fbpx
Trentech.id

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Startup

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan menjelaskan bagaimana untuk mengetahui lebih lanjut tentang kompetitor Anda, pelanggan potensial dan yang paling krusial adalah melihat reaksi mereka terhadap harga dari layanan atau produk yang akan Anda tawarkan.

Lakukan uji coba paling dasar ide bisnis Anda

Jika Anda yakin memiliki ide yang sangat baik untuk bisnis, Anda tidak harus membiarkan diri Anda untuk terlalu yakin dan percaya diri teradap ide bisnis yang ada. Anda harus menguji secara menyeluruh dengan melakukan beberapa riset pasar yang paling mendasar. Dengan melakukan hal tersebut, selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tentukan pelanggan yang tepat

Fokus utama tentu saja adalah pelanggan. Anda harus mencari tahu berapa banyak permintaan untuk produk atau layanan, jenis yang orang atau bisnis akan membeli produk dan layanan? Apakah mereka masuk ke dalam kategori yang berbeda? Menjadi hal yang bijaksana untuk fokus pada kategori tertentu dari pelanggan, bukan hanya berharap Anda menarik bagi semua orang, kecuali produk dan jasa Anda memiliki daya tarik pasar dalam skala yang besar. Anda perlu mencari tahu, siapa orang yang membutuhkan apa yang Anda tawarkan.

Menentukan harga yang sesuai

Cari tahu dengan benar terkait dengan berapa banyak dan seberapa sering target pasar akan membeli produk atau layanan yang akan Anda tawarkan, reaksi harga adalah informasi yang paling penting dari semua. Kemudian Anda akan dapat menentukan apakah atau tidak Anda memiliki ide yang layak untuk bisnis. Mungkin ada beberapa pelanggan yang akan siap untuk membayar lebih, hal tersebut bisa diketahui dengan melakukan riset pasar di awal.

  Teknik Dasar Fundraising untuk Startup yang Wajib Kamu Ketahui

Mencari tahu siapa kompetitor

Tingkat persaingan adalah faktor lain yang penting untuk dipertimbangkan. Mengidentifikasi pemain lain di pasar Anda dan mencari tahu apa yang mereka tawarkan. Apakah mereka berhasil, dan jika demikian  mengapa? Apa kekuatan dan kelemahan mereka? Berapa besar harga yang mereka tawarkan dan apakah Anda mampu bersaing?

Jika Anda beranggapan produk atau layanan yang Anda miliki bisa mengalahkan kompetitor tersebut, apakah Anda memiliki rencana cadangan? Anda mungkin harus memotong biaya Anda atau mengubah proposisi Anda. Pastikan Anda memiliki cukup ruang di pasar untuk layanan atau produk yang akan Anda hadirkan.

Mencermati pengaruh eksternal

Hal-hal yang terjadi di luar seperti ekonomi hingga suasana politik, bisa menjadi vital. Jika orang tidak tertarik untuk mengeluarkan uang membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan tentunya akan menjadi kendala. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah hukum dan legalitas serta aturan yang wajib Anda patuhi terkait dengan layanan atau produk yang akan dihadirkan.

Lakukan pencarian secara online

Cara paling mudah yang bisa dilakukan saat melakukan riset pasar adalah melihat semua informasi yang telah tersedia secara online. Mulai dari siapa kompetitor Anda, target pelanggan yang disasar dan siapa mitra serta supplier yang ideal untuk produk atau layanan Anda.

Namun demikian riset pasar yang paling ideal tentunya adalah melakukan kegiatan langsung ke publik dan melakukan percakapan dengan target pasar serta pihak terkait lainnya. Pencarian informasi secara online bisa menjadi salah satu cara, namun disarankan untuk melakukan kunjungan atau aksi langsung ke target pasar.

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements