Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

6 Kiat Sukses Dalam Mengelola Facebook Ads

1 October 2018
in Business

Di balik kekuatan Facebook Ads untuk mendatangkan pemasukan yang gemilang untuk para marketers, terdapat banyak liku-liku dan jalan panjang yang harus di tempuh terlebih dahulu. Iklan yang efektif bukan merupakan buah yang ditanam dalam waktu satu malam. Banyak turtorial facebok yang memberikan jaminan mahir melakukan setting iklan Facebook hanya dalam durasi beberapa jam saja. Namun dalam prakteknya, banyak test and error yang harus dilalui terlebih dahulu. Berikut ini merupakan 6 kiat sukses mengelola Facebook Ads Anda:

Daftar Isi

  • 1. Kesabaran
  • 2. Efisiensi
  • 3. Sigap
  • 4. Fokus
  • 5. Pengetahuan Dasar
  • 6. Ketekunan

1. Kesabaran

Kegundahan terbesar yang sering dialami oleh para marketers adalah berharap langsung melihat hasil dari iklan yang baru mereka launch di Facebook. Pada beberapa kesempatan lain, marketers juga sibuk mengutak atik setting audience maupun campaign detail disaat Facebook baru saja mulai mengumpulkan data yang signifikan untuk laporan performance iklan tersebut. Saat detail setting telah diganti dengan seperangkat kelompok pengaturan yang baru, facebook harus memulai segala bentuk susunan optimisasi ads dari awal. Alhasil, akan susah bagi marketers untuk mengidentifikasi ads set seperti apa yang dapat di nilai sebagai iklan yang efektif.

[postingan number=3 tag=”facebook”]

Umumnya sebuah iklan membutuhkan waktu 5-7 hari untuk melalui proses optimisasi, dan dapat diubah menjadi 3-5 hari jika tidak memiliki budget iklan.

Menentukan audience memang merupakan proses yang panjang dan tidak mudah, namun bebagai percobaan dan audience set yang berbeda akan membantu kita menemukan target market serta audience yang tepat.

2. Efisiensi

Pengulangan audience test adalah suatu faktor pembantu untuk menemukan audience yang tepat dan membawa hasil signifikan pada iklan Facebook Anda. Namun, memusatkan seluruh inti campaign anda pada hal ini bukanlah hal yang tepat. Mengutak-atik pengaturan parameter dan audience membutuhkan waktu yang lama dan rumit apabila user tidak memahami betul pengaturan dalam Facebook ads.

Selain itu, banyak juga waktu yang terbuang untuk menginterpretasi hasil performa campaign. Apalagi ketika Anda ingin mendapatkan hasil yang mutlak dengan membandingkan statistik yang di keluarkan oleh Facebook dan hasil statistik dengan Google Analytics.

[postingan number=3 tag=”founder”]

Melakukan dua poin diatas tidaklah salah, namun jika kebanyakan dari porsi waktu anda digunakan untuk melakukan hal tersebut maka kini saatnya untuk mengganti prioritas anda. Gunakan lebih banyak waktu untuk mempelajari market dan berpusat pada pengambilan strategi yang akan membuahkan hasil bagi Facebook Ads anda.

3. Sigap

Tidak ada jaminan bahwa setiap iklan yang Anda publish akan berjalan dengan tepat dan benar.

Prinsip operasi dari digital ads yang dimiliki facebook adalah dengan memanfaat tracking code (dalam bentuk javascript code) untuk merekam semua data pengunjung an mengirimnya kembali pada server. Akan sangat memungkinkan apabila ada keteledoran dari perekaman data yang dimiliki oleh visitor tersebut.

Kasus yang sering terjadi adalah rusaknya kode javascript yang dipasang atau kode tersebut menangkap parameter yang salah. Oleh karena itu, pastikan anda menghubungi pihak Facebook apabila tidak menemukan kesalahan apapun dalam kode program Anda.

Kasus lainnya yang terjadi adalah perubahan kebijakan iklan dan fitur banner yang sering terlewatkan oleh para marketers pemula. Alhasil, iklan yang siap dipublish kini harus di proses ulang oleh pihak kreatif dan akan merubah periode campaign yang sudah ditentukan.

[postingan number=3 tag=”bisnis”]

Oleh karena itu, dibutuhkan kesigapan untuk menghadapi segala bentuk masalah yang mungkin terjadi dan tetap tenang untuk mengambil jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

4. Fokus

Facebook Ads memiliki banyak matriks dan logaritma yang cukup rumit untuk dipahami oleh para pemula. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami matriks apa yang perlu diperhatikan dan apa yang penting untuk proses optimisasi. Semua membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dipelajari.

Beberapa matriks penting yang sering diperhatikan antara lain click-through rate (CTR), cost per click (CPC), relevance score, dan cost per acquisition (CPA). CPA yang rendah merupakan target dari setiap marketers namun tentunya perlu waktu dan strategi yang tepat untuk dapat sampai kesana.

Bersama dengan laporan dari Google Analytics, Anda juga dapat mengontrol dan mengukur performa iklan anda. Penggabungan data dari Google Analytics juga dapat memperkaya user data anda untuk membantu memastikan target audience anda pada pemasaran iklan selanjutnya. Namun yang penting untuk diingat adalah laporan yang Anda lihat secara individual melalui Facebook maupun Google Analytics tidak dapat menggambarkan secara relevan performa Ads anda. Oleh karena itu, penting untuk menggabungkan hasil laporan dari kedua pengukur tersebut untuk mendapatkan hasil yang tepat.

5. Pengetahuan Dasar

Dalam melakukan optimisasi iklan, akan sangat membantu apabila marketers memiliki gambaran besar mengenai industri tersebut serta rata-rata matriks yang dimiliki oleh industry tersebut. Selain itu, kita juga dapat menghemat budget dalam melakukan eksperimen parameter dan fokus para rata-rara parameter yang dimiliki oleh industri yang bersangkutan.

[postingan number=3 tag=”iklan”]

Luangkan juga waktu untuk saling sharing dengan tim anda untuk membangun pengetahuan yang lebih atau mendapatkan masukan agar optimisasi iklan anda dapat berjalan dengan baik.

Disamping itu, mempelajari alogaritma pemasaran iklan yang dimiliki oleh Facebook juga akan membantu anda dalam penempatan strategi bid. Contohnya, pemasangan bid yang lebih tinggi tidak berarti akan menghabiskan seluruh budget anda karena hal tersebut hanya menentukan penayangan iklan anda di halaman facebook.

6. Ketekunan

Ketekunan adalah salah satu kunci utama dibalik kesuksesan para marketers diluar sana. Sebuah campaign iklan mungkin dapat membutuhkan ratusan hingga ribuan kali percobaan untuk sampai pada hasil yang optimal.

[postingan number=3 tag=”facebook”]

Di mulai dari tahun 2004, Facebook merupakan salah satu alternatif pilihan untuk mengembangkan sayap marketing anda kepada ribuan pelanggan di luar sana. Mempelajari logika logaritma dan berbagai cara untuk mengoptimalkan campaign Anda dapat membantu pengembangan bisnis Anda di platform online.


Ditulis oleh: Edison Chen, Diterjemahkan dan diperbaharui oleh: Sisylia Angkirawan

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: adsbisnisbusinessfacebookfacebook ads
1.5k
VIEWS
Previous Post

Survive Lebih Lama Dengan 10 Tips Bertahan Hidup di PUBG Mobile

Next Post

Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Related Posts

octa brocker

Mendiversifikasi Risiko Kripto Melalui CFD: Perluas Cakrawala Finansial bersama Octa Broker

6 March 2025
1.4k

Pasar mata uang kripto dikenal akan volatilitasnya. Untuk melawan fluktuasi harga, trader perlu menggunakan tools manajemen risiko yang ketat. Opsi...

pengusaha 2025

Tips Sukses Startup: Tools Penting Pengusaha Masa Kini di Tahun 2025

8 January 2025
1.4k

Menjadi wirausahawan di abad ke-21 ini sangat berbeda dengan wirausaha di masa lalu. Jika kita melihat lebih dari satu dekade...

riset pasar untuk startup

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

27 December 2024
1.5k

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2397 shares
    Share 958 Tweet 599
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    946 shares
    Share 378 Tweet 237
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    297 shares
    Share 119 Tweet 74
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    572 shares
    Share 229 Tweet 143
  • Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Kehidupan

    276 shares
    Share 110 Tweet 69
  • Bitcoin Peringkat 6 Dunia: Harga dan Kapitalisasi Pasar Meroket

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Pemegang ADA Serbu Presale 1Fuel di Tengah Pemulihan 5% DOGE: Bursa Baru Home-Run?

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    241 shares
    Share 96 Tweet 60
  • Inilah Ratusan Perintah CMD (Command Prompt) yang Wajib Kamu Coba

    213 shares
    Share 85 Tweet 53
  • Cara Upgrade ChatGPT Plus

    146 shares
    Share 58 Tweet 37

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News