Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Cari Tau Lebih Banyak Mengenai Whatsapp Business

9 February 2018
in Update

Dengan jumlah pengguna WhatsApp yang kini mencapai 35,8 juta orang di Indonesia, aplikasi perpesanan milik Mark Zuckerberg ini terbilang cukup potensial untuk menjangkau calon pelanggan baru bagi brand. Hampir tidak mungkin ada orang yang memakai smartphone tanpa WhatsApp.  Karenanya, banyak brand yang kini memanfaatkan WhatsApp sebagai jalur layanan konsumen serta berbagai informasi bagi pelanggan mereka.

WhatsApp melihat adanya peluang penggunaan aplikasi mereka untuk memudahkan bisnis agar terhubung dengan calon pelanggan mereka. Karenanya, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business, aplikasi perpesanan khusus yang dapat digunakan oleh bisnis untuk membantu mereka menjangkau lebih banyak konsumen.

Daftar Isi

  • Mengapa harus menggunakan WhatsApp Business?
  • Memaksimalkan potensi bisnis dengan WhatsApp Business
    • Promosi dan demonstrasi produk
    • Sebagai layanan pengguna yang bersifat real-time
    • Membagikan kode promo, program sale, dan giveaway
    • Integrasi dengan produk
    • Mengadakan jajak pendapat untuk pengembangan produk

Mengapa harus menggunakan WhatsApp Business?

WhatsApp Business | Why WhatsApp

Sumber: Pexels

Pertanyaan di atas biasanya muncul setelah membaca penjelasan singkat di atas. Sebagai seseorang yang menjalankan sebuah bisnis, kamu tentu berhak untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi alasan kamu menggunakan WhatsApp sebagai sebuah tool untuk meningkatkan kualitas bisnismu.

Beberapa statistik di bawah ini mungkin dapat menjadi pertimbanganmu.

  • WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif
  • Dan 1 miliar pengguna harian aktif
  • Tujuh puluh persen dari total pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi tersebut setiap hari
  • Setiap harinya, enam puluh miliar pesan teks dikirimkan, seratus juta kali panggilan suara dilakukan, dan 55 juta kali panggilan video dilakukan via WhatsApp.
  • Juga, satu miliar video dikirimkan dan 4,5 miliar foto dikirimkan antar sesama pengguna WhatsApp setiap harinya.
  • Jumlah grup yang ada di WhatsApp berjumlah satu miliar.
  • WhatsApp dibeli oleh Facebook sejumlah US$19 miliar (sekitar Rp256 triliun)
  •  180 negara secara aktif menggunakan WhatsApp, namun dilarang di 12 negara.

Dengan cakupan yang begitu luas serta pengguna yang begitu aktif, bukan tidak mungkin dengan menggunakan WhatsApp, kamu akan mengembangkan sayap bisnismu ke pasar yang lebih luas lagi. Inilah yang membuat WhatsApp Business menjadi tool yang wajib untuk kamu manfaatkan dalam pengembangan bisnis.

WhatsApp Business | Business

Sumber: Pexels

Sama seperti saudara kembarnya, WhatsApp Business juga mendukung percakapan antar pengguna, baik melalui teks maupun multimedia. Tetapi tidak hanya itu, WhatsApp Business juga memiliki beberapa fungsi bisnis yang terintegrasi di dalamnya, seperti:

  • Profil Bisnis, yang berisikan nama badan usaha, alamat, nomor yang bisa dikontak, serta profil melalui situs web yang kamu miliki.
  • Statistik, yang berisikan pesan yang kamu kirim, baca, dan terima.
  • Pesan nonaktif, yang dapat kamu gunakan sebagai template ketika kamu tidak bisa membalas langsung pesan dari konsumen.
  • Pesan sapaan, berisi pesan yang kamu gunakan untuk menyapa konsumen ketika mereka pertama kali terhubung denganmu.
  • Respons cepat, dimana kamu bisa menggunakan pesan-pesan ini untuk menjawab berbagai topik yang sering ditanyakan oleh konsumen. Anggaplah ini seperti jawaban dari FAQ (Frequently Asked Questions).

Agar akun WhatsApp Business tidak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kamu dapat menjalani proses verifikasi agar untuk membuktikan bahwa akun yang kamu kelola adalah asli dan bukan buatan orang lain.

Untuk mendapatkan verifikasi dari WhatsApp Business, kamu harus mengisi seluruh informasi dari bisnis, termasuk alamat dan nomor telepon bisnis yang kamu kelola agar WhatsApp dapat melakukan verifikasi.

Dengan melakukan verifikasi akun, brand yang kamu kelola akan mendapatkan kredibilitas lebih di mata konsumen. Mereka akan melihat brand yang kamu kelola sebagai sebuah entitas bisnis yang diperlakukan secara serius — bukan seperti online shop pada umumnya, yang hanya menggunakan akun pribadi untuk menjawab berbagai pertanyaan konsumen.

Sayangnya, untuk sekarang tanda verifikasi centang hijau hanya tersedia bagi sebagian kecil bisnis yang bekerja sama khusus dengan WhatsApp. Diharapkan ke depannya semua bisnis akan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan centang hijau tanda verifikasi dari WhatsApp.

Memaksimalkan potensi bisnis dengan WhatsApp Business

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, kamu dapat melakukan banyak hal untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh bisnismu, antara lain:

Promosi dan demonstrasi produk

WhatsApp Business | Promotion

Sumber: Pexels

Kemampuan WhatsApp Business untuk memasang status dan berinteraksidengan konsumen memungkinkan brand untuk memberikan berbagai informasi menarik berkisar produk yang kamu tawarkan. Kamu dapat mendemonstrasikan berbagai produk atau layanan terbaru yang kamu miliki lewat fitur Status.

Walaupun konsumen merasa bahwa mereka belum benar-benar membutuhkan produk tersebut, tetapi ketika mereka mengetahui kamu menjual produk yang mereka butuhkan, konsumen akan segera mencarimu ketika mereka membutuhkannya.

Dengan menggunakan fitur Status sebagai wahana promosi, pengguna tidak akan merasa bahwa mereka dibombardir dengan spam atau broadcast message yang terkadang mengganggu. Walau begitu, saya juga tidak menyarankan untuk kamu menggunakan fitur ini secara berlebihan untuk mencegah blokir dari konsumen.

Sebagai layanan pengguna yang bersifat real-time

WhatsApp Business | Customer Service

Sumber: Pexels

Pada perusahaan besar, layanan pengguna secara real-time adalah sebuah bentuk investasi brand yang cukup mahal, karena kamu harus memiliki beberapa orang yang siap untuk standby kapan saja menjawab pertanyaan dari konsumen seputar informasi produk. Kini dengan WhatsApp Business, kamu dapat melakukan hal tersebut dengan mudah serta tanpa biaya sedikitpun.

Selain itu, dengan kemampuan WhatsApp yang dapat mengirimkan berbagai konten seperti gambar, video, dan suara, kamu dapat melakukan layanan pengguna yang lebih personal. Bantuan fitur respons cepat juga akan memudahkan kamu menjawab berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna.

Membagikan kode promo, program sale, dan giveaway

WhatsApp Business | Sale

Sumber: Pexels

Dengan fitur Status pada WhatsApp Business, kamu dapat membagikan kode promosi kepada konsumen yang ada di dalam kontakmu. Kode promo ini dapat mereka gunakan untuk membeli produk yang ada di situs web kamu dengan potongan harga atau penawaran menarik lainnya.

Selain itu, berbekalkan fitur penyematan foto dan lokasi, konsumen yang ada di dalam kontakmu dapat mengetahui jenis promosi apa yang sedang kamu jalankan. Promosi ini bisa saja berupa penjualan kilat (flash sale) dengan harga spesial atau diskon spesial pada hari-hari tertentu seperti hari raya.

Juga, kamu dapat mengadakan giveaway bagi pelanggan setiamu lewat fitur Status. Pancing interaksi mereka terhadap media sosial dari brand yang kamu kelola dengan meminta mereka memberikan like, follow serta mention brandyang kamu kelola di media sosial mereka agar bisnismu dapat semakin dikenal luas di ranah maya.

Integrasi dengan produk

Beberapa brand seperti BookMyShow dan KLM telah mengintegrasikan produk mereka ke dalam WhatsApp Business. BookMyShow memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan status order, konfirmasi tiket, dan lain lain. Ini memungkinkan konsumen untuk mengetahui setiap detail transaksi yang mereka lakukan.

Berikut ini adalah salah satu contoh dari penggunaan WhatsApp Business oleh BookMyShow.

WhatsApp Business | BookMyShow

Sementara KLM memanfaatkan aplikasi perpesanan ini untuk mengingatkan konsumen mereka terhadap jadwal penerbangan, boarding pass, waktu check-in, serta detail penerbangan lainnya. KLM juga memungkinkan konsumen mereka untuk mengganti tempat duduk mereka lewat pesan singkat di WhatsApp Business. Ini sangat memudahkan konsumen dan menghadirkan pengalaman terbang yang terbaik.

Mengadakan jajak pendapat untuk pengembangan produk

WhatsApp Business | Survey

Sumber: Pexels

Demi kesinambungan pengembangan sebuah produk, kamu perlu mendengarkan apa kata konsumen tentang produk yang kamu sajikan. Dengan bantuan WhatsApp Business, kamu dapat mengadakan jajak pendapat untuk meminta pendapat konsumen tentang produk yang relevan terhadap bisnismu.

Riset marketing lewat WhatsApp Business ini adalah salah satu solusi terbaik dan juga tanpa biaya.

 ,

Dengan feedback yang kamu dapatkan dari konsumen, kamu dapat merespons permintaan mereka dan mengembangkan produk atau layanan yang kamu hadirkan. Dengan mengembangkan kuesioner yang kreatif dan menghibur, kamu dapat berinteraksi dengan konsumen dengan cara yang tidak akan mengganggu mereka.

Saran dan kritik dari konsumen juga dapat kamu kompensasi dengan berbagai penawaran menarik atau kupon diskon untuk memancing mereka berinteraksi dengan bisnismu di kemudian hari. Ini akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand dan berguna untuk customer retentiondalam jangka panjang.


WhatsApp adalah sebuah tool komunikasi yang andal. Terlepas dari kemudahan penggunaannya untuk keperluan pribadi, kita dapat memanfaatkan aplikasi perpesanan ini sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas bisnis dengan berbagai cara. Selain murah — bahkan tidak berbayar — kita dapat langsung menggunakannya tanpa perlu terlalu lama mempelajari aplikasi ini.

Apakah saat ini kamu telah menggunakan WhatsApp Business sebagai salah satu tool dalam bisnismu? Apa kamu memiliki tip lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis dengan WhatsApp? Bagikan kepada kami di kolom komentar! [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: whatsappwhatsapp business
1.4k
VIEWS
Previous Post

Inilah Perilaku Konsumen Belanja Online Indonesia Tahun 2018

Next Post

Tips Tetap Termotivasi Saat Belajar Pemrograman

Related Posts

sales automation kommo

Pendapatan Meroket: Capai Closing Lebih Cepat dengan Sales Automation

3 October 2024
1.4k

Dalam berbisnis, seringkali pendapatan tidak dapat tercatat dengan baik. Data yang terkumpul dari berbagai platform –seperti spreadsheet, email, pesan singkat,...

tren undangan pernikahan

Tren Undangan Pernikahan 2024 Hingga 2025

17 September 2024
1.6k

Apa yang akan menjadi tren undangan pernikahan 2024? Dari tahun ke tahun, undangan pernikahan selalu menjadi bagian penting dari sebuah...

Implementasi AI di perusahaan

Perlukah Perusahaan Merambah AI? Waktu yang Tepat Adopsi Teknologi AI

10 September 2024
1.4k

Kecerdasan buatan (AI) semakin mendominasi lanskap bisnis global, di mana banyak perusahaan besar hingga startup berlomba-lomba untuk mengintegrasikan teknologi ini...

Terpopuler

  • 16 jenis saham bennix

    16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    570 shares
    Share 228 Tweet 143
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2387 shares
    Share 954 Tweet 597
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    294 shares
    Share 118 Tweet 74
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    939 shares
    Share 376 Tweet 235
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    154 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    240 shares
    Share 96 Tweet 60
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    325 shares
    Share 130 Tweet 81
  • Ini Dia 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

    356 shares
    Share 142 Tweet 89
  • Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup

    153 shares
    Share 61 Tweet 38
  • Penyebab Zenius Tutup Setelah 20 Tahun Beroperasi

    206 shares
    Share 82 Tweet 52

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News