fbpx
Trentech.id

Kumpulan Situs Pencari Kerja Terpopuler di Indonesia

situs pencari kerja

Mendapat pekerjaan di zaman yang terbilang sangat kompetitif di abad 21 ini memang tidak mudah. Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Februari 2016 pernah mengungkap jumlah pengangguran di Indonesia mencapai tujuh juta orang. Salah satu alasannya, kemungkinan mereka tidak mengetahui informasi seputar lowongan pekerjaan atau loker yang tersedia di sekitar mereka.

Permasalahan inilah yang kemudian mendorong bermunculannya berbagai platform informasi seputar lowongan kerja di Indonesia, baik startup lokal maupun dari luar negeri. Pada edisi kali ini, Trentech.id sebagai mana mengutip dari TIA ID merilis daftar situs di Indonesia yang menyediakan informasi seputar lowongan kerja di Indonesia. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.


Glints

Tampilan situs layanan pencari kerja Glints | Image

Glints hadir di tanah air di awal tahun 2016 untuk membantu anak muda dalam menemukan passion mereka. Startup pencarian kerja asal Singapura ini sebelumnya mengklaim telah memiliki lebih dari 20.000 nama terdaftar yang kebanyakan dari kalangan muda, serta sedikitnya dua ribu nama perusahaan yang memberi listing lowongan pekerjaan di dalamnya.


Qerja

Halaman muka Qerja | Screenshot

Qerja memungkinkan penggunanya membagikan informasi seputar tempat kerja, gaji, dan review peran mereka di sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa difilter berdasarkan lokasi, bidang pekerjaan, industri, dan gaji. Terdapat juga opsi Fresh Graduate yang hanya akan menampilkan lowongan untuk mereka yang baru lulus.


Urbanhire

Urbanhire | Screenshot

Urbanhire awalnya hanya menampilkan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang menjadi partner mereka. Namun pada tahun 2016 lalu, Urbanhire meluncurkan layanan baru yang bernama Urbanhire Search, yaitu fungsi agregator yang bisa menampilkan lowongan pekerjaan dari berbagai situs—bukan hanya lowongan yang mereka sediakan saja. Dengan penyatuan informasi yang dilakukan Urbanhire, kini kamu tidak perlu lagi membuka situs-situs lowongan kerja satu per satu.


Jora

Halaman muka Jora | Screenshot

Startup asal Australia ini hadir sebagai agregator dari situs pencarian loker yang sudah ada di Indonesia. Artinya, cukup dengan membuka Jora, kamu sudah bisa mencari lowongan kerja dari berbagai portal loker di Indonesia.

Dengan fungsinya sebagai search engine, Jora memiliki tampilan pencarian sesimpel Google dan memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs JobStreet dan JobsDB Indonesia. Di samping itu, Jora juga menampilkan loker dari perusahaan dan agen rekrutmen yang menghubungi mereka untuk mencari kandidat dari berbagai posisi.


Indeed

Halaman muka Indeed | Screenshot

Indeed merupakan situs pencarian loker global yang telah beroperasi di enam puluh negara, termasuk Indonesia. Selain menyediakan lowongan yang dipasang oleh partnernya, Indeed juga memiliki fitur agregator yang memungkinkan pencarian dari situs loker lain, surat kabar, laman karier di situs perusahaan, dan sebagainya. Sama seperti Jora, Indeed juga mengadopsi tampilan yang simpel ala search engine Google.


JobStreet

Halaman muka JobStreet | Screenshot

Berdiri sejak tahun 1995, JobStreet diklaim sebagai salah satu situs rekrutmen online terkemuka, bahkan hingga di tingkat Asia Pasifik. Sekalipun berasal dari Malaysia, JobStreet juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan di beberapa negara lainnya yaitu Singapura, Filipina, Jepang, Vietnam, dan tentu saja negara kita. Di Indonesia sendiri, JobStreet telah membuka kantor perwakilan di daerah Jakarta Pusat.


JobsDB

Halaman muka JobsDB | Screenshot

Tiga tahun setelah JobStreet berdiri, lahirlah JobsDB di Hong Kong pada tahun 1998. JobsDB mengklaim sebagai portal lowongan kerja terfavorit di Asia bagi pencari kerja di Cina, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan tentu saja Indonesia. Menariknya, bagi kamu pengguna asal Indonesia yang mendambakan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), secara khusus JobsDB menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan terkait PNS.


Jobscdc

Halaman muka Jobscdc | Screenshot

Sekalipun pengembangan tampilan situsnya terlihat kurang begitu meyakinkan, namun Jobscdc (jobs and career development center) populer di kalangan para pencari kerja karena kategori loker CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mereka sediakan. Di Indonesia, profesi sebagai seorang PNS sendiri masih dianggap prestisius karena menjamin keamanan finansial di masa tua kelak. Tak heran jika kategori ini masih dilirik hingga sekarang.


Job-Like

Halaman muka Job-Like | Screenshot

Dari pemilihan bahasa, tagline, dan cara Job-Like menjadikan menu “lokasi” pada kolom pertama yang menyebutkan 33 provinsi, bisa dibilang Job-Like merupakan salah satu situs pencarian lowongan kerja yang memang dikerjakan oleh startup lokal. Job-Like menyediakan lowongan pekerjaan kerah putih/ white collar (baca: pekerja kantoran). Selain itu, Job-Like juga menyediakan informasi lowongan CPNS.


Loker

Loker ID | Screenshot

Loker sendiri diklaim sebagai pionir situs pencarian lowongan kerja lokal sejak berdiri pada 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker juga menjamin keabsahan dan keakuratannya, karena setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual sebelum dipublikasikan secara online.


Karir

Halaman muka Karir | Screenshot

Klaim Loker sebagai pionir lokal dalam penyedia informasi lowongan pekerjaan sejak 20 Maret 2007 dipatahkan oleh Karir yang diklaim berdiri sejak tahun 1999. Berlokasi di Jakarta di bawah naungan PT. Trinet Pacific International, Karir tampak digarap profesional melihat kerja samanya dengan berbagai perusahaan besar dan universitas ternama dalam menyediakan informasi loker.


Jobindo

Halaman muka Jobindo | Screenshot

Berdiri sejak tahun 2005 di Jakarta, Jobindo menambah deretan situs penyedia lowongan pekerjaan buatan lokal. Sejak mulai beroperasi dua belas tahun silam, Jobindo, yang beroperasi di bawah PT. Jobindo Indonesia, memudahkan pencari kerja dengan menyediakan menu lowongan teratas, lowongan terbaru, perusahaan teratas, perusahaan terbaru, lowongan populer, dan lokasi kerja populer.


Jobfinder

Halaman muka jobfinder | Screenshot

Berbeda dengan situs sebelumnya yang telah dibahas, Jobfinder merupakan mesin pencari yang khusus menyediakan jutaan informasi lowongan pekerjaan dari ribuan industri dan kategori. Dilihat dari pemilihan domain, kami belum menemukan banyak informasi mengapa Jobfinder yang berbasis di Jerman ini menargetkan pencari kerja asal Indonesia. Jobfinder sendiri menempatkan diri sebagai agregator.


Bukapintu

Bukapintu | Screenshot Homepage

Bukapintu adalah sebuah portal karier yang secara spesifik menyasar kalangan mahasiswa atau fresh graduate. Di sini, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan baik yang sifatnya tetap maupun tawaran magang ke sejumlah perusahaan maupun startup di Indonesia.

Untuk membantu pencari kerja maupun perusahaan, Bukapintu menambahkan sejumlah fitur. Salah satunya, perusahaan dapat mempublikasikan informasi lowongan pekerjaan yang bisa ditargetkan berdasarkan universitas, jurusan, tahun kelulusan, dan IPK. Bagi calon pencari kerja, mereka juga bisa membuat akun profil sebagai CV mereka dan melihat berbagai konten yang berhubungan dengan karier untuk membekali diri mereka dalam berburu lowongan pekerjaan.


TopKarir

Top Karir | Screenshot

Mirip dengan target yang dibidik oleh BukaPintu, TopKarir juga memfokuskan platform mereka untuk pencarian lowongan kerja bagi kalangan fresh graduate di Indonesia. Tidak hanya menampilkan informasi seputar lowongan pekerjaan saja, startup ini juga menghadirkan konten informasi seputar pelatihan, sertifikasi hingga beasiswa bagi sarjana muda yang ingin melanjutkan pendidikan mereka setelah bekerja.


Kerjadulu

kerjadulu

KerjaDulu adalah jejaring sosial karier asal Indonesia yang dikembangkan khusus bagi kalangan profesional untuk memperoleh koneksi demi kesempatan karier yang lebih baik.

Mirip dengan konsep yang diusung LinkedIn, KerjaDulu menyediakan halaman profil profesional di mana pengguna bisa saling terhubung dengan pelaku bisnis lainnya yang tergabung dalam platform itu. Aktivitas koneksi ala sosial media yang terjalin dalam platform ini memungkinkan prospek head hunting dari perusahaan pencari karyawan.


YesJob

YesJob Aplikasi | Screenshot

YesJob merupakan aplikasi pencarian lowongan kerja yang menghubungkan perusahaan dan calon karyawan mereka dengan cara yang interaktif. Aplikasi ini memiliki interaksi yang mirip dengan Tinder. Apabila menyukai sebuah lowongan, kamu hanya perlu menggeser layar (swipe) ke arah kanan, seperti ketika kamu menggunakan aplikasi kencan Tinder. Selain mencari pegawai kantoran, YesJob juga menyediakan lowongan pekerja paruh waktu mulai dari pelayan, kasir, hingga sopir.


Helpster

Helpster | Screenshot

Mirip dengan fokus aplikasi mobile first yang diusung YesJob, Helpster menawarkan kemudahan mencari kerja lewat aplikasi mobile yang khusus diciptakan untuk kalangan pencari kerja serabutan. Platform yang dibuat oleh startup asal Thailand ini dapat mencarikan pekerja serabutan pada lokasi dan rentang waktu tertentu. Mereka bisa diminta untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, seperti membawa barang di gudang, mencuci piring di restoran, hingga membantu kegiatan penyelenggaraan acara.


Rob’s Jobs

Robs Jobs | Screenshot

Rob’s Jobs adalah aplikasi perekrutan kerja secara digital dengan konsep yang kurang lebih sama seperti YesJob, namun dengan fokus kepada staf noneksekutif di Indonesia. Layanan pencarian kerja dengan interaksi yang mirip dengan cara penggunaan Tinder ini baru berfokus di wilayah Jakarta saja dan saat ini telah menyediakan puluhan ribu lowongan pekerjaan dari berbagai kategori.


Ekrut

Ekrut | Screenshot

Ekrut merupakan layanan head-hunting marketplace yang bisa menghubungkan para perusahaan pencari karyawan, dengan kandidat pekerja yang berkualitas. Mulai beroperasi sejak bulan September 2016 yang lalu, saat ini Ekrut telah membantu sekitar tiga puluh perusahaan mulai dari TokopediaGO-JEK, hingga Orami dengan menggunakan teknologi yang mereka punya.


Geekhunter

Geekhunter | Screenshot

Mirip dengan model head-hunting marketplace yang diterapkan Ekrut, Geekhunter juga memberikan layanan perekrutan kerja serupa dengan fokus di bidang IT. Fokus utama yang dijalankan oleh GeekHunter sebagai platform sendiri adalah menawarkan kandidat yang tepat kepada perusahaan.

Di sini para pengunjung website yang sedang mencari pekerjaan akan memperoleh panduan untuk mendaftarkan CV mereka dan menjadi anggota GeekHunter. Selanjutnya anggota yang telah terdaftar akan ditawarkan kepada perusahaan yang membutuhkan kandidat dari posisi IT bersangkutan.


Kerjabilitas

Kerjabilitas | Screenshot

Kerjabilitas adalah platform pencarian lowongan kerja yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas meliputi tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, dan lainnya. Startup yang didirikan sejak tahun 2015 ini bertujuan memberi kesempatan penyandang disabilitas Indonesia agar dapat bekerja dan mampu menyokong kebutuhan mereka supaya bisa hidup mandiri. [tia/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements