlah rencana-rencana jangka panjang yang ingin Anda terapkan dalam usaha Anda.

Tingkatkan kemampuan pitching

Buatlah presentasi atau gaya pitching Anda semenarik mungkin, sesuaikan siapa investor yang ingin diincar dengan melakukan survei dan pengecekan latar belakang investor tersebut. Dengan demikian materi pitching Anda bisa relevan dengan investor yang Anda sasar. Ciptakan kalimat yang menarik dan singkat yang menggambarkan apa bisnis yang ingin Anda bangun.

  Blackberry Pindah ke Layanan Cybersecurity?

Content marketing

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis Anda yaitu dengan membuat content marketing yang menarik dan tempatkan inbound link dari para influencer yang cukup berpengaruh kepada bisnis Anda. Dengan demikian Anda bisa memperluas kesempatan untuk pemasaran dan promosi secara online dengan mengandalkan relasi yang baik dengan para influencer pilihan.

Newsletter

Cara penyebaran infomasi dan konten marketing yang efektif adalah melalui newsletter kepada para subscriber situs bisnis Anda. Untuk itu ciptakan situs yang menarik dan lancarkan kegiatan promosi serta sebarkan konten yang viral, dengan harapan bisa mengarahkan traffic pengguna ke situs Anda dan mendaftarkan email mereka. Kumpulkan sebanyak-banyaknya email tersebut untuk kemudian Anda bisa menggunakannya untuk menyebarkan informasi yang relevan tentang bisnis yang Anda miliki.

Percantik situs perusahaan

Situs perusahaan adalah suara dari perusahaan Anda, untuk itu manfaatkan situs perusahaan sebagai platform komunikasi serta penyebaran informasi kepada publik. Sebelumnya pastikan situs Anda responsive yang bisa memberikan user-experience terbaik kepada orang yang mengunjungi situs perusahaan Anda.

Bersosialisasi secara online dan offline

Cara lain yang mampu memberikan efek positif untuk bisnis yaitu dengan melakukan kegiatan sosialisasi secara online dan offline. Apakah membangun komunitas online yang baik, menciptakan relasi dengan influencer, dan follower di akun media sosial perusahaan atau menghadiri acara workshop, seminar eksibisi secara langsung. Dengan demikian akan lebih banyak lagi orang yang mengetahui bisnis Anda, dan tentunya kesempatan terbaik untuk melakukan networking sekaligus berpromosi. [ds/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements