Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

Kesalahan Umum yang Dilakukan Founder Baru

8 April 2022
in Business
kesalahan yang dilakukan founder baru
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

  • Menghabiskan uang untuk kegiatan yang tak begitu penting
  • Melakukan kampanye email pemasaran dengan sangat agresif
    • Pelajaran dari kesalahan saya sebagai founder baru
  • Mengabaikan pentingnya seorang Chief Marketing Officer
  • Tidak membuat variasi bisnis di waktu yang tepat
  • Hanya berfokus pada pasar lokal
5/5 - (4 votes)

Seringnya, founder baru belajar lebih banyak dari kesalahan yang mereka buat selama mendirikanstartup dibanding dari kesuksesan mereka. Ini kurang lebih sama dengan pengalaman yang saya miliki.

Ketika saya memulai menjadi seorang founder delapan tahun lalu, saya tidak tahu apa-apa tentang cara membuat rencana bisnis, mengurus email pemasaran, atau menumbuhkan usaha. Apalagi hal-hal yang kompleks seperti membuat Term Sheet investasi, SEO, dan iklan PPC saya masih seperti menjadi founder baru.

Berita baiknya, saya mengubah apa yang saya pelajari [dari kesalahan saya] menjadi bisnis-bisnis baru. Kami meluncurkan Webfosys sebagai sebuah layanan penyedia konten. Kemudian kami terus membuat variasi bisnis seperti pengembangan situs, pemasaran digital, pengembangan aplikasi mobile, digital branding dan PR, manajemen media sosial, pembangkitan prospek secara online, dan bahkan konsultasi startup.

Baca Juga:
  • Shopee Bakal PHK Besar-besaran di Sejumlah Negara, Indonesia Termasuk?
  • Founder Startup Sering Melewatkan Ini Saat Pitching
  • 58 Persen Pendiri Startup Sukses Bukan Kuliah Jurusan Teknologi

Jadi, saya memutuskan untuk menulis artikel ini untuk membagikan apa yang saya pelajari dari hampir satu dekade perjalanan kewirausahaan saya. Sebagai founder baru banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering saya lakukan.

Menghabiskan uang untuk kegiatan yang tak begitu penting

founder baru habiskan uang

Ketika pendapatan mulai mengalir, kesalahan paling umum yang dilakukan founder baru startup minim pengalaman adalah menginvestasikan terlalu banyak uang untuk kegiatan kurang penting. Beberapa di antaranya adalah guest blogging atau menulis artikel untuk dimuat di situs orang lain, memberikan hadiah [bagi pengguna], dan public relation (PR).

Meskipun sebagian agen PR melakukan kerja yang bagus dengan bayaran yang standar, banyak agen PR lain yang mematok harga yang sangat tinggi. Seringnya, ROI atau laba atas investasi yang kita dapat tidak sebanding dengan harga yang mereka patok.

Saya bahkan pernah mengeluarkan banyak uang untuk beriklan di TV! Meski tim kami senang melihat perusahaannya masuk di TV nasional, dan klien potensial kami suka berbisnis dengan perusahaan yang masuk TV, saya tidak pernah tahu apakah uang yang kami keluarkan sebanding dengan ROI yang kami dapatkan. Founder baru juga biasanya sangat agresif untuk pemasaran tahap awal ini.

Di sisi lain, berinvestasi di sebagian kegiatan PR dan memberikan hadiah pada pengguna sangat membantu merek kita untuk lebih dikenal. Ini bisa berdampak pada penjualan kita di masa depan. Portal seperti DealsStreet, FreeKaaMaal, dan CouponRaja melakukan ini dengan sangat baik.

Melakukan kampanye email pemasaran dengan sangat agresif

email marketing

Situs penyedia diskon sering mengirimkan email secara agresif untuk meningkatkan traffic. Mereka berharap semakin banyak email yang mereka kirimkan, semakin banyak pula konversi pengguna yang mereka peroleh. Begitulah kesalah saya sebagai founder baru yang pastinya akan menjadi pelajaran berharga.

Tapi pada kenyataannya, mengirimkan lebih dari seratus ribu email dalam sekali waktu biasanya punya dampak negatif pada peluang dibukanya email tersebut. Email yang mereka kirimkan biasanya akan berakhir di folder sampah.

Selain itu, setelah banyak pengguna melaporkan email kita sebagai “spam”, maka ke depannya email yang kita kirimkan akan langsung masuk ke Spam alih-alih masuk tab Social atau Promotions.

email marketing

Pelajaran dari kesalahan saya sebagai founder baru

Kami tidak sengaja mengirimkan 19.000 email dalam sekali waktu. Karena sebagian besar penerimanya adalah pengguna Gmail, email tersebut malah masuk ke Spam. Sejak saat itu, saya belajar untuk tidak mengirimkan lebih dari 10.000 email dalam sekali waktu.

Mengabaikan pentingnya seorang Chief Marketing Officer

Ketiga, founder baru juga sering mengabaikan kebutuhan untuk memiliki seorang CMO. Padahal, CMO adalah peran yang bisa menggerakkan upaya pemasaran dan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi perusahaan.

CEO selalu terbebani dengan banyak tugas, mulai dari mencari investasi, mengelola tim, menangani klien, berkoordinasi dengan tim teknologi, dan membiayai semua kebutuhan.

Dan, biasanya, cukup sulit bagi satu orang untuk fokus menghasilkan bisnis baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, sembari memastikan kelancaran operasional dan pengiriman.

Tidak membuat variasi bisnis di waktu yang tepat

Setiap bisnis perlu berevolusi dalam rentang waktu 15-24 bulan. Kita tidak bisa terus sukses dengan hanya melakukan hal yang sama selama lima tahun ke depan (kecuali bisnis layanan IT atau konsultasi).

Penting bagi CEO dan CMO untuk memetakan rencana berdurasi lima tahun, di mana sebuah bisnis baru bisa ditambahkan setiap tahunnya, setelah mencapai sebuah milestone di bisnisnya sekarang.

Hanya berfokus pada pasar lokal

Pada titik tertentu, akan sulit bagi kita untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan di pasar lokal. Itu adalah waktu yang tepat untuk berekspansi ke pasar internasional.

expansion - founder baru

Namun, founder baru sering tidak mempertimbangkan peluang berekspansi ke pasar internasional. Mereka lebih memilih membatasi pertumbuhan bisnis mereka di wilayah tertentu. Hal ini menyebabkan potensi kerugian senilai ribuan (atau bahkan jutaan) dolar di pendapatan masa depan.

Kita harusnya tidak perlu paranoid terhadap ekspansi internasional jika model bisnis kita berjalan dengan baik di pasar lokal, serta punya potensi pertumbuhan yang cukup untuk beberapa tahun mendatang. Saya pernah melihat Couponzguru melakukan ini dengan sangat baik. Startup ini berekspansi dari India ke pasar Singapura dan Malaysia hanya dalam rentang waktu dua tahun.


Sebagai penutup, saya berharap para founder baru setidaknya bisa belajar sesuatu dari tulisan ini. Cobalah untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan umum tersebut selama perjalanan kewirausahaan kalian.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diterjemahkan oleh Lina Noviandari dan diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: Ryan Melaugh)

Tags: bisnis tahap awalfounderfounder barufounder startupkesalahankesalahan bisnis tahap awalkesalahan founder barukesalahan founder startuppemulastartup
Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

Related Posts

phk shopee

Shopee Bakal PHK Besar-besaran di Sejumlah Negara, Indonesia Termasuk?

16 June 2022
1.4k

Salah satu platform e-commerce populer di Asia Tenggara, Shopee dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di beberapa negara....

pitching startup

Founder Startup Sering Melewatkan Ini Saat Pitching

16 June 2022
1.4k

Founder startup sering menyampaikan pitching dengan sukses bisa dianalogikan seperti menyodorkan lembar cek kosong untuk diisi oleh investor. Saking besarnya...

pendiri startup

58 Persen Pendiri Startup Sukses Bukan Kuliah Jurusan Teknologi

15 June 2022
1.4k

Di artikel sebelumnya kami membahas perguruan tinggi yang mencetak pendiri startup sukses Indonesia. Berkolaborasi dengan Venturra, iPrice Group membandingkan 50+ startup dan 100+ pendiri startup untuk menganalisis latar belakang...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    401 shares
    Share 160 Tweet 100
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    155 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    132 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    190 shares
    Share 76 Tweet 48
  • Panduan Cara Membagi Saham Untuk Bisnis Startup

    132 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    164 shares
    Share 66 Tweet 41
  • Qlapa Gulung Tikar

    124 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Kehidupan

    140 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Teknik Dasar Fundraising untuk Startup yang Wajib Kamu Ketahui

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    121 shares
    Share 48 Tweet 30

About . Contact . Partnership

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.